TINJAUAN TERHADAP METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) DALAM PENGIRIMAN PAKET PADA EKSPEDISI SICEPAT EKSPRES MENGGUNAKAN METODE USER JOURNEY MAPPING

Muhamad Zidane Fajar, Ratih Purbasari, Muhamad Ray Rizaldy

Abstrak


Perkembangan teknologi saat ini telah menunjukan kemajuan yang luar biasa, hal ini terlihat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dengan adanya e-commerce. Dalam e-commerce terdapat beberapa fitur yang dapat memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan masyarakat kali ini, salah satu fitur yang ada pada e-commerce yaitu metode pembayaran. Metode pembayaran yang ada pada e-commerce salah satunya yaitu metode Cash On Delivery (COD) atau pembayaran langsung ditempat. Dengan adanya metode tersebut maka pengguna e-commerce ini akan diberikan kemudahan dalam proses transaksi. Selain itu, metode COD ini banyak dipilih oleh pengguna e-commerce. Dibalik dari itu, bahwa metode COD ini terdapat masalah pada salah satu perusahaan ekspedisi yaitu SiCepat Ekspres. Permasalahan yang terjadi pada SiCepat Ekspres ini yaitu kasus penyalahgunaan uang COD yang dilakukan oleh kurir. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kurir sehingga tidak menyetorkan uang COD dalam pengiriman paket pada ekspedisi SiCepat Ekspres, dan mengetahui bagaimana cara meningkatkan solusi kualitas COD dalam menggunakan metode User Journey Mapping. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan observasi lapangan, wawancara bersama informan.

 


Kata Kunci


E-Commerce, Ekspedisi, COD, User Journey Mapping, SiCepat Ekspres, Kurir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Eko. (2022). Manajemen Kurir dalam Perspektif Proses Bisnis, Pekalongan: Penerbit NEM IKAPI

Aldrin & Sitti. (2020). E-Commerce: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital, Medan: Yayasan Kita Menulis

Calabretta Integrating (2016). Design into Fuzzy Front End of the Innovation Process. New Jersey: John Wiley & Sons

Donald Walters. (2003). Logistics an Introduction to Supply Chain. Management, New York: Palgrave Macmillan

Edward Frazelle. (2011) World-Class Warehousing and Material Handling, New York: McGraw Hill

Endmann. (2016). User Journey Mapping – A Method in User Experience Design, New Delhi

Gaertner. (2001). Smith, E-commerce in a Web-based Environment: Auditing Relative Advantages in The Australian Health Sector, Managerial Auditing Journal, Australia

Gibbons. (2017). UX Mapping Methods Compared: A Cheat Sheet. California: Nielsen NormanGroup,California

Halaweh. (2018). Cash on Delivery (COD) as an Alternative Payment Method for E-Commerce Transactions: Analysis and Implications, Dubai: Al Falah University

Khadafi (2016). Implementasi Algoritma PSO Untuk Probabilitas Urutan Pengiriman Paket Pengantaran Kurir, Surabaya: Institut Teknologi Adhitama

Lukas Dwiantara. (2005). Manajemen logistik ; Pedoman praktis bagi sekretaris dan staf administrasi,Jakarta

Medium. (2022). How to Run an Empathy & User Journey Mapping

SiCepat Ekspres (2020) SiCepat Ekspres Mendapatkan Best COD Customer Express




DOI: https://doi.org/10.24198/jomblo.v1i1.45793

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##