COPING MECHANISM MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENYELSAIKAN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI : STUDI KASUS DI PAGUYUBAN KELUARGA MAHASISWA BANDUNG UNIVERSITAS PADJADJARAN
Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tingkat akhir yang tergabung dalam Paguyuban Keluarga Mahasiswa Bandung Universitas Padjadjaran (Gamaban Unpad). Peneliti melakukan penelitian tentang bagaimana informan melakukan coping mechanism ketika menghadapi stresornya, khususnya dalam menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19. Perubahan dan adaptasi kebiasaan baru yang terjadi di masa pandemi menyebabkan mahasiswa kesulitan untuk melakukan penyesuaian, termasuk dalam penelitian skripsi mereka. Oleh karena itu, perlu adanya coping mechanism untuk mengatasi stresor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan aspek coping mechanism yang digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir yang diwawancarai dan bagaimana peran Gamaban Unpad dalam coping mechanism mahasiswa sebagai sumber dukungan sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang paling umum dalam coping mechanism yang digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir anggota Gamaban Unpad adalah mencari dukungan sosial dan menerima tanggung jawab. Kesimpulannya, untuk mengatasi stresornya, mahasiswa membutuhkan dukungan sosial dari lingkungannya melalui kegiatan pertemanan, keluarga, dan organisasi serta menerima tanggung jawab akademiknya dengan tetap mengerjakan skripsi penelitiannya sehingga dapat menjalankan keberfungsian sosialnya dengan baik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W.N., Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pekerjaan Sosial ISSN: 2620-3367 Vol. 2 No: 1 Hal: 47 - 60 Juli 2019 Pasca Sarjana Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD
Aprilia, T., Hendro, B., & Ferdinand, B. (2014).PERBEDAAN TINGKAT STRESMAHASISWA REGULER DENGAN MAHASISWA EKSTENSI DALAM PROSES BELAJAR DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNSRAT MANADO. In JURNAL KEPERAWATAN (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/5227
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.11293
Charismiadji, I. (2020, April 1). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif. https://news.detik.com/kolom/d-4960969/mengelola-pembelajaran-daring- yang-efektif
CNA. (2020). Wuhan virus outbreak: 15 medical workers infected, 1 in critical condition - CNA.
Coronavirus Update (Live): 111,289,506 Cases and 2,464,855 Deaths from COVID-19 Virus Pandemic - Worldometer. (n.d.). Retrieved February 20, 2021, from https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries
Davidson, J. (2002). Manajemen Waktu : Menguasai Keahlian Yang Anda Perlukan Dalam 10 Menit. Raja Grafindo persada.
Fehr, A. R., & Perlman, S. (2015). Coronaviruses: An Overview of Their Replication and Pathogenesis. Coronaviruses: Methods and Protocols, 1–23. https://doi.org/10.1007/978-1-4939-2438-7
Fitria Rochimah. (2020). Dampak Kuliah Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Ditinjau Dari Aspek Psikologi. PsyArXiv Preprints, 7. https://psyarxiv.com/s5m9r/
Folkman, S. (2013). Stress: Appraisal and Coping. In Encyclopedia of Behavioral Medicine (pp. 1913–1915). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978- 1-4419-1005-9_215
Goff, A. M. (2011). Stressors, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 8(1). https://doi.org/10.2202/1548-923X.2114
GTPP COVID-19. (2020). Peta Sebaran | Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.
Hartaji, R. D. A. (n.d.). MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA YANG BERKULIAH DENGAN JURUSAN PILIHAN ORANG TUA – PDF Download Gratis. Retrieved March 12, 2021, from http://docplayer.info/34427591-Motivasi-berprestasi-pada-mahasiswa-yang- berkuliah-dengan-jurusan-pilihan-orang-tua.html
Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & Grebb, J. A. (n.d.). Sinopsis Psikiatri : Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri klinis. Jilid 1 (I Made Wiguna S (Ed.)). Binarupa Aksara. Retrieved March 12, 2021, from //elibrary.poltekkes- kdi.ac.id/index.php?p=show_detail&id=440
Kemenkes RI. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCov). In Direkorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Korsman, S., Zyl, G. Van, Preiser, G. Van, Nutt, L., & Andersson, M. (2012). Virology. Churchill Livingston Elsevier.
Lennon, C. (2021). Exploration of Public Health Students’ Remote Course Learning Experience and Mental Wellbeing during the COVID-19 Pandemic. Department of Human Development and Family Science, College of Health and Human Performance. East Carolina University
Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 37. https://doi.org/10.1590/1982-0275202037e200067
Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa Volume 1 Nomor 2 Agustus 2017. Hal 101-107 p-ISSN: 2549-1857; e-ISSN: 2549-4279
Nasir, A., & Munith, A. (2011). Dasar-dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar & Teori. Salemba Medika. https://penerbitsalemba.com/buku/08-0157- dasardasar-keperawatan-jiwa-pengantar--teori
Peiris, J. S. M., Guan, Y., & Yuen, K. Y. (2004). Severe acute respiratory syndrome. Nature Medicine, 10(12S), S88–S97. https://doi.org/10.1038/nm1143
Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2020). Panduan Praktik Klinis: Pneumonia COVID-19. In Journal of the American Pharmacists Association (Vol. 55, Issue 5). https://doi.org/10.1331/JAPhA.2015.14093
Ph, L., Fatkhul Mubin, M., & Basthomi, Y. (2020). “TUGAS PEMBELAJARAN” PENYEBAB STRES MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. In Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa (Vol. 3, Issue 2). https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/590
Rachmawati, I.N. (2007) Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif : Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 11, No.1, Maret 2007; hal 35-40
Rahail, M.M., Wahyudi I,danWidiantoro, W. Fx. (2020). “Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok Dengan Dukungan Sosial Bagi Mahasiswa Perantau Yang Aktif Di Organisasi Orang Muda Katolik, Gereja X Yogyakarta.” Jurnal Psikologi 16 (1): 36–50.
Redityani, N.L.P.A dan Susilawati, L.K.P.A. (2021). Peran Resiliensi dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana 2021, Vol.8, No.1, 86-94 Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana e-ISSN: 26544024; p-ISSN: 2354 5607 doi: 10.24843/JPU.2021.v08.i01.p09
Relman, E. (2020). Deadly China Wuhan virus spreading human to human, officials confirm - Business Insider.
Rotas, E. & Cahapay, M. (2021). “From Stress to Success: Exploring How Filipino Students Cope with Remote Learning amid COVID-19 Pandemic.” Journal of Pedagogical Sociology and Psychology 3 (1): 27–35. https://doi.org/10.33902/jpsp.2021366608. Diakses 2 Juli 2021
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (C. Johnson (Ed.); 7th ed.).
Sawitri, A. R., dan Widiasavitri, P.N. (2021). “Strategi Coping Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Tengah Pandemi COVID-19.” Jurnal Psikologi Udayana 8 (1): 78–85. https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p08. Diakses 2 Juli 2021
Simbolon, I. (2015). GEJALA STRES AKADEMIS MAHASISWA KEPERAWATAN AKIBAT SISTEM BELAJAR BLOK DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN X BANDUNG SYMPTOMS OF ACADEMIC STRESS AMONG NURSING STUDENTS AS A RESULT OF BLOCK LEARNING SYSTEM IN X FACULTY OF NURSING SCIENCE BANDUNG
Sinaga, D. A. (2020). Penyakit Jantung dan COVID-19.
Syahril, Janna, Sitti Riadil. 2021. “The Academic Stress of Final-Year Students in COVID-19 Pandemic Era.” Jurnal Pendidikan 13 (1): 80–89. http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah. Diakses 2 Juli 2021
Tanya Jawab | Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (n.d.). Retrieved June 24, 2020, from https://covid19.go.id/tanya- jawab?search=Apa yang dimaksud dengan pandemi?
Taylor, S. E. (2018). HEALTH PSYCHOLOGY.
Wang, Xiaomei, Sudeep Hegde, Changwon Son, Bruce Keller, Alec Smith, and Farzan Sasangohar. 2020. “Investigating Mental Health of US College Students during the COVID-19 Pandemic: Cross-Sectional Survey Study.” Journal of Medical Internet Research 22 (9). https://doi.org/10.2196/22817. Diakses 2 Juli 2021
Wang, Z., Qiang, W., & Ke, H. 2020. A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention. Hubei Science and Technology Press, 1–108.
WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. (n.d.). Retrieved February 20, 2021, from https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s- opening-remarks-at-the-media-briefing-on-COVID-19 11-march-2020
WHO. (2020a). WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard | WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard.
WHO. (2020b). WHO Director-General’s remarks at the media briefing on 2019- nCoV on 11 February 2020.
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (COVID-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(February), 187–192. https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12
DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.35437
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: