PENGARUH KREDIBILITAS PETUGAS TERHADAP SIKAP KEPATUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PADA PEMERIKSAAN DAHAK

Egie Jatnika Kosasih, Yanti Setianti, Uud Wahyudin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas petugas Tuberkulosis terhadap sikap kepatuhan pasien tuberkulosis pada pemeriksaan dahak di akhir bulan kedua. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan studi analisis jalur di puskesmas wilayah kabupaten bandung barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien puskesmas di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang tidak melakukan pemeriksaan dahak di akhir bulan kedua. Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah probability random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Lokasi penelitian ini adalah Puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabel dan analisis statistic (analisis jalur). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas petugas Tuberkulosis yang diukur dengan keahlian dan kepercayaan berpengaruh terhadap sikap kepatuhan pasien Tuberkulosis pada pemeriksaan dahak di akhir bulan kedua. Keahlian dan kepercayaan pasien kepada petugas tuberkulosis memiliki pengaruh yang cukup besar untuk menjamin pasien melakukan pemeriksaan dahak pada akhir bulan kedua. Sarannya diharapkan petugas dapat mempertahankan dan meningkatkan keahlian serta meningkatkan kepercayaan yang dinilai pasien masih belum maksimal.

Keywords


Kepatuhan pasien; kredibilitas; sikap; sikap kepatuhan pasien; tuberkulosis

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2007). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hovland, C. I., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (1968). Communication and persuasion. Connecticut. USA: New Haven and London Yale University Perss.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011). Pedoman nasional penanggulangan tuberkulosis. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011). Rencana Aksi Nasional Advokasi Komunikasi dan mobilisasi sosial pengendalian tuberkulosis. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Komariah, K., Perbawasari, S., Nugraha, A. R., & Budiana, H. R. (2013). Pola Komunikasi Kesehatan dalam pelayanan dan pemberian Informasi mengenai Penyakit TBC pada Puskesmas di Kabupaten Bogor. Jurnal Kajian Komunikasi, 1/2, 173–185.

Liliweri, A. (1991). Komunikasi antar pribadi. Bandung: Citra Aditya Bhakti.

Liliweri, A. (2009). Dasar-dasar komunikasi kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurtyasrini, S., & Hafiar, H. (2016). Pengalaman Komunikasi Pemulung Tentang Pemeliharaan Kesehatan Diri Dan Lingkungan Di TPA Bantar Gebang. Jurnal Kajian Komunikasi, 4/2(8), 219–228.

Prijana. (2005). Metode sampling terapan. Bandung: Humaniora.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (1989). Metode penelitian survey. Jakarta: LP3S.

Tan, A. S. (1981). Mass communication theories and research. Ohio: Grid Publishing Inc.

Venus, A. (2009). Manajemen kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Wahyunari, I. (2011). Pengaruh kredibilitas telkomsel personal representative terhadap sikap pengunjung dalam menggunakan produk (studi analisis jalur pada booth education center – bandung elektronik center). Bandung: Universitas Padjadjaran




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v5i1.8480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Egie Jatnika Kosasih, Yanti Setianti, Uud Wahyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: