PERSEPSI ANAK SEKOLAH DASAR TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL BERUPA KRITIKAN DARI ORANG TUA DI KOTA BANDUNG
Abstrak
Proses komunikasi orang tua kepada anaknya berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Anak usia sekolah dasar (usia 8-12 tahun) sudah memahami komunikasi verbal yang dilakukan orang tua kepada dirinya. Pada dasarnya, bentuk komunikasi verbal yang dilakukan orang tua kepada anaknya bisa bermacam-macam. Penelitian ini fokus pada persepsi anak usia sekolah dasar mengenai komunikasi verbal berbentuk kritikan yang dilakukan orang tua. Penelitian kuantitatif ini memiliki responden penelitian yang usia usia 8-12 tahun di Bandung sejumlah 403 orang (laki-laki= 41,9%, perempuan= 58,15%), yang didapat dengan metode cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Perceived Criticism Inventory (PCI) versi Bahasa Indonesia dengan reliabilitas 0.98. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah (Quantity of Perceived Criticism/PCI-Q) sebanyak 44% anak usia 8-12 tahun di kota Bandung mempersepsi bahwa kadang-kadang orang tua mereka memberikan kritikan, 40% orang tua mereka sering memberikan kritikan dan hanya 8% dari orang tua mereka yang jarang memberikan kritikan terhadap mereka. Isi kritikan (Content of Perceived Criticism/PCI-C) yang paling banyak adalah mengenai komitmen anak yang rendah dalam mengerjakan tanggung jawab tertentu, serta bentuk kritikan (Form of Perceived Criticism/PCI-F) yang paling banyak dilakukan tanpa disertai kekerasan.
Kata kunci; Persepsi;Anak;Sekolah Dasar;Komunikasi Verbal;Kritikan;Orang tua;Bandung
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Apparigliato, M., Ruggiero, G. M., & Sassaroli,
S. (2007). Il Perceived Criticism Inventory (PCI): un nuovo strumento di valutazione del criticismo genitoriale [The Perceived Criticism Inventory (PCI): a new instrument for evaluating parental criticism]. Psicoterapia Cognitiva e Comportamentale (pp.275-300)
Brewin C R, Andrews B, & Furnham A (1996). Self-
critical attitudes and Parental criticism in
young women. British Journal of Medical
Psychology (pp.69-78)
Cox BJ, Fleet C, & Stein MB (2004). Self-criticism and
social phobia in the US national
comorbidity survey. Journal of Affective
Disorders (pp.227-234).
Dunsmore, Julie., Halberstadt, Amy., Robinson, Megan.
(2004). Mother’s Negative
Evaluations of their children’s performance
enhance boys’s memories for crafts. The
Journal of Genetic Psychology (pp.345-365)
Hagan, Christopher R. (2014). Associations Between
Perceived Criticism and Suicide Ideation and Attempts. Florida State University Libraries
Harter, S., Waters, P., & Whitesell, N. R. (1998).
Relational self-worth: Adolescents perceptions
of their worth as a person in different relational
contexts. Child Development, 69, 756-766.
Harris, D.Irving. (1984). Parental Criticism and the
Adolescent Experience. Journal of Youth and Adolescence, Vol. 13, No. 2
Koestner R, Zuroff DC, & Powers TA (1991). Family
origins of adolescent selfcriticism
and its continuity into adulthood. Journal of
Abnormal Psychology (pp.191-197)
Miller, Thomas W. (2007) Praise or criticism with
children. Journal of Family Counselling
(pp. 55-57)
Mulyana, Deddy. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi.
PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sachs-Ericsson N, Verona E, Joiner T, & Preacher KJ
(2006). Parental verbal abuse and the
mediating role of self-criticism in adult
internalizing disorders. Journal of Affective
Disorders (pp. 71-78)
Whitesell, N. R., Robinson, N. S., & Harter, S. (1993).
Coping with anger-provoking situations:
Young adolescents' theories of strategy use and
effectiveness, Journal of Applied
Developmental Psychology, 14, 521-545.
DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21876
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terideks di: