Persepsi Khalayak Terhadap Radio Komunitas Kampus 107.8 Mandalla FM
Abstract
Radio komunitas hadir sebagai bagian dari pemerataan kebutuhan informasi sejalan dengan demokrasi yang semakin tumbuh. Radio Mandalla 107.8 FM, adalah radio komunitas kampus yang dikelola oleh kampus untuk memenuhi kebutuhan kampus dalam penyebaran informasi. Uniknya radio komunitas ini mengklaim sebagai radio dakwah, yaitu menyebarkan informasi yang bertemakan Islam. Penilitian ini ingin mengetahui persepsi khalayak terhadap Radio Mandalla, dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan khalayaknya. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner kepada responden berjumlah 41 orang dengan menggunakan teknik berdasarkan tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari 50% khalayak memberi nilai cukup tinggi kepada Radio Mandalla karena kebutuhan dan kepuasan mereka terhadapat informasi yang diberikan media tersebut terpenuhi. Khalayak menggunakan Radio Mandalla sebagai media untuk mencari informasi, sebagai media interaksi, dan penguatan eksistensi kelompok minoritas dalam masyarakat. Selain itu, Radio Mandalla merupakan salah satu media komunitas yang masih menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, yakni dari, oleh, untuk komunitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, D. R., Santosa, H. P., Nugroho, A., & Lailiyah, N. (2016). Pengaruh Strategi Program Siaran dan Kompetensi Komunikasi Penyiar terhadap Minat Mendengarkan Radio 90,2 Trax FM Semarang. Interaksi Online, 4(1).
Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2010). Komunikasi Massa:Suatu Pengantar (Edisi Revi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Blumler, J. G. (1979). The role of theory in uses and gratifications studies. Communication Research, 6(1), 9–36. https://doi.org/10.1177/009365027900600102
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. In Kencana. https://doi.org/10.1002/jcc.21776
Gazali, E. (2002). Penyiaran Alternatif tapi Mutlak: Sebuah Acuan tentang Penyiaran Publik dan Komunitas (E. Gazali, Ed.). Jakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI.
Haryanto, I., & Ramdojo, J. J. (2009). Dinamika Radio Komunitas (H. Suranto, Ed.). Jakarta: Kerja sama Lembaga Studi Pers dan Pembangunan [dengan] Yayasan Tifa.
Issetiabudi, D. E. (2012). Motivasi Penyiar Bekerja di Radio Komunitas (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Penyiar Bekerja di Radio Komunitas Balai Budaya Minomartani 107.9 FM). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Profesional. Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa (6th ed.). Salemba Humanika.
Nasution, F. (2012). Radio Komunitas Sebagai Media Dakwah. Hikmah, VI(1), 43–55.
Pendit, P. L. (2003). Penelitian ilmu perpustakaan dan informasi: suatu pengantar diskusi epistemologi dan metodologi. Jakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan-Fakultas Sastra, Universitas Indonesia (JIP-FSUI).
Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rachmiatie, A. (2007). Radio Komunitas: Eskalasi Demokratitasi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rakhmat, J. (2014). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh dan Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Romli, A. S. M. (2009). Dasar-dasar Siaran Radio: Basic Announcing. Bandung: Nuansa.
Sjuchro, D. W. (2017). Pelaksanaan Regulasi Penyiaran di Daerah, Studi Di Sepuluh Provinsi. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1). https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.12226
Sjuchro, D. W. (2018). Gelombang Demokrasi di Langit Katapang; Radio Komunitas dan Good Governance: Sebuah Praktik Civil Society (Cet. 1). Yogyakarta: Titah Surga.
Susilo, E. A. (2016). Mengoptimalkan peran radio komunitas sebagai ruang publik dan media interaksi komunikasi pemangku kepentingan. Journal of Nomosleca, 2(1).
Tanta, I., Mihovilović, M., & Sablić, Z. (2014). Uses and Gratification Theory – Why Adolescents Use Facebook ? Medijska Istraživanja, 20(2), 85–110.
Wahyudi, J. B. (1996). Dasar-dasar Jurnalistik Radio dan Televisi (1st ed.). Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkj.v3i1.22451
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kajian Jurnalisme

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kajian Jurnalisme Indexed by:
Editorial Office of Kajian Jurnalisme:
Journalism Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran
Building 3 2nd Floor, Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Jatinangor, Sumedang Regency, West Java 45363
Email: kajian.jurnalisme.fikom@unpad.ac.id
Telepon: (022) 7796954
Faks: (022) 7794122
Kajian Jurnalisme Supervised by: