PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA AKIBAT TEKANAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN FISIK
Abstrak
Prokrastinasi akademik merupakan suatu kebiasaan atau kecenderungan yang dilakukan individu untuk menunda-nunda dalam mengerjakan tugas akademik dan lebih memilih hal lain yang menyenangkan sehingga tugas mereka menjadi terabaikan. Prokrastinasi akademik merupakan fenomena yang dapat terjadi kepada siapapun khususnya di kalangan mahasiswa akibat dari tuntutan akademik yang diterima oleh para mahasiswa. Aspek tekanan sosial seperti rendahnya motivasi atau dorongan yang diperoleh mahasiswa dan aspek dari distraksi lingkungan fisik yang menjadi sumber penyebab seseorang melakukan prokrastinasi merupakan faktor eksternal yang dapat memengaruhi individu menunda dalam menyelesaikan tugasnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana faktor eksternal tersebut dapat memengaruhi individu melakukan prokrastinasi serta bagaimana perilaku prokrastinasi akademik ini dapat terjadi di kalangan mahasiswa berdasarkan faktor eksternal individu tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan dengan metode kajian pustaka. Data penelitian akan dikumpulkan berdasarkan pertanyaan terbuka yang diajukan dalam wawancara yang dilakukan terhadap beberapa narasumber yang merupakan mahasiswa aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal yaitu faktor sosial seperti lingkungan pertemanan dan lingkungan fisik dapat memengaruhi seseorang untuk melakukan prokrastinasi.
Academic procrastination is a habit or tendency by individuals to procrastinate in doing academic tasks and prefer other pleasant things so that their tasks become neglected. Academic procrastination is a phenomenon that can occur to anyone, especially among students, due to the academic demands received by students. Aspects of social pressure such as low motivation or encouragement obtained by students and aspects of physical environmental distraction which are the source of someone's procrastination are external factors that can influence individuals to delay completing their assignments. This study was conducted with the aim of knowing how these external factors can influence individuals to procrastinate and how this academic procrastination behavior can occur among students based on these individual external factors. The research method used descriptive qualitative and with a literature review method. The research data will be collected based on open-ended questions asked in interviews conducted with several resource persons who are active students. The results showed that external factors, namely social factors such as friendship environment and physical environment can influence a person to procrastinate.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akerina, J., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Journal of Psychology Humanlight, 3(1), 1-14.
Armila, A. (2023). Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Bela, A., Thohiroh, S., Efendi, Y. R., & Rahman, S. (2023). Prokrastinasi Akademik Dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi: Review Literatur. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 37-48.
Canavallia, B. G., Jadidah, I. T., Dita, E. N., Hidayanti, F. N., & Pratiwi, S. (2023). Faktor Penyebab Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa FITK Angkatan 2021 UIN Raden Fatah Palembang. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(02), 180-188.
Handayani, N., Rizkya, S., Azhar, MI., Hassanah, ANN., & Fadesti., PF. (2024). Cramming Sebagai Solusi Mahasiswa Yang Mengalami Prokrastinasi Akademik. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial , 4 (5), 2579-2593.
Harkinawati, M. A. (2019). Pengaruh Konformitas Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Hartati, J., Achadi, W., Syarnubi, S., & Naufa, MM (2022). Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya , 5 (4), 608-618.
Hutchison, E. D. (2018). Dimensions of human behavior: Person and Environment.
Sage Publications.
Jisaid, W., Fauziah, S., & Ikhsan, M. (2022, September). Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 14, pp. 161-167).
Khairunisa, K., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Implementasi Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 85-96.
Lestari, D. (2022). Hubungan burnout dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Skripsi Program Studi Psikologi
Muflihah, F., & Sholihah, A. (2019). Hubungan antara kecanduan gadget dengan prokrastinasi akademik. Triadik, 18(1).
Nabila, R. (2023). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Prokrastinasi Akademik: Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 10-10.
Putri, NI, & Edwina, TN. (2020). Keengganan tugas sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada siswa. Jurnal studi guru dan pembelajaran , 3 (1), 124-140.
Ramanda, P., Sukirno, A., & Riski, R. (2022). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari keaktifan berorganisasi. Indonesian Journal of Educational Counseling, 6(2), 111-117.
Parastiara, A. R., & Yoenanto, N. H. (2022). Pengaruh Fear of Failure dan Motivasi Berprestasi terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Buletin Penelitian Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 415-425.
Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal pembelajaran prospektif, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.61518
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: