KEPUASAN PELANGGAN LABORATORIUM GENETIKA MOLEKULER FAKULTAS KEDOKTERAN UNPAD
Abstrak
Laboratorium Genetika Molekuler FK UNPAD merupakan laboratorium yang didalamnya banyak melakukan penelitian ilmiah terutama dibidang molekuler. Kepuasan pelanggan menjadi target yang penting untuk peningkatan kualitas laboratorium. Untuk itu survey kepuasan pelanggan sangatlah diperlukan untuk mengevaluasi kinerja laboratorium. Metode Important-Performance Analysis yang di rumuskan oleh John A Martila dan John C James dapat digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada pelanggan Laboratorium Genetika Molekuler FK Unpad. Hasil yang didapat adalah ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan pengujian dan ketepatan waktu penerimaan laporan menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan dalam peningkatan kualitas pelayanan lab. Kesimpulan penelitian ini, tingkat kepuasan pelanggan Lab Genetika Molekuler secara keseluruhan berada di tingkat sangat puas dilihat dari hasil kesesuaian antara harapan dan kenyataan yaitu 91.2%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cambridge Dictionary. 2018. Laboratory. Diakses dari https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/laboratory.
Disney Institut. 2018. Quality Service. Diakses dari https://disneyinstitute.com/courses/quality-service/.
Hall, Karyn. 2017. The Importance of Kindness, Being kind can strengthen your relationships and sense of satisfaction in life. Diakses dari https://www.psychologytoday.com/intl/blog/pieces-mind/201712/the-importance-kindness.
Kaye, David. 1995. The importance of information. Management Decision, Vol. 33 Issue: 5, pp.5-12, https://doi.org/10.1108/EUM0000000003897
Komite Akreditasi Nasional. 2014. Guideline ISO 15189: 2012: Laboratorium Medik- Persyaratan Mutu dan Kompetensi. Diakses dari www.kan.go.id.
Kotler, Phillip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin L.K. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta : Indeks.
National Business Research Institute. 2018. Measuring And Managing Consultation. NBRI. Diakses dari https://www.nbrii.com/customer-survey-white-papers/measuring-and-managing-customer-satisfaction/.
Sianipar, F.R. 2007. Kepuasan Pelanggan Internal. Indonesian Journal of Clinical Pathology and Medical Laboratory, Vol. 2
DOI: https://doi.org/10.24198/kandaga.v1i1.20739
DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/kandaga.v1i1.20739.g11725
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal ini Terindeks di:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PENERBIT
Unpad Press, Direktorat Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Universitas Padjadjaran





