EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS UNTUK MENURUNKAN GANGGUAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD

Rifka Retno Annisa, Wiwien Dinar Pratisti, Zahrotul Uyun

Abstrak


Gangguan konsentrasi belajar matematika rentan terjadi pada berbagai jenjang pendidikan dan mengakibatkan terhambatnya proses belajar mengajar serta mempengaruhi prestasi akademik siswa. Dalam upaya mengatasi gangguan konsentrasi belajar matematika siswa, guru perlu memiliki strategi khusus agar dapat meminimalisir hambatan dalam proses belajar mengajar yang dapat menganggu konsentrasi belajar matematika siswa, strategi yang diterapkan guru tidak terlepas dari kemampuan guru dalam memanajemen kelas.  Untuk itu, penelitian ini bertujuan menguji efektivitas manajemen kelas untuk menurunkan gangguan konsentrasi belajar matematika pada siswa SD. Manajemen kelas terdiri dari tiga tahapan meliputi preventif, active learning dan korektif. Manajemen kelas diterapkan pada 30 orang siswa yang berada dalam satu kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian menggunakan nonrandomized control group pretest-posttest design dan data dikumpulkan dengan skala gangguan konsentrasi belajar matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa intervensi manajemen kelas efektif menurunkan gangguan konsentrasi belajar matematika. 

Kata Kunci


gangguan konsentrasi belajar matematika; manajemen kelas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afif, A., & Idris, R. (2016). Pengaruh implementasi manajemen kelas terhadap perilaku belajar mahasiswa pada jurusan manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN ALAUDDIN makassar. Lentera Pendidikan 19 (2), 135-136.

Anderson, A., Hamilton, R. J., & Hattie, J. (2004). Classroom climate and motivated behavior in secondary schools. Journal Teaching and Learning University of Auckland 7 (3), 217-220.

Arikunto, S. (2000). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Pekanbaru: Rajawali Pers.

Barkley, R. (2006). Handbook attention deficit hyperactivity disorder (ed. 3). London: The Guilford Press.

Chyquitita, T., Winardi, Y., & Hidayat, D. (2018). Pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran matematika di SMA XYZ Tanggerang. A journal of Laguage 14 (1), 40.

Feldman, W. (2002). Mengatasi gangguan belajar pada anak. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Good, T., & Brophy, J. (1991). Looking in classrooms (ed. 5). New York: Harper Collins Publishers.

Hakim, T. (2003). Mengatasi gangguan konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara.

Hatiningsih, N. (2013). Play therapy untuk meningkatkan konsentrasi pada anak attention deficit hyperactiviti disorder (ADHD). Jurnal Ilmia Psikologi Terapan 1 (2), 336-340.

Hung, C.-L., & Fang, C.-C. (2014). Perceived Classroom Management and Student Learning Motivation In Social Studies Of Taiwan Junior High School Students. European Journal of Research in Social Sciences Vol. 2 No. 3, 47-50.

Jones, V., & Louise. (2012). Manajemen kelas komperhensif. Jakarta: Kencana.

Kamil, B., & Olvatika, Y. P. (2015). Konseling Behavioral dalam Meningkatkan Konsentarsi Belajar Peserta Didik Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Hulu Sungkai Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No. 1, 19-20.

Khofifah, N. (2016). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Ilmiah.

Kumara, A. (2004). Model pembelajaran "active learning" mata pelajaran sains singkat SD kota Yogyakarta sebagai upaya peningkatan "life skills". Jurnal Psikologi 1 (2), 65,68-69.

Mehralizadeh, S., Ghorbani, R., Zolfaghari, S., Shahinfar, H., Nikkhah, R.,

& Pourazizi, M. (2013). Factors affecting student concentration in classroom: medical. Iranian Journal of Medical Education 13 (8), 671.

Mulyana, O. P., & Izzati, U. A. (2013). Penerapan Relaksasi Atensi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi : Teori dan Terapan.

Munawaroh, L. (2018). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus I Upt Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Skripsi (Tidak diterbitkan).

Omrod, J. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi ke enam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ormrod, J. E. (2008). Educational pshychology: developing learners. New Jersey: Prentice Hall.

Ormrod, J. E. (2008). Educational Pshychology: Developing Learners. New Jersey: Prentice Hall.

Pfiffner, L. J. (2011). All about ADHD: The complete practical guide for classroom teachers (ed. 2). New York: Scholastic.

Piaget. (1972). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Terjemahan Oleh Dr. Paul Suparno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi, Y. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pedamaran Ogan Komering Ilir. Skripsi (Tidak diterbitkan).

Purwanto, & Nuryana. (2010). Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi Vol. 12 No. 1, 95-97.

Ramadhani, H. S., Lestiawati, E., & Wahyuningsih, M. (2016). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap konsentrasi belajar anak kelas I di SD negeri pokoh I Ngemplak, Sleman, D.I Yogyakarta. Jurnal Medika Respati 11 (4), 40-42.

Sari, A. O. (2016). Pengaruh Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Belajar Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiah Tuan Sokalangu Gabus Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi.

Siregar, N. R. (2018). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Diakses dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193.




DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.22353

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=