Analisis Kepuasan Internal Customer Pada Pendistribusian Gudang PT Eigerindo Multi Produk Industri

Arvin Pratama Widodo, Isak Valentino Ayowembun, Rani Sukmadewi

Abstrak


Penulisan jurnal ini bermaksud untuk memahami sebuah keterkaitan antara pendistribusian dengan pelanggan internal. melihat keluhan yang disampaikan oleh retail kepada gudang PT Eigerindo MPI. Memahami Service level agreement serta Key Performance Indicator untuk melihat kualitas pelayanan kepada pelanggan internal. Metode yang dilakukan yaitu deskriptif kuantitatif yang dimana mendeskripsikan dari hasil pengolahan data rekapitulasi Kepuasan pelanggan, data tersebut adalah sebuah hasil dari kuesioner yang diberikan dari gudang kepada toko retail. Hasil menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk pengiriman di perusahaan yaitu yaitu pengiriman internal dan eksternal. Baik pengiriman internal maupun eksternal masih mendapatkan keluhan dan saran dari toko-toko retail. Keluhan yang paling banyak didapatkan adalah tentang keterlambatan pengiriman dan kondisi dus yang kurang baik. Sementara perbandingan keluhan yang diterima dengan keseluruhan pengiriman dari setiap vendor menunjukkan bahwa pendistribusian barang berjalan dengan cukup bagus dan mendapat respon positif dari pihak toko retail. Untuk pengiriman eksternal penilai total yang didapatkan untuk semua vendor pengiriman adalah 4.8/5 sedangkan untuk pengiriman internal, dilihat dari data SLA hanya ada 6 keluhan dari 606 total pengiriman.


Kata Kunci


Pelanggan Internal; Pendistribusian; Indikator Kunci Kinerja; Level Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Greenberg, J. (2010). Managing Behavior in Organizations. Pearson : Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Services Marketing: People, Technology, Strategy. In Book in Journal of Services Marketing (Seventh). Prentice Hall Pearson. https://www.researchgate.net/publication/263523474

Muhammad, A. (2013). Hukum Pengangkutan Niaga. Citra Aditya Bakti.

Pawar, D. v. (2014). Internal and External Customers. RET Academy for International Journals of Multidisciplinary Research (RAIJMR), 3(5), 10–12.

Rodriguez, A. S., Campdesuñer, R. P., Vidal, G. G., & Vivar, R. M. (2017). Tools for measuring and improving external customer satisfaction in stores of Santo Domingo, Ecuador. International Journal of Engineering Business Management, 9. https://doi.org/10.1177/1847979017723172

Rusydi. (2017). Customer Excellence. Gosyen Publishing.

Wahjono, S. I. (2010). Perilaku Organisasi. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24198/jomblo.v1i1.45799

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##