EFEKTIVITAS PERANAN BUDAYA LOKAL DAN PENGUATAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK PADA MATA KULIAH PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Muh. Husen Arifin

Abstrak


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan menginvestigasi efektivitas peranan budaya lokal dan penguatan karakter sebagai media pendidikan resolusi konflik pada mata kuliah pancasila dan kewarganegaraan. Metode penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif, subyek penelitian dari mahasiswa. Hasil penelitian terdapat implementasi dari kepercayaan yang dimiliki mahasiswa disertai pengembangan atas kemampuannya sangat membantu di dalam
menggunakan konsep dari perdamaian, akses, demokrasi dan relasi keberagamannya. Budaya lokal dan penguatan karakter mahasiswa terbentuk dengan pengalaman belajarnya di kelas.


Kata Kunci


budaya lokal, karakter, pendidikan resolusi konflik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Akgun, S., & Araz, A. (2014). The Effects

of Conflict Resolution Education on

Conflict Resolution Skills, Social

Competence, and Aggression in

Turkish Elementary School Students.

Journal of Peace Education, 11(1), 30–

https://doi.org/10.1080/17400201.2013

.777898

Arihan, A., Zuber, A., & Haryono, B.

(2018). Resolusi Konflik Komunal

dengan Pendekatan Budaya Maja

La’bo Dahu Antara Warga Desa Ngali

Dan Renda Kecamatan Belo,

Kabupaten Bima Provinsi Nusa

Tenggara Barat (NTB). Proceeding of

The URECOL, 165–175.

Astri, H. (2011). Penyelesaian Konflik

Sosial Melalui Penguatan Kearifan

Lokal. Jurnal Aspirasi, 2(2), 151–162.

Retrieved from

http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspira

si/article/view/439

Dickie, J. (2015). Trust and Conflict

Resolution: Relationship Building for

Learning. Procedia - Social and

Behavioral Sciences, 197(February),

–2073.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.0

576

Dinillah, M. (2018). Sekelompok

Mahasiswa dan Warga Bentrok di

Kampus UIN Bandung. Retrieved from

https://news.detik.com/ website:

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4003622/sekelompok-mahasiswa-dan-warga-bentrok-di-kampus-uin-bandung

Firza. (2016). Local Wisdom Sebagai

Dasar dalam Pembentukan Karakter.

Prosiding Seminar Nasional Reforming

Pedagogy 2016, 361–365.

Jehamat, L., & Mbadhi, A. C. (2018).

Peran Budaya Tura Jaji dalam

Mencegah Konflik Sosial di Desa

Aewora, Kecamatan Maurole,

Kabupaten Ende. Sosio Informa, 4(3),

–580.

Kimmel, P. R. (2000). Culture and

Conflict. In M. Deutsch & P. T.

Coleman (Eds.), The Handbook of

Conflict Resolution Theory and

Practice (p. 453). Jossey-Bass Inc.

Kurniawan, A. (2013). Peningkatan

Pemahaman dan Kemampuan Resolusi

Konflik dan Kemampuan Resolusi

Konflik dengan Metode Studi Kasus

Pada Mata Kuliah PKN. Journal of

Chemical Information and Modeling,

(9), 104–110.

https://doi.org/10.1017/CBO97811074

004

Kusuma, P. I. (2017). Pengaruh Model

Pembelajaran Resolusi Konflik

Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau

dari Sikap Sosial Siswa Kelas V SD

Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai

Denpasar Utara. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dan Pembelajaran PPs

Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1),

–239.

Mutakin, A. (2019). Resolusi Konflik

Melalui Nilai-nilai Kultur Pesantren.

SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial

Keagamaan, 2(1), 91–118.

https://doi.org/10.20414/sangkep.v2i1.

Ode, S., & Rachmawati, N. A. (2017).

Peran Budaya Lokal Sebagai Media

Resolusi Konflik. Jurnal of

Government, 2(2), 103–119.

Prieto-Remón, T. C., Cobo-Benita, J. R.,

Ortiz-Marcos, I., & Uruburu, A.

(2015). Conflict Resolution to Project

Performance. Procedia - Social and

Behavioral Sciences, 194(October

, 155–164.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.0

129

Sudira, I. N. (2017). Resolusi Konflik

dalam Perubahan Dunia. Global: Jurnal

Politik Internasional, 19(2), 156–171.

https://doi.org/10.7454/global.v19i2.30

Suhartini, S., Sekarningrum, B., Sulaeman,

M. M., & Gunawan, W. (2019). Social

construction of student behavior

through character education based on

local wisdom. Journal of Social

Studies Education Research, 10(3),

–291.

Willis, A. (2017). An education for peace

model that centres on belief systems:

the theory behind the model. Journal of

Peace Education, 14(3), 310–324.

https://doi.org/10.1080/17400201.2017

.1365697




DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i1.27045

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik terindeks di:

 Google Scholar GarudaDimensions 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.