PENGEMBANGAN SERVICE CLIMATE ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN EMPLOYEE WORK PASSION

Marina Sulastiana, Anissa Lestari Kadiyono, Aulia Anisyah Fassa

Abstrak


Peningkatan iklim pelayanan dibutuhkan untuk dapat memberikan jasa terbaik bagi pasien yang membutuhkan perawatan pada Rumah Sakit. Upaya untuk dapat bekerja dengan baik dan juga mencintai profesi mereka merupakan hal yang penting untuk ditumbuhkan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh service climate terhadap employee work passion pada perawat di rumah sakit. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner service climate berdasarkan teori Schneider & White (2004), dan kuesioner employee work passion yang merujuk pada model employee work passion yang dikembangkan oleh Zigarmi et al., (2011) kepada 41 orang perawat. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara service climate terhadap employee work passion pada perawat. Hal ini menunjukkan semakin positif service climate di rumah sakit, maka akan semakin tinggi employee work passion pada perawat. Service climate yang positif dan employee work passion yang tinggi pada perawat dapat mendorong perawat memunculkan perilaku kerja yang memuaskan, sehingga dapat tercapai pelayanan yang berkualitas. Untuk mempertahankan dan meningkatkan service climate di rumah sakit dilakukan intervensi berupa workshop dan group counseling yang diberikan kepada perawat maupun pihak manajemen.
service climate; employee work passion; kualitas pelayanan; perawat; rumah sakit.


Kata Kunci


service climate; employee work passion; kualitas pelayanan; perawat; rumah sakit.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i2.21191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=