IDENTIFIKASI ANGKA PARTISIPASI SEKOLAH JENJANG SD DAN SMA DI INDONESIA TAHUN 2021

Sazia Husna, R Nunung Nurwati, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


 

Salah satu indikator keberhasilan pemerintah Indonesia di bidang pendidikan dapat dilihat dari Angka Partisipasi Sekolah (APS). Untuk merealisasikannya pemerintah sudah menambah jumlah sekolah di berbagai daerah. Namun semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin rendah angka partisipasi sekolahnya. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa jenjang pendidikan SMA di Indonesia memiliki angka partisipasi sekolah lebih rendah dari pada jenjang SD. Hal ini dilihat dari asosiasi antara jenis kelamin, jenjang pendidikan dan daerah tempat tinggal. Metode yang akan digunakan adalah Metode Cochran Mantel Haenzal, untuk melihat hubungan asosiasi antara jenis kelamin  (X) dengan respon jenjang pedidikan (Y) berdasarkan daerah tempat tinggal (Z) pada Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Indonesia. Dari hasil pengujian menggunakan tabel kontingensi 3 arah dengan pengujian asosiasi homogenitas Odds Ratio dan Metode Cochran Mantel Haenzal diperoleh bahwa tidak ada asosiasi antara jenis kelamin, jenjang pendidikan dan daerah tempat tinggal.

 

One indicator of the success of the Indonesian government in the field of education can be seen from the School Participation Rate (APS). To realize this, the government has increased the number of schools in various regions. However, the higher the level of education, the lower the school enrollment rate. This research was conducted to prove that high school education in Indonesia has a lower enrollment rate than elementary school level. This can be seen from the association between gender, level of education and area of residence. The method to be used is the Cochran Mantel Haenzal Method, to see the association between gender (X) and educational level responses (Y) based on area of residence (Z) on school enrollment rates (APS) in Indonesia. From the test results using a 3-way contingency table with the Odds Ratio homogeneity association test and the Cochran Mantel Haenzal method, it was found that there was no association between gender, education level and area of residence.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afkar, R., Yarrow, N., Surbakti, S., & Cooper, R. (2020). Inclusion in Indonesia’s Education Sector A Subnational Review of Gender Gaps and Children with Disabilities. World Bank Group.

Agresti, A. (2007). An Introduction to Categorical Data Analysis. Canada: John Wiley & Sons, Inc., All Rights Reserved.

BPS. (2021). Angka Partisipasi Murni Sekolah Menengah Pertama (APM SMP) dan APM SMA. Retrieved from bps.go.id: https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/indikator/463

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta. ((tanpa tahun)). Retrieved from dpmptsp.jogjakota.go.id: https://pmperizinan.jogjakota.go.id/web/kontent/72/sosial#:~:text=Angka%20Partisipasi%20Sekolah%20(APS)%20adalah,yang%20bersekolah%20di%20suatu%20daerah.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Riset Angka Partisipasi Sekolah di RI dari PAUD Sampai Kuliah Turun. Bengkulu. Retrieved from https://dikbud.bengkuluprov.go.id/2021/12/14/riset-angka-partisipasi-sekolah-di-ri-dari-paud-sampai-kuliah-turun/

Elfarabi, M. F. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah di Indonesia. Yogyakarta.

Khairunnisa, Hartoyo, S., & Anggraeni, L. (2014). Determinan Angka Partisipasi Sekolah SMP di Jawa Barat. Ekonomis dan Pembangunan Indonesia, 91-112.

Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Kondisi Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Social Work Jurnal, 74-80.

Oswell, D. (2013). The Agency of Children From Family to Global Human Rights. New York: Cambridge University Press.

Putri, B. G., Irfan, M., & Santoso, M. B. (2020). Upaya Peningkatan Kesadaran Pentingnya Melanjutkan Pendidikan Terhadap Anak dan Remaja Putus Sekolah di RT04/RW 05 Kelurahan Kebon Kangkung Kota Bandung. Jurnal Pekerja Sosial, 149-157.

Reba, F., Sroyer, A., Yokhu, S. M., & Langowuyo, A. (2021). Perbandingan Metode Weighted Moving Average dan Single Exponential Smoothing Angka Partisipasi Sekolah Wilayah Adat, Papua. Sainmatika.

Sitohang, Y. O. (2017). Identifikasi Pengangguran Sukarela (Voluntary Unemployment) Perempuan di Kabupaten Kepahiang Tahun 2015. Statistika, 17-24.

Stoet, G., & Geary, D. C. (2013). Sex differences in mathematics and reading achievement are inversely related: within- and across-nation assessment of 10 years of PISA data. National Center for Biotechnology Information.

UNICEF. (2016). Sebuah Gambara : SDG dan Anak-Anak di Indonesia. Jakarta: UNICEF.

Vito, B., Krisnani, H., & Resnawaty, R. (n.d.). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Riset dan PKM, (pp. 147-00). Bandung.

Widiadnyani, N. L., Suciptawati, N. L., & Susilawati, M. (2019). Model Angka Partisipasi Sekolah Jenjang SMA Sederajat di Provinsi Bali. Matematika, 179-183.

Zetta, Z. Z., & Nurwati, R. N. (2021). Pengaruh Keluarga Pada Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat, 173-179.




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.40088

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: