APLIKASI KONSEP 4 P PADA AKSI PEMASARAN SOSIAL UNTUK MEMBANGUN MINAT MEMBACA ANAK-ANAK BINAAN YAYASAN WAHANA BAKTI PERTIWI

Hery Wibowo, Arie Surya Gutama, Maulana Irfan, Sahadi Humaedi, Wandi Adiansah

Abstrak


Perkembangan ragam teknologi, khususnya teknologi informasi menuntut masyarakat untuk memiliki minat dan kebiasaan literasi. Tuntutan pola pikir yang bertumbuh, menuntut setiap pembelajaran untuk selalu haus akan ilmu. Aktivitas belajar bagi anak, khususnya kegiatan membaca buku merupakan hal yang penting bagi anak dan dapat menjadi jembatan bagi perolehan data dan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan bagi tumbuh kembangnya dan kebutuhan karirnya di masa mendatang. Aksi Penelitian Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan menggunakan strategi Pemasaran Sosial, yaitu mensinergikan dimensi Product (produk sosial), Price (harga yang harus dibayar target penerima), Place (bagaimana pesan menyasar penerima) dan Promotion (segala bentuk dan varian aksi yang menunjang perubahan perilaku yang ditargetkan). Kombinasi 4 P diaplikasikan untuk mencapai tujuan program yaitu meningkatkan minat membaca dan menambah frekuensi perilaku membaca buku pada anak-anak binaan Yayasan Wahana Karya Bakti Pertiwi yang berlokasi di Stasiun Kereta Api Bandung

Kata Kunci


Pemasaran Sosial; Minat Membaca; Anak-anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Artana, I. K. (2015). Perpustakaan, Masyarakat dan Pembudayaan Gemar Membaca. Acarya Pustaka, 1, 16-23.

Dewi, R. S., Fahrurrozi, Hasanah, U., & Wahyudi, A. (2020). Reading Interest and Reading Comprehension: A Correlation Study in Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta. Talent Development & Excellence, 12, 241-250.

Hasanah, S. U. (2002). Pemasaran Sosial Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish CV Budi Utama.

Hasanah, S. U. (2013). Pemasaran Sosial Kesehatan. Sleman: Penerbit Deepublishing CV Budi Utama.

Kasali, R. (2019). Sentra Inspiring School. Bandung: Penerbit Mizan.

Kemmis, S., & Wilkinson, M. (1998). Participatory Action Research and the Study of Practice. In B. Aweth, S. Kemmis, & P. Weeks, Action Research in Practice. London & New York: Routledge.

Kotler, P., Roberto, N., & Lee, N. (2002). Social Marketing: Improving the Quality of life (Second Edition). London-New Dehli: Sage Publication.

Lefebvre, R. C. (2013). Social Marketing and Social Change: Strategies and Tools for Health, Well-Being and the Environment. Jossey-Boss: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Pudjiastuti, W. (2016). Social Marketing: Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rahma, N. M., Pratiwi, R. N., & V.A, L. N. (2015). Strategi Peningkatan MInat Baca Anak (Studi pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3, 763-769.

Savitri, A. (2019). Bonus Demografi 2030L Menjawab Tantanga serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Bisnis 4.0. Semarang-Jawa Tengah: Penerbit Genesis.

Sutarti, T. (2017, March). Efforts to increase Students Reading Interest on Educational Reference through classical Guidance and Counseling Experiental LEarning Model. Journal of Education, Teaching and Learning, 2, 118-123.

Wibowo, H., Irfan , M., Harding, D., Hafiar, H., Kadiyono, A. L., Nugraha, Y., . . . Ma'mun, T. N. (2021). Etos Hijau Generasi Pembaru. Bandung: Penerbit ITB Press.

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2014). Action Research. Jakarta: Penerbit Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v4i1.38195

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik terindeks di:

 Google Scholar GarudaDimensions 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.