DAMPAK LITERASI BHAGAVAD-GῑTĀ TERHADAP RESILIENSI DAN STRATEGI KOPING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI BALI

Ni Kadek Surpi, Ni Luh Arick Istriyanti

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi Bhagavad-gῑtā terhadap resiliensi dan kemampuan strategi koping. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner berbentuk skala Likert. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Kriteria subjek penelitian adalah sudah memiliki pengalaman membaca Bhagavad-gῑtā minimal 1 tahun dan berusia 20-55 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan resiliensi subjek dalam penelitian ini adalah ConnorDavidson Resilience Scale 10 (CD-RISC 10). Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan antara frekuensi dan motif dalam membaca Bhagavad-gῑtā terhadap resiliensi dan kemampuan strategi koping yang tepat bagi para pembaca kitab suci ini. Untuk mengetahui strategi koping, peneliti menggunakan skala berdasarkan aspek problem-focused coping dan emotion-focused coping dengan nilai reliabilitas sebesar 0.6. Uji hipotesis menggunakan analisis kovarian atau ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif dan frekuensi dalam membaca Bhagavad-gῑtā secara bersamaan berperan terhadap resiliensi. Kemampuan resiliensi dipengaruhi sebesar 41.5% oleh motif (keinginan dari dalam diri sendiri untuk membaca) dan frekuensi membaca Bhagavad-gῑtā. Selain itu, strategi koping juga bernilai signifikan bagi para pembaca Bhagavad-gῑtā. Resiliensi dan strategi koping secara bersamaan memiliki peran besar bagi individu untuk bertahan dan mencari jalan keluar di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19. 


Kata Kunci


Bhagavad-gῑtā, Bali, pandemi Covid-19, resiliensi, strategi koping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryadharma, N. K. S. (2019). Vedānta & Metode Pemahaman Filsafat Hindu. Paramita.

Bulajić, A., Despotović, M., & Lachmann, T. (2019). Understanding functional illiteracy from a policy, adult education, and cognition point of view: Towards a joint referent framework. Zeitschrift Für Neuropsychologie, 30(2), 109–122. https://doi.org/10.1024/1016-264x/a000255

Cambridge Assessment. (2013). What is literacy? An investigation into definitions of English as a subject and the relationship between English, literacy and ‘being literate’ A Research Report Commissioned by Cambridge Assessment. In Cambridge Assessment (Issue January). http://www.cambridgeassessment.org.uk/images/130433-what-is-literacy-an-investigation-into-definitions-of-english-as-a-subject-and-the-relationship-between-english-literacy-and-being-literate-.pdf Retrieved on November 14, 2016

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2). https://doi.org/10.1002/da.10113

Dabas, P., & Singh, A. (2018). Bhagavad Gita teachings and positive psychology: Efficacy for semi-urban Indian students of NCR. Cogent Psychology, 5(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2018.1467255

Gunawan, I. (2016). Pengantar statistika inferensial. PT. Raja Grafindo Persada.

Hendriani, W. (2018). Resiliensi Psikologi. Prenadamedia Group.

KadekSurpi, N. (2021). Hindu Literacy: The Basic Concept of Education and the Literacy Patter in Upanisads. KnE Social Sciences, 2021, 86–96. https://doi.org/10.18502/kss.v5i7.9323

Kalra, A., Michos, E. D., & Chinnaiyan, K. M. (2020). COVID-19 and the healthcare workers Lessons from the Bhagavad Gita (the ‘Lord’s Song’) from India during these difficult times. European Heart Journal (2020) 00, 1–2. https://doi.org/10.1093/eurheartj/ehaa489

Pande, N., & Naidu, R. K. (1992). Anāsakti and Health: A Study of Non-attachment. Psychology & Developing Societies, 4(1). https://doi.org/10.1177/097133369200400106

Sharma, A. (1997). Sankara on the Sthitaprajna. Nidan, 49–53.

Surpi, N. K. (2019a). Ketuhanan Vaiṣṇava dan Pemaknaannya oleh Warga Bhujangga Waisnawa Di Bali. Disertasi Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Denpasar.

Surpi, N. K. (2019b). Moral Politik Dan Merosotnya Kualitas Peradaban Manusia. In I. N. Y. Segara (Ed.), Politik Hindu Sejarah, Moral dan Proyeksinya (I, p. 58).

Surpi, N. K. (2020). Virus dan Upaya Penganganannya dalam Literatur Veda (Refleksi Pengetahuan Veda Guna Membangun Resiliensi PadaPandemik Global Covid-19). In I. A. G. Wulandari (Ed.), COVID-19: Perspektif Susastra dan Filsafat (2nd ed., Vol. 2). Yayasan Kita Menulis.

Surpi, N. K., & Purwadi, I. K. D. A. (2021). Konsep dasar literasi dalam upani ṣ ad sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 7.

Tilak, L. B. G. (1924). Sri Bhagavad Gita Rahasya or Karma Yoga Sastra Volume 1. Tilak Bros.

Warrier, A. G. K. (1983). Śrīmad Bhagavad Gītā Bhāṣya of Śrī Śaṅkarācārya. Sri Ramakrishna Math.

https://en.unesco.org/themes/education/




DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v6i3.36250

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=