PENGARUH LINGKUNGAN BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA ASRAMA BINA SISWA SMA PLUS CISARUA KAB. BANDUNG BARAT

Dina Anjani, Nurliana Cipta Apsari, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


Terdapat beberapa faktor yang dapat membentuk kemandirian, salah satunya yaitu lingkungan pendidikan yaitu sekolah berasrama. Sekolah berasrama merupakan sistem pendidikan yang menyediakan asrama untuk menjadi tempat tinggal siswa dengan melakukan berbagai kegiatan sehari-hari terpisah jauh dari keluarga. Tidak hanya aspek akademis, sekolah berasrama juga memberikan pemahaman dan melatih berbagai kemampuan yang bermanfaat untuk kehidupan siswa dengan aturan, sistem dan jadwal yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek-aspek apa saja dari lingkungan asrama yang berkontribusi dalam pengembangan kemandirian siswa serta bagaimana siswa merespons dan beradaptasi dengan kehidupan asrama. Melalui metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada para alumni Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Kab. Bandung Barat mengenai bagaimana perubahan perilaku kemandirian pada siswa setelah masuk asrama, mengidentifikasi aspek lingkungan asrama dalam membentuk kemandirian siswa, penguat kemandirian pada siswa dan bagaimana siswa dalam beradaptasi terhadap kehidupan asrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa lingkungan boarding school memiliki pengaruh akan perubahan perilaku terutama perilaku mandiri, baik kemandirian ekonomi, sosial, emosi dan intelektual.

 

There are several factors that can form independence, one of which is the educational environment, namely boarding schools. Boarding schools are an educational system that provides dormitories to become a place for students to live by carrying out various daily activities away from their families. Not only the academic aspect, boarding schools also provide an understanding and practice of various skills that are beneficial for students' lives with rules, systems and tight schedules. This study aims to examine what aspects of the dormitory environment contribute to the development of student independence and how students respond and adapt to dormitory life. Through a descriptive method with a qualitative approach, data collection was carried out by in-depth interviews with alumni of the Bina Siswa Dormitory of SMA Plus Cisarua, West Bandung Regency regarding how independence behaviour changes in students after entering the dormitory, identifying aspects of the dormitory environment in shaping student independence, strengthening independence in students and how students adapt to dormitory life. The results of the study show that the boarding school environment influences behaviour changes, especially independent behaviour, both economic, social, emotional and intellectual independence.


Kata Kunci


Sekolah berasrama, Kemandirian, Siswa, Pembiasaan, Adaptasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A’la, Abd. (2006). Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Edisi 2. Penerbit Pelajar. Yogyakarta. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Cetakan 5. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Abdullah, M. N., Lastri. 2024. Peran Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Rumah Sekolah Cendekia Makassar. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 4(2).

Achmad, Adang Darmawan. 2018. Pendidikan Karakter Siswa (Analisis Kelekatan, Penyesuaian Diri, dan Kebahagiaan Diri. Prosiding Konferensi Nasional Ke-4 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTM).

Aspin. 2007. Hubungan Gaya Pengasuhan Orang Tua Authoritarian Dengan Kemandirian Emosional Remaja. Sulawesi Tenggara.

Astuti, S. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian untuk Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.

Bronfenbrenner, U., Morris, P. A., The Ecology of Developmental Processes. In W. Damon (Series Ed.) & R. M. Lerner (Vol. Ed.), Handbook of Child Psychology: Vol. 1: Theoretical Models of Human Development. (New York: Wiley, 1998).

Darwanto, A. 2022. Studi Perbandingan Tingkat Capaian Pendidikan pada Model Boarding School dan Sekolah Umum Reguler. Cilacap Research Community.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, hlm. 185.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fathonah, D. Y., Hernawaty, T., Fitria, N. 2017. Respon Psikososial Siswa Asrama di Bina Siswa SMA Plus Cisarua Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3(1).

Hendriyenti. (2014). Pelaksanaan Program Boarding School Dalam Pembinaan Moral Siswa di SMA Taruna Indonesia Palembang. 19(2).

Herpratiwi. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Khoiruzzadi, M. & Hakim, M. L. 2020. Sistem Boarding School Dalam Membentuk Kemandirian Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2).

Maskudin. (2013). Pendidikan Islam Alternatif: Membangun Karakter Melalui Sistem Boarding School. Yogyakarta; UNY Press.

Mariani, I., Zulkifli., Mulyani, R. R. 2023. Pengaruh Peran Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2).

Nur’aini, H. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Sistem Boarding School. Jurnal Al-Qiyam. 4(1).

Paulina, I., Wardoyo. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosi Sikap Mandiri dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Dinamika Manajemen. 3(1).

Rahmawati, D. (2020). Kedisiplinan dan Pembentukan Tanggung Jawab di Boarding School. Educational Management Journal.

Rosdiana, A. 2018. Skripsi: “Pengaruh Sistem Pembelajaran Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Kemandirian Peserta Didik Di SMA IT Baitul Muslim Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.” Bandar Lampung: Universitas Lampung, hlm. 38.

Rozi, F. 2015. Pembelajaran yang Menumbuhkan Kemandirian dan Kepedulian Pembelajar Dalam Konteks Sekolah Berasrama (Boarding School): Studi Kualitatif Fenomenologis di SMP Insan Terpadu Paiton Probolinggo Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Santoso, M. (2023). Dukungan Psikologis Pembimbing terhadap Kemandirian Siswa di Boarding School. Counseling Education Journal.

Salshabila, U, H. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam. 7(1).

Sa’diyah, R. 2017. Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. XVI (1).

Selan, J. A. 2016. Pengaruh Penerapan Hukuman Terhadap Kemandirian Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1).

Sayu, J. A., Ibrahim, M. Y., Budjang, G. 2013. Adaptasi Sosial Siswa Kelas X Pada Boarding School SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Untan, 2(9).

Tang, A., Aji, A. P., Bachtiar, A. 2024. Membentuk Karakter Unggul dengan Sistem Boarding School di Muhammadiyah Bandung School (MBS) Sorong. Journal of Education Research, 5(4).

Tayibnapis, F. Y. 2000. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian, hlm 9. Jakarta: Rieneke Cipta.

Tasaik, H. L., Tuasikal, P. 2018. Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Semberpasi. Metodik Didaktik: 14(1), hlm. 45-55

Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

Umbas, A. P., Murniarti, E. 2024. Analisis Kebijakan Sekolah Berasrama dalam Membentuk Kemandirian Siswa SMA Kristen Barana’. Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(10).

Wulandari, N. K. & Rustika, I. M. 2016. Peran Kemandirian dan Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa Asrama Tahun Pertama SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2).

Yusup, A. & Suresman, E. 2018. Model Pembinaan Keagamaan di Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat. Tarbawy: Indonesia Journal of Islamic Education 5(2).

Yuliani, N. F. 2020. Eksistensi Kemandirian Sebagai Identitas Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubarok, Uman Agung, Lampung Tengah. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Mubarok.

Zahroh, L. 2020. Pengaruh Program Asrama Terhadap Kemandirian Siswa Kelas VI di MIN 1 Banyumas Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Zahro, I. F. 2023. Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negara Sumbang Bojonegoro. Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 14(1).




DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.61520

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) Terindeks di: