PELATIHAN PENGUATAN KAPASITAS ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA BAGI ORANG TUA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH YANURI CIMAHI JAWA BARAT
Abstrak
Keluarga merupakan unit kelompok terkecil pembentuk Masyarakat. Pada era modernisasi dan globalisasi ini, tantangan pengasuhan anak, semakin hari semakin berat. Banyak sekali pengaruh eksternal yang dapat merusak karakter, moral, adab dan akhlak anak, secara lebih khusus pada anak-anak yang sedang beranjak menuju tahap dewasa. Maka, sebagai konsekuensi logisnya, setiap orang tua perlu terus meningkatkan kapasitasnya dalam memberikan pendidikan, khususnya pendidikan agama kepada putra-putrinya. Namun demikian, program pembelajaran untuk peningkatan kapasitas pengasuhan orang tua tidak selalu tersedia di setiap waktu dan di setiap tempat. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan khusus untuk membantu orang tua meningkatkan pemahamannya dan kapasistasnya dalam menyampaikan pendidikan. Adapun metode yang digunakan adalah pelatihan, dengan pendekatan pembelajaran andragogi dengan interaksi aktif dua arah antara pemateri dengan peserta. Pelatihan diikuti oleh lebih dari seratus orang tua murid yang antusias mengikuti seluruh rangkaian acara sampai selesai.
Family is the smallest group unit that forms a society. In this era of modernization and globalization, the challenges of raising children are getting harder day by day. There are many external influences that can damage the character, morals, manners and ethics of children, especially children who are moving towards adulthood. Therefore, as a logical consequence, every parent needs to continue to improve their capacity in providing education, especially religious education to their children. However, learning programs to improve parenting capacity are not always available at all times and in all places. This community service program aims specifically to help parents improve their understanding and capacity in delivering education. The method used is training, with an andragogical learning approach with active two-way interaction between the presenter and the participants. The training was attended by more than one hundred parents of students who enthusiastically followed the entire series of events until the end.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afiatin, T. (2018). Penguatan Perkawinan dan Keluarga Berbasis Kearifan Lokal. i T. Afiatin, Psikologi Perkawinan dan Keluarga (s. 71). Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Afiatin, T. (2022). Perkawinan dan Keluarga. i T. Afiatin, Psikologi Perkawinan dan Keluarga (s. 22). Skeman-Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Ahmad, M. Y., Putra, A. A., Harahap, M., & Amirudin. (2024). Penyuluhan UrgensiPendidikan Agama Islam Bagi Masa Depan Remaja Muslim. Natijah: Jurnal Pendidikan Pengabdian Islam, 1, 6-11.
Al-Adawi, M. (2009). Anakku Sudah Tepatkah Pendidikannya? Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.
Ausop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil Cendekia Berakhlak Qurani. Pasirluyu-Bandung: PT Grafido Media Pratama.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dheasari, A. E., & Fajriyah, L. (Juli 2022). DIGITAL, TANTANGAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK DI ERA. Al Athfal, 3, 25-35.
Husaini, A. (2016). 10 Kuliah Agama Islam: Panduan Mnejadi Cendekiawan Mulia dan Bahagia. Yogyakarta: Pro-U Media.
Immanuddin, M., Andryadi, & Zulmuqim. (Januari-Juni 2020). Islamic Eduation in the Al Qur'an and Sunnah (Study about the Meaning of Education and Implication for Educator. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5, 70-83.
Ismail, S. (2024). Pengantar Studi Ilmu Tarbiyah. (M. Al-Misbah, Övers.) Jakarta, Indonesia: Penerbit Al Kautsar.
Jaenuddin, E., Al Fajar, F. F., Nahar, A. S., & Hasanah, A. (u.d.). Urgensi dan Signifikansi Spiritualitas Dalam Pendidikan Karakter. Arji Action Research Journal Indonesia, 110-124.
Jawas, Y. b. (2017). Panduan Keluarga Sakinah. Jakarta: Pustaka Imam Syafi'i.
Jawas, Y. b. (2018). Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga. Bogor-Jawa Barat: Pustaka At-Takwa.
Jusran, M., & Armansyah. (2016). Cara Nabi Mendidik Anak Perempuan. Yogyakarta: Penerbit Pro U Media.
Khan, M. U. (December 2012). Philosophy of Education in view of the pressing Muslim Requirement in the Islamic and World Perspective. IIUC Studies, 9, 79-106.
Lall, M., & Sharma, S. (2009). Personal Growth and Training and Development. New Delhi: Excell Books.
Minza, W. M. (2012). Anak Muda dan Transisi Menuju Dewasa. i Faturochman, Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat (s. 119). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Mohamed, Y. (1996). Fitrah: The Islamic Concept of Human Nature. London: Ta-Ha Publisher.
Pratomo, A. W., Hamidah, A. C., Wahyuni, N. S., Aiyuida, N., Fitriani, Y., Felany, Y., & Winarni, A. (2022). Tahap Perkembangan Keluarga Pasangan Pengantin Baru. i T. Afiatin, Psikologi Perkawinan dan Keluarga (s. 148). Sleman Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Santosa, H. (2023). Fitrah Baseed Education: Sebuah Model Pendidikan Peradaban bagi Generasi PEradaban menuju peran Perubahan (Vol. 10). Jakarta: Yayasan Fitrah Wirabumi Madani.
Schwab, K. (2019). Revolusi Industri Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suwaid, M. N. (2010). Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.
Syamsi, H. (2017). Modern Islamic Parenting. Solo-Jawa Tengah: Penerbit Aisar Publishing.
Tesniadi, D., & Sari, P. I. (2020). Tantangan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Generasi Alfa 7-10 Tahun. Prosiding Kampung Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Ponorogo (ss. 1-13). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah.
Wibowo, H., Humaedi, S., Irfan, M., Santoso, M. B., Raharjo, S. T., & Apsari, N. C. (April 2024). Pengembangan Keterampilan Menghantarkan Pembelajaran Bermakna Bagi Guru-Guru Paud Se-Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. KUMAWULA, 7, 141-144.
Wibowo, H., Nurwati, N., Fedriansyah, M., Rachim, H. A., Nurdin, M. F., Lesmana, A. C., & Taher, R. (Januari 2024). Pembelajaran Hibrida Penguatan Kapasitas Pengasuhan Orang Tua. Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat bagi Ketahanan Keluarga Siswa Bimbingan Belajar di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, 5, 71-78.
Yuliana, W., Hamid, A., & Yaqin, F. A. (Desember 2022). Study Analisis : Tantangan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Dan Mengatasi Kemalasan Belajar Anak di Era Smart Society 5.0. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1-8.
Zainu, S. M. (2016). Bimbingan Islam. Jakarta: Penerbit Darul Haq.
Zamilah, U., & Yusiyaka, R. A. (Oktober 2022). IBU, PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PELATIHAN TATA RIAS. Jurnal Pendidikan Guru, 323-331.
Zubaidi, Al Mufti, A. Y., & Laila, A. N. (2018). The Concept of Islamic Education Kyai Sahal Mahfudh. Innovation Issues and Challenges in Education for Education Sustainability (ss. 167-183). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Referensi Digital
Terjemah dan tafsir Al Qur’an, Surat Al Baqarah 165: Referensi : https://tafsirweb.com/626-surat-al-baqarah-ayat-156.html
https://tafsirweb.com/11010-surat-at-tahrim-ayat-6.html
DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.61519
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: