REMAJA SEBAGAI PELAKU CYBERBULLYING DALAM MEDIA SOSIAL

Shafa Yuandina Sekarayu, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


Masa peralihan menuju dewasa menimbulkan berbagai tantangan bagi remaja untuk bisa mengembangkan kemampuan sosial dan emosionalnya. Penggunaan media sosial yang tidak seimbang dengan pengawasan, perhatian, dan rasa tanggung jawab dapat menimbulkan perilaku cyberbullying. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji mengenai remaja sebagai pelaku cyberbullying dalam media sosial. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur terhadap bahan bacaan, seperti jurnal, buku, dan penemuan hasil penelitian yang berkaitan dengan cyberbullying dan kondisi psikososial remaja. Hasil yang diperoleh adalah kondisi psikososial remaja yang sedang membutuhkan pengakuan terhadap diri dan lingkungannya menyebabkan penggunaan media sosial secara tidak bertanggung jawab dan dapat menimbulkan perilaku cyberbullying.

 

The transitional period to adulthood poses various challenges for adolescents to develop their social and emotional abilities. The use of social media that is not balanced with supervision, attention, and a sense of responsibility can lead to cyberbullying. This article aims to examine teenagers as perpetrators of cyberbullying in social media. The method used in this article is a literature study of reading materials, such as journals, books, and research findings related to cyberbullying and adolescent psychosocial conditions. The results obtained are that the psychosocial condition of adolescents who are need of recognition of themselves and their environment causes the use of social media to be irresponsible which can cause adolescents to engage in cyberbullying behavior.


Kata Kunci


cyberbullying, psikososial, remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barlett, C. & Coyne, S. M. (2014). A meta- analysis of sex differences in cyber- bullying behaviour: The moderating role of age. Journal of Aggressive Behavior.

Betts, L. R. (2016). Cyberbullying: approaches, consequences and interventions

Baroncelli, A., & Ciucci, E. (2014). Unique effects of different components of trait emotional intelligence in traditional bullying and cyberbullying. Journal of Adolescence, 37(6), 807–815.

Chang, W.-J. (2020). Cyberstalking and Law Enforcement. Procedia Computer Science, 176,1188–1194.

Coloroso, B. (2006). Penindas, Tertindas, Dan Penonton; Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka.

Desmita, 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, H. A., & Sriati, S. A. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CYBERBULLYING PADA REMAJA : A Systematic review. Ilmu Keperawatan, 3(2).

Hall, Calvin S. & Lindzey, Gardner. (2009) Psikologi Kepribadian 1 Teori-Teori Psikodinamik (Klinis). Yogyakarta: Kanisius.

Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1),72.

Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 145–156.

Marino, C., Gini, G., Angelini, F., Vieno, A., & Spada, M. M. (2020). Social norms and e-motions in problematic social media use among adolescents. Addictive Behaviors Reports, 11(November 2019)

McVean, M. L. (2018). Physical, verbal, relational and cyber-bullying and victimization: Examining the social and emotional adjustment of participants. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 78(10-A-E)

Narpaduhita, P.D., & Suminar, D.R. (2014). Perbedaan perilaku cyberbullying ditinjau dari persepsi terhadap iklim sekolah di SMK Negeri 8 Surabaya. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 3(3): 1-6

Natalia, E. C. (2016). REMAJA , MEDIA SOSIAL DAN CYBERBULLYING Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5, 119–137.

Newey, K., & Magson, N. (2010). A Critical review of the current cyberbullying research definitional, theoretical and methodological issues. Australian Association for Research in Education Conference, 1–12.

Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43–62.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2012). Cyberbullying Prevention and Response. New York: Routledge.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2006). Bullies Move Beyond the Schoolyard: A Preliminary Look at Cyberbullying. Youth Violence and Juvenile Justice, 4(2), 148–169.

Puspitawati, H. (2006). Pengaruh faktor keluarga, lingkungan teman dan sekolah terhadap kenakalan pelajar di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kota Bogor.(Disertasi),Bogor, Indonesia (Institut Pertanian Bogor).

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Pratiwi, M. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Cyberbullying pada Remaja. Makalah disajikan pada seminar dan lokakarya APSIFOR Indonesia, Semarang, Indonesia.

Rerung, A. E. (2021). Menciptakan Self-Efficacy Pada Anak Usia 19-22 Tahun Dengan Menggunakan Pola Asuh Teori Psikososial Erik Erikson Di Gereja Toraja Jemaat Sion Lestari Klasis Wotu. Masokan: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(2), 91-109.

Rosyidah, F. N., & Nurdin, M. F. (2018). Perilaku menyimpang: media sosial sebagai ruang baru dalam tindak pelecehan seksual remaja. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(2), 38-48.

Sangwan, S. R., & Bhatia, M. P. S. (2020). Denigration Bullying Resolution using Wolf Search Optimized Online Reputation Rumour Detection. Procedia Computer Science, 173(2019), 305–314.

Santrock, J. W. (2007). Remaja Edisi 11 Jilid 1, Jakarta: Erlangga, h. 50.

Sourander, A., Klomek, A. B., Ikonen, M., Lindroos, J., Luntamo, T., Koskelainen, M., Helenius, H. (2010). Psychosocial risk factors associated with cyberbullying among adolescents: A population-based study. Archives of General Psychiatry, 67(7), 720–728.

UNICEF. (2019). Safer Internet Day: UNICEF calls for concerted action to prevent bullying and harassment for the over 70% of young people online worldwide.

Wang, B. J., Ph, D., Iannotti, R. J., & Ph, D. (2015). School Bullying Among Adolescents in United States: physical, verbal, relational, and cyber. Journal of Adolescent Health, 368–375.

Willard, Nancy E. Cyberbullying and Cyberhearts. USA: Malloy, 2011.

Ybarra, M., & Mitchell, K. (2004). Youth engaging in online harassment: associations with caregiver–child relationships, Internet use, and personal characteristics. Journal of Adolescence, 27(3).




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.39558

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: