PROSES PENYUSUNAN RENCANA PENGADAAN BARANG DAN JASA MENGGUNAKAN APLIKASI SMILE DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk.
Abstrak
Kasus korupsi pada sektor pengadaan barang dan jasa banyak terjadi meskipun telah menerapkan e-procurement. PT. Telekomunikasi Indonesia merupakan sebuah perusahan milik negara (BUMN) yang memiliki kinerja yang baik. dalam mencegah tindakan kecurangan dalam sektor pengadaan barang dan jasa Telkom menggunakan aplikasi SMILE sebagai alat untuk melakukan proses pengadaan. penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan SMILE pada pelaksanaan pengadaan, sehingga dapat memberikan gambaran dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa. Metode kajian penelitian ini merupakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara pada pengguna SMILE di Telkom yaitu pada unit Logistic & Procurement. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan SMILE cukup efektif dalam proses pengadaan barang dan jasa, tetapi perlu mengembangkan sistem agar lebih transparan bagi semua masyarakat. Efektivitas penggunaan SMILE di dukung oleh penerimaan pengguna, keandalan teknologi, pengawasan sistem, komitmen manajemen dan pegawai serta dukungan para petinggi. Output dalam penelitian ini merupakan analisis SWOT yang bertujuan untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afolabi, I. A. (2019). Critical success factors (CSFs) for e-procurement adoption in the Nigeria construction industry.
Basrie, H. (2015). Analisis pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-procurement) pada pemerintah kota bengkulu. Tesis Pascasarjana Universitas.
Direktur Keuangan, No.PR.301.08/r.03/HK240/COP-A00110000/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan, yang mendasari proses-pengadaan barang-di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Febriawati, H. (2013). Manajemen Logistik Farmasi dan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
GÜREL&TAT. (2017). SWOT analysis: a theoritical review. The Journal Of International Social Research., 401–405.
Luh putu resti m, L. h. (2016). Peran e-procureent terhadap pencegahan fraud pada pengadaan barang/jasa pemerintah di daerah lombok.
Mose, J. M., Njihia, J. M., & Magutu, P. O. (2013). The Critical Success Factors and Challenges in E-Procurement Adoption Among Large Sale Manufacturing Firms in Nairobi, Kenya. European Scientific Journal, 375-401.
Nugroho, A. (2015). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT Business Training and Empowering management Surabaya.
Nurchana, A. R., Haryono, B. S., & Adiono, R. (2014). Efektivitas e-procurement dalam pengadaan barang/jasa (Studi terhadap Penerapan E-Procurement dalam Pengadaan Barang/Jasa di Kabupaten Bojonegoro). Jurusan Administrasi Publik.
Peraturan Direktur Keuangan No.PR.301.08/r.03/HK240/COP-A00110000/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Pasal 11 Ayat (1)
Peraturan Menteri BUMN No PER - 08/MBU/ 12/2019 Tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Peraturan Mentri (2019). Pasal 10 ayat (5)
Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
PERPRES. (2018). Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah No.16. LN.2018/NO.33, LL setkab : 90 hlm.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (2020). Peraturan Executive Vice President Telkom Regional III Peraturan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk tentang petunjuk pelaksanaan pengelolaan pengadaan Capex di Divisi Regional III. Bandung.
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (2021). Laporan Tahunan 2021. Bandung.
PT Telekomunikasi Indonesia. (2022). Smile Solution. Retrieved from Smile
(Supply Management for Logistic Enhacement): https://smile.telkom.co.id/
Rotchanakitumnuai, S. (2013). Assessment of e-procurement auction with a balanced scorecard. International Journal of Physical Distribution & Logistic Management Vol. 43 No. 1, 39-53.
Siahaya, W. (2016). Manajemen Pengadaan Procurement Management ABG Academic Business Government. Bogor: In Media.
Sucahyo & Giri. (2009). Implementasi e-procurement sebagai inovasi pelayanan publik.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Tanesia, R. K. (2016). Studi efektivitas pengadaan barang dan jasa pemerintah secara tradisional dan elektronik. Jurnal Teknik Sipil.
Tuslaela. (2017). Kajian penerapan e-procurement dengan metode kualitatif deskrpsi komparatif: studi kasus PT. pembangunan jaya ancol, Tbk.
DOI: https://doi.org/10.24198/jomblo.v1i1.45795
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##