TEKNOLOGI 4G-LTE DAN TANTANGAN KONVERGENSI MEDIA DI INDONESIA

Ilham Gemiharto

Abstract


Tulisan ini membahas tentang kemunculan teknologi 4G-LTE di Indonesia dan tantangan konvergensi media di Indonesia, dimana pada saat ini teknologi 4G-LTE mulai diterapkan di Indonesia, khususnya kawasan Jabodetabek sejak 2013 yang lalu. Kecepatan bandwith koneksi Internet dengan menggunakan teknologi 4G-LTE yang konon mampu mencapai 10 kali lipat kecepatan akses 3G mendorong penerapan konvergensi media di Indonesia. Kemunculan teknologi 4G-LTE membuka kesempatan luas bagi munculnya media-media baru di Indonesia dan memberikan tantangan untuk melakukan konvergensi media yang telah ada. Khalayak cukup memiliki satu perangkat dengan teknologi 4G-LTE untuk mengakses semua bentuk komunikasi nirkabel dan semua bentuk media massa yang ada saat ini. Tipe penelitian menggunakan interpretatif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis isi pada pemberitaan mengenai penerapan teknologi 4G LTE di Indonesia dan konvergensi media dalam kurun waktu satu tahun terakhir (November 2013 – Oktober 2014) pada media online Kompas Tekno. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi dengan paradigma atau pendekatan konstruksionis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis wacana model Krippendorff yang mencoba mengungkapkan nilai-nilai (values) yang berkembang dalam pemikiran pembuat teks untuk memberikan informasi atau wawasan tentang sesuatu hal yang prinsipil yang disampaikan secara tidak langsung.

Keywords


Teknologi 4G-LTE, konvergensi media, kompas tekno, analisis isi

Full Text:

PDF

References


Craig, R. (2005). Online journalism; reporting, writing and editing for new media. USA: Thomson Wadsworth.

Duhe, S. F., Mortimer, M. & Chow, S. S. (2004). Convergence in TV newsrooms: a nationwide look, Convergence vol 10 no. 2.

Eriyanto. (2001). Analisa wacana dengan analisis teks media. Yogyakarta: LKIS.

______. (2002). Analisis framing: konstruksi, ideologi dan politik media. Yogyakarta: LKIS.

Krippendorff, K. (2000). Analisis isi, pengantar toeri dan metodologi. Jakarta: Utan Kayu.

Lister, D., Giddings, G., & Kelly. (2009). New media: a critical introduction. New York: Taylor & Francis e-Library.

Littlejohn, S. W. (1999). Theories of humam communcation. London: Wadswotrth Publishing Company.

Nurudin. (2003). Komunikasi massa. Malang: CESPUR.

Rakhmat, J. (1994). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santana, K, S. (2005). Jurnalisme kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sobur, A. (2002). Analisis teks media: suatu pengantar analisis wacana, analisis semiotika, dan analisis framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uchjana, O. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Vivian, J. (2008). Teori komunikasi massa ed.8. Jakarta: Kencana.

Wiryanto. (2005). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v3i2.7409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Ilham Gemiharto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: