FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PERUSAHAAN

Zagita Zilvana Zetta, Santoso Tri Raharjo, Risna Resnawaty

Abstrak


CSR adalah sebuah investasi bagi pertumbuhan, perkembangan, dan keberlanjutan sebuah perusahaan dan tidak bisa hanya dilihat sebagai saran biaya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di perusahaan di Indonesia baik dari faktor pendukung maupun faktor penghambatnya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam melakukan penelitian ini adalah dengan studi dokumen. Dalam penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Hal yang menjadi faktor penghambat efektivitas dalam implementasi penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah peraturan pelaksanaan kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) yang masih belum terbentuk dengan jelas sehingga belum ada sinkronisasi yang baik antara pemerintah dan dunia usaha.


Kata Kunci


Corporate Social Responsibility (CSR), Faktor pendukung, Faktor penghambat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Azheri, B. (2012). Corporate Social Responsibility dari Voluntari Menjadi Mandatory. Jakarta: Rajawali Pers.

Epriliana, Lena. 2017. Implementasi Corporate Social Responsibility terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Multi Mart Batanghari Lampung Timur).

Falichin, Muh. Zulfa Minachul. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Reaksi Investor dengan Environmental Performance Rating dan Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Semarang: Universitas Diponegoro

Hadi, Nor. 2010. Corporate Social Responsibility.Semarang: Graha Ilmu

Hermansah, Tantan dan Muhtadi. 2017. Kontribusi Corporate Social Responsibility bagi Penguatan Kohesi Sosial Masyarakat: Studi Kasus Perusahaan Asing di Bogor. Intizar, Volume 23, Nomor 1, 2017. pISSN:1412-1697; e-ISSN: 2477-3816.

KS, Angling Mahatma Pian. 2010. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Laporan Tahunan di Indonesia. Semarang: Universitas Diponegoro

Mapisangka, A. (2009). Implementasi CSR Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. JESP Vol. 1 No. 1, 39-47.

Ratnasari, Yunita. 2011. Pengaruh Corporate Governance terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di dalam Sustainability Report. Semarang: Universitas Diponegoro

Maszoom, Zumrodi. 2016. Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mendorong Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

Mulyadi. 2003. Pengelolaan Program Corporate Social Responsibility: Pendekatan, Keberpihakan dan Keberlanjutan. Materi Seminar. PSKK, Jogjakarta.

Suharto, E. 2008. Corporate Social Responsibility: What is and Benefits for Corporate. CSR (Corporate Social Responsibility: Strategy, Management, and Leadership. Jakarta: Intipesan

Suparman. 2013.Corporate Social Responsibility : Bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Kepedulian Perusahaan dengan Masyarakat. Jurnal Interaksi, VolII, No.2, Juli 2013 : 69-8

Susiloadi, P. 2008. Implementasi Corporate Social Responsibility untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan, Spirit Publik, Vol 4, No. 2, pp. 123-130.

Untari, Lisna. 2010. Effect on Company Characteristics Corporate Social Responsibility Disclosures in Corporate Annual Report of Consumption Listed in Indonesia Stock Exchange. Jakarta: Universitas Gunadarma

Waryanto. 2010. Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance (GCG) terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Semarang: Universitas Diponegoro

Wibisono, Y. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: