EKSISTENSI BISNIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19: PERSPEKTIF KOGNITIF SOSIAL

Meilanny Budiarti Santoso, Moch Zainuddin, Dessy Hasanah Siti Asiah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan menggambarkan eksistensi bisnis online di masa pandemi yang dilihat dari perspektif kognitif sosial serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan didukung oleh sumber data sekunder yang bersumber dari referensi hasil riset serupa, referensi berupa studi literatur dan pemberitaan online yang terkait dengan topik penelitian ini. Pengumpulan data dilaksanakan rentang waktu bulan Juni-Agustus 2020, dengan teknik survei menggunakan intrumen kuesioner yang disebar melalui media sosial dan forward chat. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 147 masyarakat yang berdomisili di Provinsi Jawa Barat. Hasil temuan menunjukka bahwa 55,2% masyarakat memiliki minat berbisnis online di masa pandemi. Hal ini dipengaruhi oleh dua faktor yang faktor sosial dan faktor kognitif. Faktor sosial meliputi faktor aktivitas dan kebiasaan masyarakat selama pandemi dan faktor cakupan yang meluas melalui inovasi fitur kewirausahaan online di berbagai media platform kewirausahaan. Sedangkan faktor kognitif meliputi faktor resiliensi masyarakat di masa pandemi dan faktor efikasi diri dalam pengembangan usaha pada aspek individu.


Kata Kunci


COVID-19, Pandemic, Online Business, Social Cognitive

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhani, Laksmira. K., Darmastiti, Rini., & Trapsilawati, Fitri. (2020). Pengaruh Waktu Sebelum dan Selama Pandemi COVID-19 Terhadap Perilaku Konsumen Belanja Online. Yogyakarta: Prosiding Industrial Engineering Conference (IEC).

Advertorial Nasional Sindonews. (2020). Bisnis Online di Masa Pandemi Peluangnya Semakin Terbuka. Diakses melalui https://nasional.sindonews.com/read/200702/94/ bisnis-online-di-masa-pandemi-peluangnya-makin-terbuka-1603080635 pada tanggal 4 Januari 2021 jam 02:52 WIB.

Aryanto, Agus. (2020). Di Tengah COVID-19, Pemasaran Online dan Digital Branding Jadi Pilihan. Diakses melalui https://www.wartaekonomi.co.id/read280988/di-tengah-COVID-19-pemasaran-online-dan-digital-branding-jadi-pilihan pada tanggal 7 Februari 2021 jam 07:12 WIB.

Ayuningtyas, Eka & Taufik. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta, 22(1), 21-30.

Azanella, Luthfia Ayu. (2020). Melihat Perbandingan antara Pandemi COVID-19 dan Pandemi Flu Babi. Diakses melalui https://www.kompas.com/tren/read/2020/ 03/22/160000965/melihat-perbandingan-antara-pandemi-COVID-19-dan-pandemi-flu-babi?page=2. pada tanggal 2 Janurari 2021 jam 12:14 WIB.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Cusack, J. & Malmstrom, E. (2010). Afghanistan’s Willing Entrepreneurs and Supporting Private Sector Growth in The Afghan Economy. Washington, DC: Center for a New American Security.

Cusack, J. & Malmstrom, E. (2011). Bacterial Gold: Challenges and Hope For Private-Sector Development in Afghanistan. Washington, DC: Kauffman Foundation Research Series.

Diandri, Rayhan. (2020). Ridwan Kamil Sebut 3 Kunci Jabar Berhasil Tekan COVID-19. Diakses melalui https://news.detik.com/berita/d-5001590/ridwan-kamil-sebut-3-kunci-jabar-berhasil-tekan-COVID-19 pada tanggal 4 November 2020 jam 15:02 WIB.

Dzulfaroh, Ahmad Naufal. (2020). Selain COVID-19, Ini 5 Penyakit yang Pernah Jadi Pandemi dan Berhasil Diatasi. Diakses melalui https://www.Kompa .com/tren/read /2020/03/12/135754465/selain-COVID-19-ini-5-penyakit-yang-pernah-jadi-pandemi-dan-berhasil?page=all pada tanggal 2 Januari 2021 jam 12:18 WIB.

Julita. S, Lidya. (2020). Sri Mulyani Bicara Dampak PSBB: Luar Biasa Serius. Diakses melalui https://www.cnbcindonesia.com/news/20200911180024-4-186241/sri-mulya ni-bicara-dampak-psbb-luar-biasa-serius pada tanggal 4 Januari 2021 jam 00:41 WIB.

Maffioli, Elisa. M. (2020). How is the World Responding to the 2019 Coronavirus Disease Compared with the 2014 West African Ebola Epidemic: The Importance of China as a Player in the Global Economy. Journals of Department of Health management and Policy, School of Public Health, University of Michigan, 102(5), 924-925.

McGee, J.E., Peterson, M., Mueller, S.L., & Sequeira, J.M. (2009). Entrepreneurial Self-Efficacy: Refining The Measure. Entrepreneurship Theory and Practice Journal, 33(4), 965–988.

Purnama S, Syska., Aryansyah E, Januar., & Sari, Kurnia. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory an Application, 9(1), 17-22.

Puspa Sari, Haryanti. (2020). Update Kasus COVID-19 per 3 November 2020: Bertambah 102, Pasien COVID-19 Meninggal Capai 14.146. Diakses melalui https:// nasional.kompas.com/read /2020 /11/03/ 16171861/update-3-november-tambah-102-pasien-COVID-19-meninggal-capai-14146 pada tanggal 3 November 2020 jam 11:25 WIB.

Ramdhani, Deni. (2020). Strategi Jabar Tangani Pandemi COVID-19 hingga Raih Penghargaan. Diakses melalui https://regional.kompas.com/read/2020/06/27 /07341861/strategi-jabar-tangani-pandemi-COVID-19-hingga-raih-penghargaan. Pada tanggal 4 November 2020 jam 20:31 WIB.

Tsana, Inas. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Transaksi Belanja Online Via Platform Marketplace (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Program Studi Ilmu Ekonomi. Malang: Universitas Brawidjaya.

Wasahua, Saskia., Pattiselano, August E., & Puttileihalat, Paulus M. (2018). Resiliensi Nafkah Rumah Tangga Masyarakat Pesisir di Negeri Tawiri Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan Universitas Pattimura, 6(3), 299-314.

WHO. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID 19) situation reports. Diakses melalui https : // www . who . int / docs / default –source / coronaviruse / situation reports / 20200427 – sitrep – 98 – covid – 19 .pdf ? sfvrsn=90323472_4.. pada tanggal 1 November 2020 jam 11:09 WIB.

WHO. (2020). Guidelines of Coronavirus disease 2019 (COVID 19) situation. WHO: Jenewa.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33380

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: