EDUKASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PEMASARAN PELAKU USAHA OPAK DI DESA CIBODAS SOLOKAN JERUK
Abstrak
Revolusi Industri 4.0 telah mengubah wajah industry. Perdangangan berbasis daring/internet semakin masif dilakukan oleh para pengusaha baik skala besar maupun kecil. Isu ini, disatu sisi dapat mendorong perkembangan usaha di kota-kota besar. Namun demikian, hal ini juga dapat menjadi ancaman bagi pelaku usaha kecil dan menengah di pedesaan yang belum mendapatkan edukasi terkait pemasaran digital. Aksi pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu para pengusaha Opak di Desa Solokan Jeruk, agar mampu meningkatkan bentuk dan varian jalur pemasarannya. Kegiatan dimulai dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap pelaku usaha, untuk kemudian dirumuskan bentuk dan jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Drath, R., & Horch, A. (2014). Industrie 4.0: Hit or hype? [Industry Forum]. IEEE Industrial Electronics Magazine, 8(2), 56–58. https://doi.org/10.1109/MIE.2014.2312079
Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 4(1), 104–119. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v4i1.1134
Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., & Tarliyah, A. (2020). Pemberdayaan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Desa Cisempur dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Ecommerce. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 262–269. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.24592
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Kristiyanti, M., & Rahmasari, L. (2015). Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 186–196. Retrieved from https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/760/719
Nassazi, A. (2013). Effects of training on Employee performance: Evidence from Uganda. Vaasa: VAASAN AMMATTIKORKEAKOULU UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCES International Business.
Neugebauer, R., Hippmann, S., Leis, M., & Landherr, M. (2016). Industrie 4.0 - From the Perspective of Applied Research. Procedia CIRP, 57, 2–7. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.11.002
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Rosaliza, M. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79. https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukoco, I., Fordian, D., & Rusdin. (2019). Pelatihan Dasar dan Workshop Kewirausahaan di Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1–7. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i3.24076
Sulisworo & Fahmi, Irfan. (2019). Observasi Psikologi. Bandung: PT Rosdakarya.
Suprayekti, & Anggraeni, D. S. (2017). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua. JIV-Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan DIKMAS, 12(2), 129–136. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.5
DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.31972
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.