PENGARUH PEER-GROUP TERHADAP PERKEMBANGAN SELF-ESTEEM REMAJA The Influence of Peer Groups on the Development of Adolescent Self-Esteem

Arifah Di’Faeni Nurul Asyia, Gabriela Dameni Natalia Sinurat, Nurul Izza Sayyidina Aufa Dianto, Nurliana Cipta Apsari

Abstrak


Abstrak

Masa remaja identik dengan proses pencarian jati diri setiap individu di mana, banyak sekali aspek di dalam diri seseorang yang mengalami perubahan pada proses tersebut. Sulit bagi remaja untuk melalui fase ini seorang diri, terutama dalam menghadapi dinamika-dinamika pendewasaan yang ada. Untuk itu, remaja akan berusaha mencari dukungan sosial dari sumber-sumber dukungan di sekitarnya. Namun, sumber dukungan primer dari orang tua cenderung akan dilepaskan perlahan-lahan oleh remaja dan beralih kepada sumber dukungan dari teman sebaya. Sumber dukungan dari teman sebaya itu bisa didapatkan remaja melalui peer group. Peer group memiliki pengaruh yang besar dalam diri remaja dalam pembentukan identitas di mana self-esteem juga termasuk di dalamnya. Self-esteem merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki setiap individu dalam pembentukan karakter. Artikel ini akan membahas mengenai pengaruh dari peer group pada pembentukan self-esteem pada remaja. Penulis menggunakan metode studi kepustakaan dalam penulisan artikel ini untuk memaparkan mengenai self-esteem pada remaja, peran peer group bagi remaja, dan pengaruh dari peer group pada pembentukan self-esteem pada remaja.

 

 

Abstract

Adolescence is identical with the process of finding the identity of each individual where there are many aspects in a person who experience changes in the process. It is difficult for teenagers to go through this phase alone, especially in dealing with the existing dynamics of maturation. For this reason, adolescents will try to find social support from support sources around them. However, the primary source of support from parents tends to be released slowly by adolescents and turns to sources of support from peers. The source of support from peers can be obtained by teenagers through peer groups. Peer groups have a great influence on adolescents in the formation of identity in which self-esteem is also included. Self-esteem is one of the important components that every individual has in character building. This article will discuss the influence of peer groups on the formation of self-esteem in adolescents. The author uses the literature study method in writing this article to describe self-esteem in adolescents, the role of peer groups for adolescents, and the influence of peer groups on the formation of self-esteem in adolescents.

 

 


Kata Kunci


Peer group, Remaja, Self-Esteem

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alhila Rubiani (2017). Perbedaan Regulasi Emosi Remaja Ditinjau Dari Faktor Usia di Sekolah YPI Swasta Amir Hamzah Medan. Skripsi Thesis, Fakultas Psikologi, Universitas Medan Area. 15-16. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1214/5/128600344_file5.pdf

Birkeland, M. S., Melkevik, O., Holsen, I., & Wold, B. (2012). Trajectories of global self-esteem development during adolescence. Journal of Adolescence, 35(1), 43–54. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2011.06.006

Birkeland, M. S., Breivik, K., & Wold, B. (2014). Peer Acceptance Protects Global Self-esteem from Negative Effects of Low Closeness to Parents During Adolescence and Early Adulthood. J Youth Adolescence, 71.

Ekasari, A., & Andriyani, Z. (2013). Pengaruh Peer Group Support dan Self-esteem Terhadap Resilience Siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. Jurnal Soul, 6(1), 1–20.

Fitriani, W., & Hastuti, D. (2016). Pengaruh Kelekatan Remaja dengan Ibu, Ayah dan Teman Sebaya terhadap Kenakalan Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 206–217. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.206

Gorrese, A., & Ruggieri, R. (2013). Peer attachment and self-esteem: A meta-analytic review. Personality and Individual Differences, 565

Manurung, A. (2021). Hubungan karakteristik dosen, pola asuh orangtua, dan peer group dengan konsep diri self-esteem remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ), 9(1), 61–68. http://103.97.100.145/index.php/JKJ/article/view/6742/pdf

Margarida Gaspar de Matos, P. C. (2012). How Can Peer Group Influence the Behavior of Adolescents: Explanatory Model. Global Journal of Health Science, 27

Minev, M., Petrova, B., Mineva, K., Petkova, M., & Strebkova, R. (2018). Self-esteem in adolescents. Trakia Journal of Science, 16(2), 114–118. https://doi.org/10.15547/tjs.2018.02.007

Mujiyati, M., & Adiputra, S. (2018). Influence of Peer Groups to The Self-esteem of Lampung and Javanese Students. International Journal of Psychology and Educational Studies, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.17220/ijpes.2018.01.003

Mutia, A. T., & Sukmawati, I. (2019). Relationship between peer pressure and self-esteem in adolescents. NeoKonseling, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.24036/00132kons2019

Myers, J., Willse, J., & Villalba, J. (2011). Promoting self-esteem in adolescents: The influence of wellness factors. Journal of Counseling and Development, 89(1), 28–36. https://doi.org/10.1002/j.1556-6678.2011.tb00058.x

Pinheiro Mota, C., & Matos, P. M. (2013). Peer attachment, coping, and self-esteem in institutionalized adolescents: The mediating role of social skills. European Journal of Psychology of Education, 28(1), 87–100. https://doi.org/10.1007/s10212-012-0103-z

Putra, M.D.R.E. & Apsari, N.C. (2021). Teknik Latihan Perilaku Asertif Untuk Meningkatkan Kemampuan Remaja Melakukan Penyesuaian Diri. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), halaman 149. https://jurnal.unpad.ac.id/jppm/article/view/33480/pdf

Raboteg-Saric, Z., & Sakic, M. (2013). Relations of Parenting Styles and Friendship Quality to Self-esteem, Life Satisfaction and Happiness in Adolescents. Applied Research Quality Life, 3.

Riskha Ramanda, Zarina Akbar, & R. A. Murti Kusuma Wirasti (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Jurnal Edukasi 5(2). 124. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/5019/3681

Sari, I. A., Hamiyati, H., & Rasha, R. (2019). Pengaruh Fungsi Peer Group Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Pencarian Informasi) Produk Kosmetik Pada Remaja Putri. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 6(01), 1–8. https://doi.org/10.21009/jkkp.061.01

Siallagan, A.R.H. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Blended Learning Sebagai Inovasi Model Pembelajaran di Era 21 dalam buku Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Peran Teknologi Pendidikan dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprosionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0. Digital Library Universitas Negeri Medan. 202. http://digilib.unimed.ac.id/38730/3/ATP%2024.pdf

Tipton, L. A., Christensen, L., & Blacher, J. (2013). Friendship Quality in Adolescents with and without an Intellectual Disability. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities, 522.

Tomé, G., Matos, M., Simões, C., Diniz, J. A., & Camacho, I. (2012). How can peer group influence the behavior of adolescents: explanatory model. Global Journal of Health Science, 4(2), 26–35. https://doi.org/10.5539/gjhs.v4n2p26




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3.49286

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: