PERANAN MEWARNAI MANDALA DALAM MENURUNKAN KECEMASAN MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Abstrak
Mahasiswa yang mengalami kecemasan mengerjakan skripsi merasa tidak mampu mengerjakan skripsi, khawatir tidak menguasai tema penelitian, perasaan tidak tenang ketika sulit menemukan literatur. Mahasiswa yang tidak mampu mengatasi kecemasan akan memilih untuk menunda hingga meninggalkan pengerjaan skripsi. Kecemasan mengerjakan skripsi mahasiswa tergolong tinggi, sehingga dibutuhkan suatu metode untuk menangani kecemasan. Salah satu metode penanganan kecemasan adalah dengan mewarnai mandala. Pola mandala yang terstruktur dapat memberi efek meditasi yang menenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan metode mewarnai mandala dalam menurunkan kecemasan pada mahasiswa Fakultas Psikologi di Universitas Negeri Makassar yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest one group with follow up. Mewarnai mandala dilaksanakan selama empat hari (masing-masing 45 menit). Partisipan berjumlah delapan orang yaitu mahasiswa yang memiliki skor pretest berkategori tinggi dan sangat tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala (rxy = 0,5549-0,909), koefisien alpha = 0,924) yang disusun oleh Lovibond & Lovibond (1995). Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pada saat pretest vs. posttest (MD = 50,37), pretest vs. follow up (MD = 24,745), posttest vs. Follow up (MD = 17,81). Uji Friedman menunjukkan skor p = 0,001, sehingga terdapat perbedaan skor kecemasan yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pemberian metode mewarnai mandala yang dilakukan dapat menurunkan kecemasan mengerjakan skripsi yang dialami mahasiswa FPSI UNM.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amaliyah, K. A., & Palia, S. (2015). Efektivitas rational emotive behavioral training terhadap penurunan kecemasan menyusun skripsi mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 7(2), 143- 157.
Anderson, K. (2017). Effects of coloring mandalas on state-anxiety reduction with a focus on big-five personality traits. (Thesis). New London: Connectiant College.
Andri., & Dewi, P. Y. (2014). Teori kecemasan berdasarkan psikoanalisis klasik dan berbagai mekanisme pertahanan terhadap kecemasan. Maj Kedokt Indon, 57(7), 233-238.
Babin, S. E. (2013). Color theory: The effects of color in medical environments. (Thesis). Honors College of The University of Southern Mississippi.
Curry, N. A., & Kasser, T. (2005). Can mandallas reduce anxiety?. Journal of The American Art Theraphy Assocation, 22(-), 81-85.
Deasyanti & Nuruzdah, M. (2017). Orientasi tujuan menyusun skripsi dan kecemasan dalam menulis skripsi. Jurnal Ilmu Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 102-105.
Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan emosional dan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108-115.
Fincher, S. F. (2000). Coloring mandalas: For insigh, healing, and self-expression. Boston: Shambala Publication.
Harms, D. (2011) Geometry of the mandala. Jung Journal: Culture & Psyche, 5(2), 84-101.
Henderson, P., Rosen, D., & Mascaro, N. (2007). Empirical study on the healing nature of mandalas. Psychology of Aesthetics, Creativity, and The Arts, 1(3), 148-154.
Listanto, V., & Demak, I. P. K. (2015). Kecemasan pada mahasiswa angkatan 2010 yang mengerjakan tugas akhir program studi pendidikan dokter FKIK UNTAD tahun 2010. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 2(1), 40-49.
Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the depression anxiety stress scales (dass) with the beck depression and anxiety inventories. Journal Behavior Research Theory, 33 (3), 335-343.
Moss, R. (2007). The mandala of being: Discovering the power of awareness. Novato: New World Library.
Pisarik, C. T., & Larson, K. R. (2011). Facilitating college students’ authenticity and psychological well-being through the use of mandalas: An empirical study. Journal of Humanistic Counseling, 50(1), 84-98.
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi eksperimen. Jakarta: Indeks
Situmorang, D. D. B. (2017). Efektivitas pemberian layanan intervensi music therapy untuk mereduksi academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(1), 4-8.
Situmorang, D. D. B., Mulawarman, Wibowo, M. E. (2018). Perbandingan efektivitas konseling kelompok CBT dengan passive vs active music therapy untuk mereduksi academic anxiety. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 1(2), 143-152.
Vennet, R. V. D., & Serice, S. (2012). Can coloring mandalas reduce anxiety? A replication study art therapy. Journal of The American Art Therapy Association, 29(2), 87-92.
Videbeck, S. L. (2011). Psychiatric-mental health nursing. 5Th Ed. Netherlands: Wolters Kluwer.
Amaliyah, K. A., & Palia, S. (2015). Efektivitas rational emotive behavioral training terhadap penurunan kecemasan menyusun skripsi mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 7(2), 143- 157.
Anderson, K. (2017). Effects of coloring mandalas on state-anxiety reduction with a focus on big-five personality traits. (Thesis). New London: Connectiant College.
Andri., & Dewi, P. Y. (2014). Teori kecemasan berdasarkan psikoanalisis klasik dan berbagai mekanisme pertahanan terhadap kecemasan. Maj Kedokt Indon, 57(7), 233-238.
Babin, S. E. (2013). Color theory: The effects of color in medical environments. (Thesis). Honors College of The University of Southern Mississippi.
Curry, N. A., & Kasser, T. (2005). Can mandallas reduce anxiety?. Journal of The American Art Theraphy Assocation, 22(-), 81-85.
Deasyanti & Nuruzdah, M. (2017). Orientasi tujuan menyusun skripsi dan kecemasan dalam menulis skripsi. Jurnal Ilmu Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 102-105.
Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan emosional dan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108-115.
Fincher, S. F. (2000). Coloring mandalas: For insigh, healing, and self-expression. Boston: Shambala Publication.
Harms, D. (2011) Geometry of the mandala. Jung Journal: Culture & Psyche, 5(2), 84-101.
Henderson, P., Rosen, D., & Mascaro, N. (2007). Empirical study on the healing nature of mandalas. Psychology of Aesthetics, Creativity, and The Arts, 1(3), 148-154.
Listanto, V., & Demak, I. P. K. (2015). Kecemasan pada mahasiswa angkatan 2010 yang mengerjakan tugas akhir program studi pendidikan dokter FKIK UNTAD tahun 2010. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 2(1), 40-49.
Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the depression anxiety stress scales (dass) with the beck depression and anxiety inventories. Journal Behavior Research Theory, 33 (3), 335-343.
Moss, R. (2007). The mandala of being: Discovering the power of awareness. Novato: New World Library.
Pisarik, C. T., & Larson, K. R. (2011). Facilitating college students’ authenticity and psychological well-being through the use of mandalas: An empirical study. Journal of Humanistic Counseling, 50(1), 84-98.
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi eksperimen. Jakarta: Indeks
Situmorang, D. D. B. (2017). Efektivitas pemberian layanan intervensi music therapy untuk mereduksi academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(1), 4-8.
Situmorang, D. D. B., Mulawarman, Wibowo, M. E. (2018). Perbandingan efektivitas konseling kelompok CBT dengan passive vs active music therapy untuk mereduksi academic anxiety. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 1(2), 143-152.
Vennet, R. V. D., & Serice, S. (2012). Can coloring mandalas reduce anxiety? A replication study art therapy. Journal of The American Art Therapy Association, 29(2), 87-92.
Videbeck, S. L. (2011). Psychiatric-mental health nursing. 5Th Ed. Netherlands: Wolters Kluwer.
Amaliyah, K. A., & Palia, S. (2015). Efektivitas rational emotive behavioral training terhadap penurunan kecemasan menyusun skripsi mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 7(2), 143- 157.
Anderson, K. (2017). Effects of coloring mandalas on state-anxiety reduction with a focus on big-five personality traits. (Thesis). New London: Connectiant College.
Andri., & Dewi, P. Y. (2014). Teori kecemasan berdasarkan psikoanalisis klasik dan berbagai mekanisme pertahanan terhadap kecemasan. Maj Kedokt Indon, 57(7), 233-238.
Babin, S. E. (2013). Color theory: The effects of color in medical environments. (Thesis). Honors College of The University of Southern Mississippi.
Curry, N. A., & Kasser, T. (2005). Can mandallas reduce anxiety?. Journal of The American Art Theraphy Assocation, 22(-), 81-85.
Deasyanti & Nuruzdah, M. (2017). Orientasi tujuan menyusun skripsi dan kecemasan dalam menulis skripsi. Jurnal Ilmu Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 102-105.
Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan emosional dan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108-115.
Fincher, S. F. (2000). Coloring mandalas: For insigh, healing, and self-expression. Boston: Shambala Publication.
Harms, D. (2011) Geometry of the mandala. Jung Journal: Culture & Psyche, 5(2), 84-101.
Henderson, P., Rosen, D., & Mascaro, N. (2007). Empirical study on the healing nature of mandalas. Psychology of Aesthetics, Creativity, and The Arts, 1(3), 148-154.
Listanto, V., & Demak, I. P. K. (2015). Kecemasan pada mahasiswa angkatan 2010 yang mengerjakan tugas akhir program studi pendidikan dokter FKIK UNTAD tahun 2010. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 2(1), 40-49.
Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the depression anxiety stress scales (dass) with the beck depression and anxiety inventories. Journal Behavior Research Theory, 33 (3), 335-343.
Moss, R. (2007). The mandala of being: Discovering the power of awareness. Novato: New World Library.
Pisarik, C. T., & Larson, K. R. (2011). Facilitating college students’ authenticity and psychological well-being through the use of mandalas: An empirical study. Journal of Humanistic Counseling, 50(1), 84-98.
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi eksperimen. Jakarta: Indeks
Situmorang, D. D. B. (2017). Efektivitas pemberian layanan intervensi music therapy untuk mereduksi academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(1), 4-8.
Situmorang, D. D. B., Mulawarman, Wibowo, M. E. (2018). Perbandingan efektivitas konseling kelompok CBT dengan passive vs active music therapy untuk mereduksi academic anxiety. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 1(2), 143-152.
Vennet, R. V. D., & Serice, S. (2012). Can coloring mandalas reduce anxiety? A replication study art therapy. Journal of The American Art Therapy Association, 29(2), 87-92.
Videbeck, S. L. (2011). Psychiatric-mental health nursing. 5Th Ed. Netherlands: Wolters Kluwer.
Amaliyah, K. A., & Palia, S. (2015). Efektivitas rational emotive behavioral training terhadap penurunan kecemasan menyusun skripsi mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 7(2), 143- 157.
Anderson, K. (2017). Effects of coloring mandalas on state-anxiety reduction with a focus on big-five personality traits. (Thesis). New London: Connectiant College.
Andri., & Dewi, P. Y. (2014). Teori kecemasan berdasarkan psikoanalisis klasik dan berbagai mekanisme pertahanan terhadap kecemasan. Maj Kedokt Indon, 57(7), 233-238.
Babin, S. E. (2013). Color theory: The effects of color in medical environments. (Thesis). Honors College of The University of Southern Mississippi.
Curry, N. A., & Kasser, T. (2005). Can mandallas reduce anxiety?. Journal of The American Art Theraphy Assocation, 22(-), 81-85.
Deasyanti & Nuruzdah, M. (2017). Orientasi tujuan menyusun skripsi dan kecemasan dalam menulis skripsi. Jurnal Ilmu Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 102-105.
Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan emosional dan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108-115.
Fincher, S. F. (2000). Coloring mandalas: For insigh, healing, and self-expression. Boston: Shambala Publication.
Harms, D. (2011) Geometry of the mandala. Jung Journal: Culture & Psyche, 5(2), 84-101.
Henderson, P., Rosen, D., & Mascaro, N. (2007). Empirical study on the healing nature of mandalas. Psychology of Aesthetics, Creativity, and The Arts, 1(3), 148-154.
Listanto, V., & Demak, I. P. K. (2015). Kecemasan pada mahasiswa angkatan 2010 yang mengerjakan tugas akhir program studi pendidikan dokter FKIK UNTAD tahun 2010. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 2(1), 40-49.
Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the depression anxiety stress scales (dass) with the beck depression and anxiety inventories. Journal Behavior Research Theory, 33 (3), 335-343.
Moss, R. (2007). The mandala of being: Discovering the power of awareness. Novato: New World Library.
Pisarik, C. T., & Larson, K. R. (2011). Facilitating college students’ authenticity and psychological well-being through the use of mandalas: An empirical study. Journal of Humanistic Counseling, 50(1), 84-98.
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi eksperimen. Jakarta: Indeks
Situmorang, D. D. B. (2017). Efektivitas pemberian layanan intervensi music therapy untuk mereduksi academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(1), 4-8.
Situmorang, D. D. B., Mulawarman, Wibowo, M. E. (2018). Perbandingan efektivitas konseling kelompok CBT dengan passive vs active music therapy untuk mereduksi academic anxiety. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 1(2), 143-152.
Vennet, R. V. D., & Serice, S. (2012). Can coloring mandalas reduce anxiety? A replication study art therapy. Journal of The American Art Therapy Association, 29(2), 87-92.
Videbeck, S. L. (2011). Psychiatric-mental health nursing. 5Th Ed. Netherlands: Wolters Kluwer.
DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i2.27765
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terideks di: