POLA KOMUNIKASI PERTEMUAN OFFLINE KOMUNITAS INSTA NUSANTARA BANDUNG

Intan Kurniawati, Roro Retno Wulan, Indra N. A. Pamungkas

Abstract


Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia perlu bergabung dengan komunitas agar dapat berbaur dengan manusia lainnya yang memiliki kesamaan latar belakang, hobi, minat, dan keahlian. Komunitas Insta Nusantara Bandung bertujuan untuk memperkenalkan dan turut melestarikan keindahan alam dan keanekaragaman budaya Indonesia melalui fotografi. Insta Nusantara Bandung merupakan tempat berkumpulnya manusia-manusia yang memiliki hobi yang sama, yaitu fotografi. Pada komunitas Insta Nusantara Bandung tentu terdapat proses komunikasi di dalamnya. Penelitian ini meneliti pertemuan offline yang diadakan oleh Insta Nusantara Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan yang dipertukarkan, arah aliran informasi, dan pola komunikasi pertemuan offline komunitas Insta Nusantara Bandung. Penelitian ini bersifat kualitatif yang diuraikan secara deskriptif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mendalam, terdapat pertukaran isi pesan yang beragam. Terdapat pesan informatif dan pesan persuasif. Arah aliran informasi berupa komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, komunikasi horizontal, serta komunikasi informal, pribadi, dan selentingan. Pola komunikasi yang terbentuk saat pertemuan offline Insta Nusantara Bandung adalah pola komunikasi bintang atau semua saluran (all channels). Pola komunikasi ini dapat mempererat hubungan interpersonal antar anggota komunitas Insta Nusantara Bandung.

Keywords


Isi Pesan; Arah Aliran Informasi; Pola Komunikasi; Komunitas; Fotografi

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2006). Sosiologi komunikasi: teori, paradigma, dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Komariah, K., Perbawasari, S., Nugraha, A. R., & Budiana, H. R. (2013). Pola Komunikasi Kesehatan dalam pelayanan dan pemberian Informasi mengenai Penyakit TBC pada Puskesmas di Kabupaten Bogor. Jurnal Kajian Komunikasi, 1/2, 173–185.

Kriyantono, R. (2009). Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noor, R. (2015). Wow… pertumbuhan pengguna instagram indonesia tebesar ketiga di dunia. Diakses dari http://www.jpnn.com/news/wow-pertumbuhan-pengguna-instagramindonesia-terbesar-ketiga-di-dunia

Pace, R. W., & Faules, D F. (2006). Komunikasi organisasi: strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruliana, P. (2014). Komunikasi organisasi: teori dan studi kasus. Jakarta: RajaGrafindo.

Rahman, A. (2015). Pengguna instagram tembus 400 juta, Indonesia terbanyak. Diakses dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-3026275/pengguna-instagram-tembus-400-jutaindonesia-terbanyak

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suryanto. (2015). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.8437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Intan Kurniawati, Roro Retno Wulan, Indra N. A. Pamungkas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: