MEMBANGUN KARAKTER UNTUK MENGATASI KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER

Tahrizi Fathul Aliim, Rudi Saprudin Darwis

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai proses penerapan implementasi pendidikan karakter di lingkungan dengan fokus pada dampaknya terhadap kenakalan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut terkait topik ini. Pertama, ditemukan bahwa kenakalan remaja dapat disebabkan oleh lingkungan tempat remaja tersebut tumbuh. Faktor-faktor dalam lingkungan seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat dapat memengaruhi perilaku remaja. Oleh karena itu, implementasi pendidikan karakter di lingkungan menjadi krusial untuk membentuk nilai-nilai positif dan moral yang dapat menanggulangi kenakalan remaja. Kedua, teori ekologi perkembangan Bronfenbrenner  memberikan gambaran yang komprehensif terhadap seluruh sistem dan interaksi yang ada dalam kehidupan remaja. Penelitian ini menyoroti pentingnya memahami konteks ekologis remaja dalam merancang program pendidikan karakter yang efektif. Pendekatan ini memungkinkan penerapan pendidikan karakter yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik lingkungan tempat remaja berada. Ketiga, temuan utama penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter dapat diterapkan dalam sistem-sistem ekologi perkembangan, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalam setiap aspek kehidupan remaja, diharapkan dapat meningkatkan kualitas moral dan perilaku mereka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan dasar pemikiran bagi pengembangan strategi dan program pendidikan karakter yang lebih efektif dalam mengatasi masalah kenakalan remaja.

 

This research aims to delve deeper into the process of implementing character education in the environment with a focus on its impact on adolescent delinquency. The method used in this study is a literature review with a descriptive qualitative approach. The findings of the research reveal several insights that can contribute to a better understanding of this topic. First, it is found that adolescent delinquency can be caused by the environment in which adolescents grow. Factors in the environment such as family, school, and society can influence adolescent behavior. Therefore, the implementation of character education in the environment is crucial in shaping positive values and morals that can address adolescent delinquency. Second, Bronfenbrenner's ecological development theory provides a comprehensive overview of the entire system and interactions in the lives of adolescents. This research highlights the importance of understanding the ecological context of adolescents in designing effective character education programs. This approach allows the implementation of character education that aligns with the needs and characteristics of the adolescent's environment. Third, the main finding of this research is that character education can be applied in developmental ecological systems, such as family, school, and society. By incorporating character values into every aspect of adolescent life, it is expected to enhance their moral quality and behavior. Thus, this research provides a conceptual basis for the development of more effective strategies and character education programs in addressing adolescent delinquency issues.


Kata Kunci


Pendidikan Karakter, Teori Ekologi Perkembangan Bronfenbrenner, Moral dan Perilaku, Kenakalan Remaja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung Jaya Suryawan, I. G. (2016). CEGAH KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 64. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.62

Alamanda, M., Nugraha, A. C., Suryahudaya, E. G., & Kenawas, Y. (2019). Kesiapan pemuda urban Indonesia dan dukungan pemerintah terhadap bonus demografi Indonesia. Jurnal Perkotaan, 11(2), 151–161.

Aprilla, N. (2023). Penyuluhan tentang Kenakalan Remaja. Jurnal Medika 2(1)

Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 461.

Elliott, S., & Davis, J. M. (2020). Challenging Taken-for-Granted Ideas in Early Childhood Education: A Critique of Bronfenbrenner’s Ecological Systems Theory in the Age of Post-humanism. In A. Cutter-Mackenzie-Knowles, K. Malone, & E. Barratt Hacking (Eds.), Research Handbook on Childhoodnature (pp. 1119–1154). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-67286-1_60

Fitriyah, T. (2018). Potret kenakalan remaja dan relevansinya dengan pendidikan indonesia. Journal of Islamic Education Policy, 2(2). http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/693

IMPLEMENTASI TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERKUALITAS | LENTERA. (2015). Retrieved October 9, 2023, from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/439

Inanna, I. (2018). PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERMORAL. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Khojin, N., Utami, S. N., & Syaifulloh, M. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidiikan terhadap Produktivitas Kerja Pembutik Bawang di Sub Terminal Agribisnis Larangan. Syntax Idea Vol, 2. http://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/274

Kurniawan, S., & Karakter, P. (2013). Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kussepti, M., & Ediyono, S. (2023). FENOMENA KENAKALAN DI KALANGAN REMAJA DAN PERSPEKTIF ILMU FILSAFAT The Phenomena of Determination Among Youth and The Perspective Of Philosophy.

Mahendra, M. L. (2023). Teori Etologi dan Ekologi Perkembangan Perspektif Psikologi Islam. 2(2).

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak (studi kasus pada anak usia 3-4 tahun di KBI al madina sampangan tahun ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115-122.

Rahmawati, N. (2017). KENAKALAN REMAJA DAN KEDISIPLINAN: Perspektif Psikologi dan Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(2), 267. https://doi.org/10.21580/sa.v11i2.1458

Perdana, N. S. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA. EDUTECH, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/e.v1i1.9860

Rahmawati, N. (2017). KENAKALAN REMAJA DAN KEDISIPLINAN: Perspektif Psikologi dan Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(2), 267. https://doi.org/10.21580/sa.v11i2.1458

Salsabila, U. H. (2018). TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Manar, 7(1). https://doi.org/10.36668/jal.v7i1.72

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA RE MAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Salsabila, U. H. (2018). TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Manar, 7(1). https://doi.org/10.36668/jal.v7i1.72

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). KENAKALAN REMAJA DAN PENANGANANNYA. Jurnal Penelitian, 4(2).

Sutarti, D. T. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK USIA REMAJA.

Ummah, Z. N., Nursetiawati, S., & Putri, V. U. G. (2016). PENGARUH PERAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TINGKAT KENAKALAN REMAJA DI LAPAS ANAK WANITA KELAS II B TANGERANG. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/JKKP.031.06

Wahidin, U. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER BAGI REMAJA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). https://doi.org/10.30868/ei.v2i03.29

Yuliawan, D., & Taryatman, T. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KAJIAN TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8405




DOI: https://doi.org/10.24198/jkrk.v6i1.53285

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik terindeks di:

 Google Scholar GarudaDimensions 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.