SOSIALISASI ZAKAT UNTUK MENCIPTAKAN KESADARAN BERZAKAT UMAT ISLAM

Uud Wahyudin

Abstrak


Abstrak

Tujuan sebuah komunikasi adalah terciptanya pemahaman bersama antara dua atau lebih partisipan komunikasi terhadap suatu pesan (dalam hal ini adalah zakat) melalui saluran komunikasi tertentu. Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam menyampaikan pesan zakat kepada umat Islam. Komunikasi melalui sosialisasi zakat adalah hal yang sangat penting bagi umat Islam apalagi jika dikaitkan dengan jenis barang yang dizakatkan, siapa mustahiknya, dan hikmah ibadah zakat bagi umat Islam. Seluruh usaha sosialisasi zakat diarahkan pada pencapaian untuk membangkitkan keinginan umat Islam untuk mengeluarkan zakat, menciptakan kesadaran umat Islam terhadap kewajiban membayar zakat, dan mendorong sikap positif umat Islam terhadap zakat.  Di sinilah peranan pemerintah (Departemen Agama) untuk melakukan sosialisasi agar setiap individu umat Islam menyadari kewajibannya membayar zakat.


Kata Kunci


Zakat, sosialisasi, hikmah zakat, kewajiban zakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Hakin, dan Ningsih. 1999. Sosialisasi. Judul Buku dan Makalah tidak terlacak.

Rogers, Everett M dan Shoemaker, Floyd. 1971. Communication of Innovation: A Cross-Cultural Approach. The Free Press. New York.

_____________________________________. 1987. Memasyarakatkan Ide-ide Baru. (disarikan oleh Abdillah Hanafi). Usaha Nasional. Surabaya.

Suryana, Toto. Dkk




DOI: https://doi.org/10.24198/masy%20filantropi.v1i1.19201

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.