Adaptasi dan Validasi Alat Ukur SAI (Social Awareness Inventory) di Indonesia Menggunakan CFA

Aya Oqi Rahmawati, Mohammad Nursalim Malay, Citra Wahyuni

Abstrak


Kesadaran sosial merujuk pada kemampuan individu untuk memahami dan merespons isu-isu sosial yang ada di sekitarnya, serta berkontribusi dalam menciptakan perubahan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan memvalidasi alat ukur Social Awareness Inventory (SAI) dalam konteks budaya Indonesia menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Proses adaptasi melibatkan penerjemahan, sintesis, uji coba, serta validasi oleh para ahli. Uji reliabilitas dengan alpha Cronbach dan McDonald's omega menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan nilai masing-masing .923 dan .922 menandakan alat ini konsisten dalam mengukur kesadaran sosial. Hasil CFA menunjukkan bahwa model pengukuran yang dimodifikasi memenuhi syarat validitas model berdasarkan rentang nilai loading faktor masing-masing item sebesar .333 sampai dengan .682. Sedangkan untuk standar CFA yaitu dengan hasil CFI = .994, TLI = .990, RMSEA = .011, dan SRMR = .034 menunjukkan model sesuai standar kecocokan. Alat ukur ini terbukti valid dan reliabel untuk mengukur kesadaran sosial pada Generasi Z di Indonesia, yang mencakup tiga dimensi utama: Tacit Awareness, Focal Awareness, dan Content Awareness. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika kesadaran sosial, khususnya pada Generasi Z, alat ukur ini valid serta dapat menjadi dasar bagi penelitian selanjutnya.


Kata Kunci


kesadaran sosial, Generasi Z, validasi, CFA, alat ukur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959.

Amalia, E. (2019). Good governance for zakat institutions in Indonesia: A Confirmatory factor analysis.

Azwar, S. (2022). Reliabilitas dan validitas: Edisi 4.

Baral, S. P., Prasad, P., & Raghuvamshi, G. (2022). Mental Health Awareness And Generation Gap. Indian Journal of Psychiatry, 64(Suppl 3), S636.

Beaton, D. E., Bombardier, C., Guillemin, F., & Ferraz, M. B. (2000). Guidelines for the Process of Cross-Cultural Adaptation of Self-Report Measures. Acta Odontologica Scandinavica, 57(4), 225–230. https://doi.org/10.1080/000163599428823

Bonniga, R., & Saraswathi, D. A. B. (2020). Literature review of cronbachalphacoefficient and mcdonald’s omega coefficient. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(06).

Brown, J. D. (2002). The Cronbach alpha reliability estimate. JALT Testing & Evaluation SIG Newsletter, 6(1).

Brown, T. A., & Moore, M. T. (2012). Confirmatory factor analysis. Handbook of structural equation modeling. Retrieved September, 18, 2018.

Duriana Wijaya, Y., Psi, M., Puskesmas, P., Baru, K., & Dki, J. (2019). Kesehatan Mental di Indonesia : Kini dan Nanti. Buletin Jagaddhita, 1(1), 1–4.

Fitri, F. I., Lage, C., Mollayeva, T., Santamaria-Garcia, H., Chan, M., Cominetti, M. R., Daria, T., Fallon, G., Gately, D., & Gichu, M. (2023). Empathy as a crucial skill in disrupting disparities in global brain health. Frontiers in Neurology, 14, 1189143.

Grant, J., Rich., Kelly, & O’Donnell. (2023). Global Mental Health. Psychology.

Hambleton, R. K., Merenda, P. F., & Spielberger, C. D. (2005). Adapting Educational and Psychological Tests for Cross-Cultural Assessment.

Joseph F. Hair, William C. Black, Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis Eighth edition. https://doi.org/10.5117/2006.019.003.007

Lestari, Y. I. (2021). Dinamika Relasi Orang Tua Dan Remaja Sebagai Upaya Prediksi Outcomes Pembentukan Karakter. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(2), 71. https://doi.org/10.24014/pib.v2i2.11373

Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(12), 41–50.

McCoach, D. B., Gable, R. K., & Madura, J. P. (2013). Instrument development in the affective domain (Vol. 10). Springer.

Nikoukar, R., Regoli, L., Halford, A. J., Zettergren, M. D., Dialynas, K., & Filwett, R. (2023). Raising awareness on mental health in the heliophysics community. Frontiers in Physics, 11. https://doi.org/10.3389/fphy.2023.1237166

Novianty, A., & Cuwandayani, L. (2021). Studi Literatur Kesehatan Mental dan Budaya. Community Psychology, 2019(December), 21.

Panggalo, I. S., Arta, S. K., Qarimah, S. N., Adha, M. R. F., Laksono, R.

D., Aini, K., Kirana, S. A. C., & Judijanto, L. (2024). Kesehatan Mental. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Purwono, U., & Warni Endahing, W. (2024). Statistika dan Pengukuran Psikologi (S. Azwar, Ed.; 1st ed.). Pustaka Belajar.

Rudianto, Z. N. (2022). Pengaruh Literasi Kesehatan Terhadap

Kesadaran Kesehatan Mental Generasi Z Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 57. https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2843

Safitri, D. (2024). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kesadaran Sosial Pada Siswa. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Septianingsih, R., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Peningkatan Kesadaran Sosial Siswa Melalui Integrasi Pembelajaran Ips Dalam Mengatasi Masalah Sosial. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(4), 84–94.

Sheldon, K. (1996). Sheldon1996.

Siti Habibah, Ignatius Okta Tricahya Frannes, Nina Fitriani Pujianahum,

Nina Perunaziah, Syabina Zidna Fathna, Alvi Resti Agustian, & Hilmy

Adya Laksana. (2024). Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental dan Self Awareness Masyarakat. Ekspresi : Publikasi Kegiatan Pengabdian Indonesia, 1(3), 23–39. https://doi.org/10.62383/ekspresi.v1i3.224

Umar, J., & Nisa, Y. F. (2020). Uji Validitas Konstruk dengan CFA dan Pelaporannya. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i2.16964

Utami, G., & Arfensia, D. S. (2024). Adaptasi Binge-Watching Engagement Scale Questionnaire (BWESQ) Dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 13(2), 94–110. https://doi.org/10.21009/JPPP.132.03

van de Vijver, F., & Tanzer, N. K. (2004). Bias and equivalence in cross-cultural assessment: an overview. European Review of Applied Psychology, 54(2), 119–135. https://doi.org/10.1016/j.erap.2003.12.004

Zulfa, A., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 65. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.6267




DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v9i2.61192

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terideks di:


width= width=  width= width=  width=