EDUKASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PEMASARAN PELAKU USAHA OPAK DI DESA CIBODAS SOLOKAN JERUK

Hery Wibowo, Syahrul Hidayat, Hanifah Arroyana, Adrianti Nur Fitria Sofandi, Adit Djati Permana, Naura Salsabila, Wandi Adiansah

Abstrak


Revolusi Industri 4.0 telah mengubah wajah industry. Perdangangan berbasis daring/internet semakin masif dilakukan oleh para pengusaha baik skala besar maupun kecil. Isu ini, disatu sisi dapat mendorong perkembangan usaha di kota-kota besar. Namun demikian, hal ini juga dapat menjadi ancaman bagi pelaku usaha kecil dan menengah di pedesaan yang belum mendapatkan edukasi terkait pemasaran digital. Aksi pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu para pengusaha Opak di Desa Solokan Jeruk, agar mampu meningkatkan bentuk dan varian jalur pemasarannya. Kegiatan dimulai dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap pelaku usaha, untuk kemudian dirumuskan bentuk dan jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha.


Kata Kunci


kewirausahaan; opak; pemasaran digital; UMKM.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Drath, R., & Horch, A. (2014). Industrie 4.0: Hit or hype? [Industry Forum]. IEEE Industrial Electronics Magazine, 8(2), 56–58. https://doi.org/10.1109/MIE.2014.2312079

Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 4(1), 104–119. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v4i1.1134

Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., & Tarliyah, A. (2020). Pemberdayaan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Desa Cisempur dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Ecommerce. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 262–269. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.24592

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kristiyanti, M., & Rahmasari, L. (2015). Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 186–196. Retrieved from https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/760/719

Nassazi, A. (2013). Effects of training on Employee performance: Evidence from Uganda. Vaasa: VAASAN AMMATTIKORKEAKOULU UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCES International Business.

Neugebauer, R., Hippmann, S., Leis, M., & Landherr, M. (2016). Industrie 4.0 - From the Perspective of Applied Research. Procedia CIRP, 57, 2–7. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.11.002

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Rosaliza, M. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79. https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukoco, I., Fordian, D., & Rusdin. (2019). Pelatihan Dasar dan Workshop Kewirausahaan di Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i3.24076

Sulisworo & Fahmi, Irfan. (2019). Observasi Psikologi. Bandung: PT Rosdakarya.

Suprayekti, & Anggraeni, D. S. (2017). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua. JIV-Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan DIKMAS, 12(2), 129–136. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.5




DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.31972

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik terindeks di:

 Google Scholar GarudaDimensions 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.