EFEKTIVITAS PERANAN BUDAYA LOKAL DAN PENGUATAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK PADA MATA KULIAH PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menginvestigasi efektivitas peranan budaya lokal dan penguatan karakter sebagai media pendidikan resolusi konflik pada mata kuliah pancasila dan kewarganegaraan. Metode penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif, subyek penelitian dari mahasiswa. Hasil penelitian terdapat implementasi dari kepercayaan yang dimiliki mahasiswa disertai pengembangan atas kemampuannya sangat membantu di dalam
menggunakan konsep dari perdamaian, akses, demokrasi dan relasi keberagamannya. Budaya lokal dan penguatan karakter mahasiswa terbentuk dengan pengalaman belajarnya di kelas.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Akgun, S., & Araz, A. (2014). The Effects
of Conflict Resolution Education on
Conflict Resolution Skills, Social
Competence, and Aggression in
Turkish Elementary School Students.
Journal of Peace Education, 11(1), 30–
https://doi.org/10.1080/17400201.2013
.777898
Arihan, A., Zuber, A., & Haryono, B.
(2018). Resolusi Konflik Komunal
dengan Pendekatan Budaya Maja
La’bo Dahu Antara Warga Desa Ngali
Dan Renda Kecamatan Belo,
Kabupaten Bima Provinsi Nusa
Tenggara Barat (NTB). Proceeding of
The URECOL, 165–175.
Astri, H. (2011). Penyelesaian Konflik
Sosial Melalui Penguatan Kearifan
Lokal. Jurnal Aspirasi, 2(2), 151–162.
Retrieved from
http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspira
si/article/view/439
Dickie, J. (2015). Trust and Conflict
Resolution: Relationship Building for
Learning. Procedia - Social and
Behavioral Sciences, 197(February),
–2073.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.0
576
Dinillah, M. (2018). Sekelompok
Mahasiswa dan Warga Bentrok di
Kampus UIN Bandung. Retrieved from
https://news.detik.com/ website:
https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4003622/sekelompok-mahasiswa-dan-warga-bentrok-di-kampus-uin-bandung
Firza. (2016). Local Wisdom Sebagai
Dasar dalam Pembentukan Karakter.
Prosiding Seminar Nasional Reforming
Pedagogy 2016, 361–365.
Jehamat, L., & Mbadhi, A. C. (2018).
Peran Budaya Tura Jaji dalam
Mencegah Konflik Sosial di Desa
Aewora, Kecamatan Maurole,
Kabupaten Ende. Sosio Informa, 4(3),
–580.
Kimmel, P. R. (2000). Culture and
Conflict. In M. Deutsch & P. T.
Coleman (Eds.), The Handbook of
Conflict Resolution Theory and
Practice (p. 453). Jossey-Bass Inc.
Kurniawan, A. (2013). Peningkatan
Pemahaman dan Kemampuan Resolusi
Konflik dan Kemampuan Resolusi
Konflik dengan Metode Studi Kasus
Pada Mata Kuliah PKN. Journal of
Chemical Information and Modeling,
(9), 104–110.
https://doi.org/10.1017/CBO97811074
004
Kusuma, P. I. (2017). Pengaruh Model
Pembelajaran Resolusi Konflik
Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau
dari Sikap Sosial Siswa Kelas V SD
Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai
Denpasar Utara. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dan Pembelajaran PPs
Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1),
–239.
Mutakin, A. (2019). Resolusi Konflik
Melalui Nilai-nilai Kultur Pesantren.
SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial
Keagamaan, 2(1), 91–118.
https://doi.org/10.20414/sangkep.v2i1.
Ode, S., & Rachmawati, N. A. (2017).
Peran Budaya Lokal Sebagai Media
Resolusi Konflik. Jurnal of
Government, 2(2), 103–119.
Prieto-Remón, T. C., Cobo-Benita, J. R.,
Ortiz-Marcos, I., & Uruburu, A.
(2015). Conflict Resolution to Project
Performance. Procedia - Social and
Behavioral Sciences, 194(October
, 155–164.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.0
129
Sudira, I. N. (2017). Resolusi Konflik
dalam Perubahan Dunia. Global: Jurnal
Politik Internasional, 19(2), 156–171.
https://doi.org/10.7454/global.v19i2.30
Suhartini, S., Sekarningrum, B., Sulaeman,
M. M., & Gunawan, W. (2019). Social
construction of student behavior
through character education based on
local wisdom. Journal of Social
Studies Education Research, 10(3),
–291.
Willis, A. (2017). An education for peace
model that centres on belief systems:
the theory behind the model. Journal of
Peace Education, 14(3), 310–324.
https://doi.org/10.1080/17400201.2017
.1365697
DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i1.27045
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.