Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Problem Solving dalam Menurunkan Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi di Universitas Negeri Makassar

Novriana Luthfia Ramadhana, Ahmad Ridfah, Ismalandari Ismail

Abstrak


Mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi memiliki perasaan cemas yang diakibatkan oleh faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat menghambat pengerjaan skripsi serta memengaruhi aspek fisik dan psikis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas konseling kelompok dengan teknik problem solving dalam menurunkan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi di Universitas Negeri Makassar (FPSI UNM). Penelitian ini menggunakan metode true experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Konseling kelompok dilakukan selama tiga minggu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah sepuluh orang yang dibagi ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah Zung Self-Rating Anxiety Scale. Analisis data menggunakan uji Mann- Whitney U menunjukan nilai α sebesar .008. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon pada kelompok kontrol menunjukkan nilai α sebesar .043. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik problem solving dapat menurunkan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir FPSI UNM. Implikasi dari penelitian ini konseling kelompok dengan teknik problem solving dapat dilakukan pula di universitas lain sebagai upaya untuk mengurangi kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir.


Kata Kunci


kecemasan, konseling kelompok, problem solving

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i3.50749

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=