DAMPAK KEHADIRAN JASA PESAN ANTAR MAKANAN PADA MAHASISWA KOS UNPAD BERDASARKAN PERSPEKTIF TEORI KONTROL

Bhre Kirana Zein, Muhammad Aldy Pratama, Binahayati Rusyidi

Abstrak


Maraknya kemajuan teknologi membuat masyarakat lebih mudah untuk mengakses kebutuhan, salah satunya adalah dengan hadirnya jasa layanan pesan antar makanan. Mahasiswa kos adalah bagian dari masyarakat yang terdampak. Dampak yang dihasilkan adalah munculnya beberapa tingkah laku dan kebiasaan baru. Kehadiran jasa layanan pesan antar makanan memang memberikan kemudahan, para mahasiswa tak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk memesan makanan. Cukup mengandalkan ponsel saja, makanan pun sampai di depan kos. Namun, tak semua dampak menghasilkan kebiasaan yang baik, para mahasiswa jauh lebih mengharapkan kemudahan dan kepraktisan dalam memenuhi kebutuhan pangan, bahkan perasaan rasa malas pun membuat para mahasiswa lebih mengandalkan jasa layanan pesan antar. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui seberapa jauh dampak yang dihasilkan oleh jasa layanan pesan antar bagi tingkah laku mahasiswa. Sementara itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui wawancara dengan landasan pertanyaan menggunakan teori kontrol. Hasil temuan data menyatakan bahwa, kemunculan jasa layanan pesan antar memudahkan para mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus keluar kos. Sebagian dari mahasiswa merasa beruntung atas kehadiran jasa layanan ini karena merasa lebih nyaman untuk menyantap makanan sendiri tanpa distraksi dari eksternal. Namun, kehadiran jasa layanan pesan antar ini juga memunculkan sifat malas bagi mahasiswa. Sehingga, para mahasiswa harus lebih bijak untuk memanfaatkan temuan teknologi ini.

 

The rise of technological advances makes it easier for people to access their needs, particularly the presence of food delivery services. Boarding students are part of the affected community. The resulting impact is the emergence of several new behaviors and habits. The presence of food delivery services does provide convenience, students do not need to spend a lot of energy and time to order food. Just rely on your cellphone, the food will arrive in front of the boarding house. However, not all impacts result in good habits, students expect much more convenience and practicality in meeting their food needs, and even feelings of laziness make students rely more on delivery services. The purpose of this article is to find out how far the impact generated by food delivery services has on student behavior. Meanwhile, the method used in this research is data collection through interviews. The Questions of the interview are based on control theory. The findings of the data stated that the emergence of food delivery services made it easier for students to meet food needs without having to go out of their boarding houses. Some of the students feel lucky for the presence of these services because they feel more comfortable to eat their own food without external distractions. However, the presence of food delivery service also raises the lazy nature of students. Thus, students must be wiser to take advantage of these technological findings.


Kata Kunci


Teori Kontrol; Jasa Layanan Pesan Antar Makanan; Mahasiswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ANGGRAENI, A. L. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA (STUDI PADA MAHASISWA PENGGUNA GOFOOD) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Hakim, L. Analisis Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi ShopeeFood (Studi Kasus Pada Penguhuni Kos (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).

Hutchison, E. D. (2015). Dimensions of human behavior: Person and environment (6th ed.). SAGE Publications.

Jones, S. (2021). 11. Theories of control. Criminology, 228-246. https://doi.org/10.1093/he/9780198860891.003.0011

Juliet, J. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas layanan, promosi Dan harga terhadap minat Beli kembali jasa antar ojek online merek grab-bike Di Jakarta pusat. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 27(1). https://doi.org/10.46806/jep.v27i1.702

Maretha, F. Y., Margawati, A., Wijayanti, H. S., & Dieny, F. F. (2020). Hubungan penggunaan aplikasi pesan antar makanan online dengan frekuensi makan dan kualitas diet mahasiswa. Journal of Nutrition College, 9(3), 160-168.

Nurhayati, S., Nurbayani, S., & Dahliyana, A. (2021). Pengaruh fitur go-food pada aplikasi go-jek terhadap gaya hidup mahasiswa di era digital. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1).

Rapoport, A., Sommer, R., Schwartz, Altman, I., & Nonsocial. (n.d.). Personal SPACE (ruang personal). SlidePlayer - segera Upload dan berbagi presentasi PowerPoint Anda. https://slideplayer.info/slide/12066847/

Taufiqurrohman, M. F., Widarko, A., & ABS, M. K. (2022). Pengaruh Promosi, Rating Produk dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan Gofood (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(21).

Teichmann, F. M., & Wittmann, C. (2022). Psychology and white collar crime - compliance recommendations based on the social and psychological reality dictating perception. Journal of Financial Crime. https://doi.org/10.1108/jfc-07-2022-0158




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i3.46601

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: