Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Keperawatan Program Transfer

Muhammad Mulyadi, Efri Widianti, Imas Rafiyah

Abstract


Kecerdasan Spiritual merupakan suatu kemampuan dalam menjawab makna nilai sehingga mahasiswa memahami tujuan hidup dan menjadi dasar dalam berfikir, berperilaku,pengambilan keputusan dalam mengatasi suatu permasalahan. Mahasiswa program transfer menjalani proses belajar dengan dengan stresor akademik yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat kecerdasan spiritual mahasiswa program transfer angkatan 2016 Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Penilitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa program transfer yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Spiritual Intelligence of Self Report Inventory-24 (SISRI-24). Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil dalam penelitian menunjukkan sebagian besar kecerdasan spiritual mahasiswa adalah tinggi (baik) 53.3% dan rendah (buruk) 46.7%. Berdasarkan dimensi kecerdasan spiritual mahasiswa, persentase paling tinggi pada dimensi critical existensial thingking (CET) dengan mean 20.0 dan paling rendah pada conscious state expansion (CSE) dengan mean 12.33. Kecerdasan spiritual mahasiswa perlu untuk dipertahankan atau ditingkatkan terutama pada dimensi conscious state expansion (CSE).


Keywords


Fakultas Keperawatan, Kecerdasan Spiritual, Mahasiswa Program Transfer.

Full Text:

PDF

References


Akbarizadeh, F., Jahanpour, F., & Hajivandi, A. (2013). The relationship of general health, hardiness and spiritual intelligence relationship in Iranian nurses. Iranian journal of psychiatry, 8(4), 165.

Asih, N. P., Rafiah I, Dian (2017). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Program Transfer Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. (Belum dipublikasi)

Beauvais, A. M., Stewart, J. G., DeNisco, S., & Beauvais, J. E. (2014). Factors related to academic success among nursing students: a descriptive correlational research study. Nurse Education Today, 34(6), 918-923.

Brown, I. T., Chen, T., Gehlert, N. C., & Piedmont, R. L. (2013). Age and gender effects on the Assessment of Spirituality and Religious Sentiments (ASPIRES) scale: A cross-sectional analysis. Psychology of Religion and Spirituality, 5(2), 90.

Dayfiventy, Y., & Nurhidayah, R. E. (2012). Stressor Dan Koping Mahasiswa Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ferawati & Amiyakun, S. Pengaruh Pemberian Terapi Musik terhadap Penurunan Kecemasan dan Tingkat Stress Mahasiswa Semester VII Ilmu Keperawatan dalam Menghadapi Skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada Bojonegoro. Jumakia. 2015 (diakses pada 19 Februari 2016); 1(1): 1-9.

Fithriani, W. A. (2013). Aspek-Aspek Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidkan Islam: Studi Tematis Tentang Surat Luqman ayat 12–19 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Fisher, J. (2016). Selecting the best version of SHALOM to assess spiritual well-being. Religions, 7(5), 45.

Fowler, J. W. (1995). Teori perkembangan kepercayaan. Alih bahasa: Agus Cremers. Editor: A. Supratiknya. Yogyakarta: Kanisius.

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415.

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Kencana.

Kadkhoda, Mohammad., Jahani, Hoorie. 2012. Problem Solving Capacities of Spiritual Intellegence fot Artificial Intellegence. Procedia Social and Behavioral Sciences 32. Published by Elseviers Ltd.

Karimi-Moonaghi, H., Gazerani, A., Vaghee, S., Gholami, H., Salehmoghaddam, A. R., & Gharibnavaz, R. (2015). Relation between spiritual intelligence and clinical competency of nurses in Iran. Iranian journal of nursing and midwifery research, 20(6), 665.

Keperawatan. http://www.unpad.ac.id/fakultas/keperawatan/prodiilmu-keperawatan/. Diakses 7 Oktober 2017.

King, David B, DeCicco (2008) The Spiritual Intelligence Self-Report Inventory (SISRI-24). http://www.davidbking.net/spiritualintelligence/sisri-24.pdf . (Diakses pada tanggal 7 Oktober 2017).

Kurniasih, I. (2010). Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad Saw. Yogyakarta: Pustaka Marwa

Kurniawati, Henie. (2015). Studi Meta Analisis Spiritual Well Being dan Quality of Life. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto: Psychology Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8.

Khosravi, M., & Nikmanesh, Z. (2014). Relationship of spiritual intelligence with resilience and perceived stress. Iranian journal of psychiatry and behavioral sciences, 8(4), 52.

Lahey, B. B., & Waldman, I. D. (2003). A developmental propensity model of the origins of conduct problems during childhood and adolescence. Causes of conduct disorder and juvenile delinquency, 76-117.

Lakeh, M. A., Moonaghi, H. K., Makarem, A., Esmaieli, H. A., & Ebrahimi, M. (2013). Medical faculty members’ spiritual intelligence/quotient (SQ): A descriptive cross sectional study in Iran. Res Dev, 2(2), 10-4.

Lesmana, D. (2014). Kecerdasan Spiritual dengan Kecemasan Menghadapi masa Pensiun. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 168-183.

Liling, E. R., Nurcahyo, F. A., & Tanojo, K. L. (2013). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Prokrastinasi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), (diakses pada 7 Oktober 2017);10(2): 59-72.

Mahasiswa Pindahan. http://ummgl.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/PROSEDUR-MAHASISWA-PINDAHAN-Pindah-Prodi-Konversi_2.pdf . (Diakses 7 Oktober 2017).

Nasir , A & Abdul, M. 2011. Dasar-dasar Keperawatan Jiwa : Pengantar dan Teori. Jakarta : Salemba Medika.

Nazam, Fauzia. 2014. Gender Difference on Spiritual Intellegence Among Adolescents. Indian Journal of Applied Research, Volume 4, Issue 11.

Notoatmojo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Nurholipah, P., & Trirahardjo, S. (2017). Gambaran Spiritual Well Being Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Lembaga Dakwah Kampus Dan Lembaga Dakwah Fakultas Di Universitas Padjadjaran. (Belum dipublikasi)

Nursalam. 2008. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Oner Altiok, H., & Ustun, B. (2013). The Stress Sources of Nursing Students. Educational Sciences: Theory and Practice, 13(2), 760-766.

Patasik, C. K., Tangka, J., & Rottie, J. (2013). Efektivitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam Dan Guided Imagery Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesare Di Irina D BLU RSUP Prof. Dr. RD Kandao Manado. Jurnal Keperawatan, 1(1).

Pourfarokh. Study of The Relationship Between Spiritual Intelligence and Self Esteem With Ways of Stress Coping Styles in University Students. International Conference on Social Sciences and Humanities. 2014 (diakses pada 7 Oktober 2017):1008-1017.

Priyati, S. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mekanisme Koping Mahasiswa S1 Keperawatan FIK UNISSULA Angkatan 2012 (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula).

Santrock John, W. (2002). Life Span Development. Terjemahan Achmad Chusairi Jakarta: Erlangga.

Sari, F. S. (2017). Mekanisme Koping Pada Primipara saat diputuskan SC darurat. Jurnal Ipteks Terapan, 11(1), 9-19.

Saeedi, N. R., Yekta, M., & Masoudi, S. (2014). The relation between spiritual intelligence and religion orientation in students. Advances in Environmental Biology, 816-821.

Setyaningsih, R. D., Susanti, I. H., Negara, I. S. M., & Subagyo, S. (2013). Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dengan Mekanisme Koping Pada Remaja Di Sman 2 Purwokerto. Viva Medika, (diakses pada 7 Oktober 2017); 6(2): 1-11.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sudarya, I. W., Bagia, I. W., Si, M., & Suwendra, I. W. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Pada Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Jurusan Manajemen UNDIKSHA Angkatan 2009. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1).

Tampubolon, S. M. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Humaniora, 4(2), 1203-1211.

Tarmizi, R., Dewantoro, G. S., & SUWANDI, S. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Auditor Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Wilayah Lampung (Study Kasus di Kantor BPK Wilayah Lampung). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(1).

Undang-Undang Keperawatan No. 38 tahun 2014 pasal 1. https://www.kemenkopmk.go.id/sites/default/files/produkhukum/UU%20Nomor%2038%20Tahun%202014.pdf. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2017

Undang-Undang RI tahun 2012 pasal 13. http://risbang.ristekdikti.go.id/regulasi/uu-12-2012.pdf diakses pada tanggal 7 Oktober 2017

Utami, Endah Woro., Dewanto, Aryo. 2013. Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kinerja Perawat dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi di RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi). Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 11. Nomor 1.

Wahab, Abd. & Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011

Walsh, F. (2015). Strengthening family resilience. Guilford Publications.

Wulandari, L. H. (2011). Gambaran Stres Di Bidang Akademik Pada Pelajar Sindrom Hurried Child Di Sekolah Chandra Kusuma. Medan: Universitas Sumatera Utara

Zohar & Marshal. SQ: Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan; 2007.




DOI: https://doi.org/10.24198/jnc.v3i2.21375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JNC is indexed on:

 

Redaksi Journal of Nursing Care:


Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085314295890

Tlp. 022-7795596
Email: jnc.fkep@unpad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

hit
counter