MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA FENOMENA CANCEL CULTURE DAN PEMBENTUKKAN KETERAMPILAN RESOLUSI KONFLIK DALAM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (MEDIA SOSIAL SEBAGAI ARENA KONFLIK)
Abstrak
Penelitian ini menginvestigasi hubungan antara fenomena Cancel Culture dan pembentukan keterampilan resolusi konflik pada pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di era digital. Fokusnya adalah memahami fenomena Cancel Culture di media sosial pada lingkup pendidikan serta upaya integrasi konsep ini dalam kurikulum IPS untuk membentuk keterampilan resolusi konflik secara konstruktif. Metode studi literatur dilakukan menggunakan kata kunci terkait di platform riset seperti Scimago Journal & Country Rank (SJR) dan Science and Technology Index (SINTA). Data terpilih disaring dari 15 September 2023 hingga 10 November 2023 dari jurnal-jurnal terkait pendidikan, ilmu sosial, dan komunikasi. Temuan menunjukkan bahwa adanya hubungan antra fenomena Cancel Culture, pembatasan ekspresi dan penilaian berbeda dalam lingkungan daring, serta potensi penyebab dampak emosional seperti kecemasan dan penurunan harga diri peserta didik. Integrasi konsep Cancel Culture dalam kurikulum IPS dapat memberikan landasan bagi peserta didik untuk memahami, menganalisis, dan menangani konflik di media sosial dengan cara yang lebih bijaksana. Rekomendasi studi ini menyoroti perlunya pendekatan holistik dalam pendidikan IPS yang responsif terhadap dinamika media sosial yang melibatkan peran guru, orang tua, dan pendekatan interdisipliner untuk membentuk keterampilan resolusi konflik. Kurikulum juga perlu mengadaptasi model peran serta dan diskusi terbuka tentang etika online guna menghadapi Cancel Culture dengan kecerdasan dan empati yang lebih besar. Hal ini akan membekali peserta didik untuk berdialog sehat, memahami keberagaman pendapat, dan menangani konflik dengan cara yang lebih konstruktif dalam era media sosial yang kompleks.
This research investigates the relationship between the Cancel Culture phenomenon and the formation of conflict resolution skills in Social Sciences (IPS) education in the digital era. The focus is on understanding the phenomenon of Cancel Culture on social media in the educational sphere as well as efforts to integrate this concept in the Social Sciences curriculum to build constructive conflict resolution skills. The literature study method was carried out using related keywords on research platforms such as Scimago Journal & Country Rank (SJR) and Science and Technology Index (SINTA). Selected data was filtered from September 15, 2023 to November 10, 2023 from journals related to education, social sciences, and communication. The findings show that there is a relationship between the Cancel Culture phenomenon, restrictions on expression and different judgments in the online environment, as well as potential causes of emotional impacts such as anxiety and reduced self-esteem in students. The integration of the concept of Cancel Culture in the Social Sciences curriculum can provide a foundation for students to understand, analyze and handle conflicts on social media in a wiser way. The recommendations of this study highlight the need for a holistic approach in social studies education that is responsive to the dynamics of social media involving the roles of teachers, parents, and an interdisciplinary approach to forming conflict resolution skills. The curriculum also needs to adapt models of participation and open discussions about online ethics to face Cancel Culture with greater intelligence and empathy. This will equip students to have healthy dialogue, understand diversity of opinion, and handle conflict in a more constructive way in the complex era of social media.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alviani, Sisi Renia, Dan Chazizah Gus. 2018. “Analisis Media Sosial Sebagai Pembentuk Konflik Sosial Di Masyarakat.” Hal. 221–41 In Social And Political Challenges In Industrial 4.0.
Anditia, D. R. 2017. “Keterampilan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Abad 21.” Proceedings International Seminar 30–31.
Ardi, Rakhman. 2016. Anonimitas Dan Pemenuhan Kebutuhan Psikososial Melalui Pengungkapan Diri Di Media Sosial. Jakarta: Himpunan Psikologi Indonesia.
Bagus, Philipp, Frank Daumann, Dan Florian Follert. 2022. “Cancel Culture, Safe Spaces, And Academic Freedom: A Private Property Rights Perspective.” Ssrn Electronic Journal 1–26. Doi: 10.2139/Ssrn.4153396.
Coleman, Franciska. 2023. “The Anatomy Of Cancel Culture.” Journal Of Free Speech Law.
Endik Hidayat, Daniel Susilo, Aufa Izzuddin Baihaqi, Dan Rosyidatuzzahro Anisyukurlillah. 2023. “Application Of The Spiral Of Silence Theory In Rural Mojokerto Indonesia: Opininion Contestation In Duck Village And Social Isolation In Leprosy Villagge.” Jurnal Multidisiplin Madani 3(6):1351–62. Doi: 10.55927/Mudima.V3i6.3451.
Febriansyah, Febriansyah, Dan Nani Nurani Muksin. 2020. “Fenomena Media Sosial: Antara Hoaks, Destruksi Demokrasi, Dan Ancaman Disintegrasi Bangsa.” Sebatik 24(2):193–200. Doi: 10.46984/Sebatik.V24i2.1091.
Halim, Nurhasanah, Dan Retno Dwigustini. 2023. “Edukasi Tindakan Pencegahan Cyber-Bullying Dan Pengenalan Istilah Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan Oleh Pelaku.” Amma : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(7):736–43.
Hidayah, Yayuk, Nufikha Ulfah, Dan Meiwatizal Trihastuti. 2023. “Memperkuat Integrasi Nasional Di Era Digital : Penguatan Resolusi Konflik Di Era Digital Sebagai Perwujudan Warga Negara Yang Baik.” Antroposen : Journal Of Social Studies And Humaniora 2(2):105–15. Doi: 10.33830/Antroposen.V2i2.5483.
Juniman, Puput Tripeni. 2023. “Analisis Kritis Fenomena Cancel Culture Dan Ancaman Terhadap Kebebasan Berekspresi Critical Analysis Of Cancel Culture Phenomena And Threats To Freedom Of Expression.” Al-Adabiya Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 18(1):1–14. Doi: 10.37680/Adabiya.V18i1.2451.
Kawakami, M. T. 2023. “On Academic Citizenship, Diversity & Inclusivity, Cancel Culture, Academic Freedom, And Interdisciplinary Education: Potential Lessons From Dutch Academia?” Toyo Hougaku (2):1–45.
Kurniawan, Trio, Rambang Ngawan, Yudas Alno, Dan Agus Herianto. 2022. “Cancel Culture And Academic Freedom: A Perspective From Democratic-Deliberative Education Philosophy.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 6(1):1. Doi: 10.21776/Ub.Waskita.2022.006.01.1.
Lestari, Hesti, Masduki Asbari, Deftia Eka Pratiwi, Dan Erfani Fankhiyatun Munawaroh. 2023. “Generasi Muda Kok Takut Bersuara ?” Jisma: Journal Of Information System And Management 02(05):96–100.
Louis, Saint. 2021. “Understanding Cancel Culture: Normative And Unequal Sanctioning.” First Monday 26(7).
Mardeson, Epsilody, Dan Hermiza Mardesci. 2022. “Fenomena Boikot Massal (Cancel Culture) Di Media Sosial The Phenomenon Of Cancel Culture On Social Media.” Jurnal Riset Indragiri 1(3):174–81.
Marhayani, Dina Anika, Dan Wasis Suprapto. 2018. “Model Resolusi Konflik Dalam Mengatasi Intoleransi Pada Pembelajaran Ips Di Sma Kota Singkawang.” Pipsi : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 21–32.
Marinovic, Ivan, Davide Cianciaruso, Dan Ilan Guttman. 2022. “Cancel Culture And Social Learning.” Ssrn Electronic Journal. Doi: 10.2139/Ssrn.4011359.
Muliadi, Agus, Saiful Prayogi, Baiq Mirawati, Irham Azmi, Dan Ni Nyoman Sri Putu Verawati. 2019. “Efek Strategi Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan Ipa Ikip Mataram 7(1):60. Doi: 10.33394/J-Ps.V0i0.1442.
Nadya, Fikka. 2020. “Kemampuan Resolusi Konflik Interpersonal Dan Urgensinya Pada Siswa.” Sosietas Jurnal Pendidika Sosiologi 10(1):775–90.
Norris, Pippa. 2020. “Closed Minds? Is A ‘Cancel Culture’ Stifling Academic Freedom And Intellectual Debate In Political Science?” Ssrn Electronic Journal. Doi: 10.2139/Ssrn.3671026.
Putriana, Muria, Wina Puspitasari, Asep Sugiarto, Dan Yuni A. Muharam. 2023. “Penerapan Komunikasi Interpersonal Pada Media Sosial.” Harmoni : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial 1(4).
Razaqa, Maghrifa Kafka, Fadlian Rafa Prawira, Dan Gunawan Santoso. 2022. “Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Pengaruh Media Sosial Terhadap Orientasi Politik Pemilih Pemula Siswa Pada Pemilu Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ).” Jupetra: Jurnal Pendidiakn Transformatif 01(02):132–41.
Roemaissha, Dindya Vikri, Alfian Wahidi, Dan Ahmad Ansori. 2023. “Strategi Manajemen Konflik Dalam Pengembangan Soft Skill Dan Hard Skill Siswa Kelas 4 Di Sdi Full Day Baitul Izzi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Manapi) 2(1):9. Doi: 10.31958/Manapi.V2i1.7830.
Rofidah, Lailatur. 2021. “Analisis Komunikasi Konflik Netizen Dalam Pemaknaan Feminisme Pada ‘Thread Bekal Buat Suami.’” Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi 5(2):133–49. Doi: 10.30596/Interaksi.V5i2.5899.
Sadaba, Teresa, Dan Mónica Herrero. 2022. “Cancel Culture In The Academia: The Hispanic Perspective.” Methaodos Revista De Ciencias Sociales 10(2):312–21. Doi: 10.17502/Mrcs.V10i2.594.
Santosa, Bend. 2017. “Peran Media Massa Dalam Mencegah Konflik.” Jurnal Aspikom 3(2):199–214.
Sherly Siby, Preysi, Dan Lilies Sri Rachmawati Joesoef. 2022. “Interpersonal Skill Dan Penyelesaian Konflik Individu Pada Usia Dewasa Awal.” Inner: Journal Of Psychological Research 1(4):235–44.
Strossen, Nadine. 2020. “Resisting Cancel Culture.” American Council Of Trustees And Alumni (Acta) 1(1):1–16.
Teixeira Da Silva, Jaime A. 2021. “How To Shape Academic Freedom In The Digital Age? Are The Retractions Of Opinionated Papers A Prelude To ‘Cancel Culture’ In Academia?” Current Research In Behavioral Sciences 2(March):100035. Doi: 10.1016/J.Crbeha.2021.100035.
Triyanti, Nopi, Agus Taufiq, Dan Ilfiandra. 2023. “Profil Kemampuan Resolusi Konflik Siswa Smk Di Kabupaten Pangandaran Nopi.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 16(1):1–3.
Veil, Shari R., Dan Damion Waymer. 2021. “Crisis Narrative And The Paradox Of Erasure: Making Room For Dialectic Tension In A Cancel Culture.” Public Relations Review 47(3):102046. Doi: 10.1016/J.Pubrev.2021.102046.
Viernes, Glaiza, Rasabelle Ulnagan, Denielle Erika Delos Reyes, Kristine Joyce Lazatin, Rey Anne Alipio, Julie Ann Mendoza, Alva Mia Balisi, Gina Rose Ignacio, Rosalinda Fernandez, Dan Christian Paul Pascua. 2022. “Uncovering The Connection Of Cancel Culture And The Internet Glaiza.” International Journal Of Arts, Sciences And Education 3(1):86–97.
Zis, Sirajul Fuad, Nursyirwan Effendi, Dan Elva Ronaning Roem. 2021. “Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era Digital.” Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial 5(1):69–87. Doi: 10.22219/Satwika.V5i1.15550.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v5i2.51349
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.