PERAN ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP ACADEMIC ADJUSTMENT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM MBKM

Resti Arsanti, Fitriani Yustikasari Lubis, Surya Cahyadi

Abstrak


Mahasiswa tahun pertama seringkali dihadapkan dengan berbagai perubahan, salah satunya tuntutan akademik. Beberapa tahun terakhir, kebijakan MBKM mulai direalisasikan oleh seluruh perguruan tinggi, sehingga mahasiswa baru akan mengalami perubahan yang berbeda dengan mahasiswa sebelumnya Oleh karenanya, penyesuaian diri yang memadai dalam menghadapi tuntutan dan kebutuhan akademik diperlukan agar proses pembelajaran tetap dapat berjalan dengan optimal. Salah satu aspek yang mendorong pengembangan penyesuaian akademik pada mahasiswa adalah keyakinan mereka akan kemampuan dalam menghadapi tantangan akademik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran academic self-efficacy terhadap academic adjustment pada mahasiswa tahun pertama di program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Partisipan merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2021 yang ditentukan dengan secara acak dengan proses simple random sampling (N=109). Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian noneksperimental. Pengukuran menggunakan alat ukur penyesuaian akademik yang dikembangkan berdasarkan konsep academic adjustment menurut Schneider (1964) dan alat ukur academic adjustment oleh Budiman et al. (2017). Analisis uji korelasi Pearson dan regresi linear berganda dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil menunjukan bahwa academic self-efficacy secara signifikan berperan terhadap academic adjustment pada mahasiswa tahun pertama program MBKM Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mahasiswa mencapai penyesuaian akademik di antaranya adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan keyakinan yang kuat terhadap potensi diri, komitmen untuk menyelesaikan tugas serta pandangan positif kemampuan dalam bertindak secara efektif.

Kata Kunci


academic adjustment; academic-self-efficacy; mahasiswa tahun pertama; Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalu, M. N., & Njoku, J. N. (2019). Academic self-efficacy, satisfaction and academic adjustment of undergraduates in University of Calabar, Cross River State. International Journal of Pedagogy, Policy and ICT in Education, 7, 1–19.

Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 31, (2), 179–189. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.2.179

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84, (2), 191–215. doi:10.1037/0033-295x.84.2.191

Budiman, A., Rosa, E. M., & Afandi, M. (2017). Cross cultural adaptation: Kuesioner Strategi Motivasi Belajar (MSLQ) Subskala Efikasi Diri dalam Belajar dan Mengerjakan Tugas versi Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan, V, (2).

Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (1st ed.). (2020). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Bong, M. (1997). Generality of academic self-efficacy judgments: Evidence of hierarchical relations. Journal of Educational Psychology, 89, (4), 696–709. https://doi.org/10.1037/0022-0663.89.4.696

Chung, H. H., Elias, M., & Schneider, K. (1998). Patterns of individual adjustment changes during middle school transition. Journal of School Psychology, 36, (1), 83–101. https://doi.org/10.1016/S0022-4405(97)00051-4

Christensen, L. B. (2007). Experimental Methodology. Pearson.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2021). Kampus Merdeka. Kampus Merdeka. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Fomidia, O. R. (2020). peran academic self-efficacy terhadap kematangan karir pada siswa sma di Jatinangor. Skripsi. Repository Universitas Padjadjaran.

Ghufron, M. N. (2018). Penyesuaian akademik tahun pertama ditinjau dari efikasi diri mahasiswa. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 1, (1), 1–16. https://doi.org/10.21043/konseling.v1i1.3860

Harianja, T. R. (2021). Peran self-regulated learning terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2020. Skripsi. Repository Universitas Padjadjaran.

Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan self-efficacy dengan penyesuaian diri terhadap perguruan tinggi pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, 3, (3), 172-178

Mudhovozi, P. (2012). Social and academic adjustment of first-year university students. Journal of Social Sciences, 33, (2), 251–259. https://doi.org/10.1080/09718923.2012.11893103

Pintrich, P. R.., Smith, D. A., Gracia, T., & McKeachie, W. J. (1991). A Manual for the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). ERIC. https://eric.ed.gov/?id=ED338122

Rahmayati, T. E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri. Analitika, 5, (2), 43–49. https://doi.org/10.31289/analitika.v5i2.784

Rozali, Y. A. (2015). Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa UEU Jakarta. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 13, (02). https://www.neliti.com/publications/126455/hubungan-efikasi-diri-akademik-dan-dukungan-sosial-orangtua-dengan-penyesuaian-d#cite

Sachitra, V., & Bandara, U. (2017). Measuring the academic self-efficacy of undergraduates: The role of gender and academic year experience. 11, (11), 6. doi.org/10.5281/zenodo.1132491

Sadoughi, M. (2018). The relationship between academic self-efficacy, academic resilience, academic adjustment, and academic performance among medical students. Education Strategies in Medical Sciences, 11, (2), 7–14. https://doi.org/10.29252/edcbmj.11.02.02

Salsabil, A. (2016). Hubungan antara Kualitas Persahabatan dengan Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Angkatan 2014 dan 2015. Skripsi. Repository Universitas Padjadjaran.

Schneiders, A. A. (1964). Personal adjustment and mental health. Rinehart and Company.

Sharma, H., & Nasa, G. (2014). Academic self-efficacy: A reliable predictor of educational performances British Journal of Education (2054-6351), 2, 57–64.

Smith, J. S., & Wertlieb, E. C. (2005). Do first-year college students’ expectations align with their first-year experiences? NASPA Journal, 42, (2), 153–174. https://doi.org/10.2202/1949-6605.1470

Santrock, J. (2017). A Topical Approach to Lifespan Development (9th ed.). McGraw-Hill Education.

Wijaya, I. P. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1, (1), Article 1. https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14

Zuckerman, M., Li, C., & Hall, J. A. (2016). When men and women differ in self esteem and when they don’t: A meta-analysis. Journal of Research in Personality, 64, 34–51. http://dx.doi.org/10.1016/j.jrp.2016.07.007




DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v6i3.38432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=