STRATEGI SOSIAL MEDIA MARKETING UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PT POS INDONESIA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosial media marketing pada PT Pos Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini ialah Staff Divisi Marketing manajemen dan kurir logistik PT Pos Indonesia dan Konsumen PT Pos Indonesia. Pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis terhadap informan yaitu dengan wawancara dan menyebar kuesioner. Penulis menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis data yag dilakukan dengan cara analisis deskriptif, analisis EFAS dan analisis IFAS sehingga membentuk strategi yang nantinya akan direkomendasikan kepada perusahaan PT Pos Indonesia. Dapat disimpulkan strategi sosial media marketing pada PT Pos Indonesia bisa dikatakan sudah cukup baik dalam pelaksanaannya. Strategi yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia adalah memanfaatkan semua fitur yang ada pada instagram, sudah mencapai tujuan dalam penyebaran pesan yaitu melakukan rebranding terhadap konsumen. Dengan dilakukannya strategi tersebut PT Pos Indonesia dapat lebih memperkuat kekuatan yang ada dan bisa menghadapi ancaman dari kompetitor. Berdasarkan analisis EFAS dan analisis IFAS dapat diketahui bahwa posisi PT Pos Indonesia ini berada pada kuadran II berarti Terdapat ancaman terhadap perusahaan pada posisi ini, tetapi masih terdapat kekuatan didalamnya sampai ancaman berikut bisa ditangani oleh kekuatan yang dimiliki PT Pos Indonesia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adi Ahdiat (2022, Maret 23). Katadata. Dipetik Oktober 22, 2022 dari Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022
Atmoko,BambangDwi.(2012).InstagramHandbook.Jakarta:MediaKita
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia
Danang Sunyoto; . (2014). Dasar-dasar manajemen pemasaran, konsep, strategi, dan kasus / . Yogyakarta : Caps
Dimas Bayu (2022, Juni 10) Data Indonesia.Id. Dipetik Oktober 22, 2022, Dari APJII : Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta Pada 2022.
Graciela, C. F., & Damayanti, R. (2022). Studi Metafora Makna dan Ekspresi pada Media Sosial Generasi Z ke dalam Ruang Arsitektur. Advances in Civil Engineering and Sustainable Architecture, 4(1), 37-55.
Kismono, Gugup. 2011. PengantarBisnis. Yogyakarta: BPFE
Kotler dan Amstrong. 2017. Dasar- Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. PT Indeks.Jakarta
Kusuma, B. A., & Putri, B. P. S. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 33-37.
Maoyan. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social
Media Marketing. International Journal of Business and Social
Mileva, L., & Dh, Ahmad Fauzi. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199.
Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:PT Remaja Rosdakaraya
Nugraha, A. S., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 2(3), 195-212.
Quesenberry, Keith A. 2018. Social Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations in the Consumer Revolution. United States: Rowman & Littlefield Publishers.
Ramdani, H. C., Rahayu, S., & Fahmi, R. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing terhadap Minat dan Daya Beli Pelanggan. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 22(1), 48-55.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Science, 5(10), 92-97.
Silaen, S. 2018. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis.Bogor: In Media.
Solis, Brian. 2011. ENGAGE! The Complete Guide For Brand and Business to Build, Cultivate, and Measure Succsess in the New Web Revised and Updated. New Jersey: John Wiley & Sons,Inc.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
Zulfikar, A. R., & Mikhriani, M. (2017). Pengaruh social media marketing terhadap brand trust pada followers instagram dompet dhuafa cabang yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279-294.
DOI: https://doi.org/10.24198/jomblo.v1i1.45798
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##