Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Telo Ungu Di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Gunung Kawi Kabupaten Malang

Farida Nur Kumala, Muhammad Nur Hudha, Sudi Dul Aji

Abstrak


Tujuan program kemitraan masyrakat ini adalah melakukan pelatihan pemasaran produk olahan telo ungu di desa Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Sebelumnya telah dilakukan pelatihan tentang pengolahan dan produksi telo ungu menjadi beberapa produk diantaranya brownies, bakpia dan stik Telo ungu.  Namun dari kegiatan tersebut terdapat kendala yakni pemasaran yang masih bersifat sederhan dan dalam lingkup yang sempit. Metode yang digunakan pada kegiatan kemitraan pada masyarakat ini dilakukan melalui tiga tahapan yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program. Program kemitraan pada masyarakat ini diikuti oleh 20 orang warga desa Wonosari Kecematan Wonosari Kabupaten Malang. Pelatihan dilakukan melalui pemasaran secara online dan offline. Hasil pelatihan didapatkan program pemasaran secara online dan offline. Pemasaran secara online dilakukan melalui media social seperti Instragram, Facebook dan Whatsapp.


Kata Kunci


Gunung Kawi; Pelatihan; Pemasaran; Telo Ungu; Wonosari.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


APJII. (2019). Laporan survey PENETRASI & PROFIL PERILAKU PENGGUNA INTERNET INDONESIA Survey 2018. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Polling Indonesia.

Febriani. (2013). Sistem pemasaran dan nilai tambah produk olahan ubi jalar . Skripsi Universitas Yogyakarta.

Hafsah, M.J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop Nomor 25 Tahun XX.

Hidayat, M., W. (2016). 3 Media Sosial Favorit Pengguna Internet Indonesia. Diakses http://tekno.liputan6. com/read/2634027/3-mediasosial-favorit-penggunainternet-indonesia.

Jaidan Jauhari. (2010). UPAYA PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN MEMANFAATKAN E-COMMERCE. 2(1), 159–168.

Maryanti, S. (2017). Manajemen Usaha Kecil. Sleman: Deepublish.

Moerdiyanto. (2009). Diktat Manajemen pemasaran. Yogyakarta: UNY.

Munir, M. (2006). Peran usaha kecil dan menengah ( ukm ) dalam penciptaan lapangan kerja baru. 120–127.

Kuncoro, Mudrajad, 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008. [Online] http://www.mudrajad.com/upload/Tujuh%20 Tantangan% 20UKM%20di%20Tengah%20Krisis%20Global.pdf

Kurniawan, Didi. (2009). Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia [Online] http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/ mengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm/.

Kotler P. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Jakarta (ID): PT Prenhalindo

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen Pemasaran. In Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Retrieved from file:///C:/Users/TIKA/Downloads/keil amstrong.pdf

Rina Erviyati. (2013). PENDAMPINGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN GYPSUM DI DESA VOKASI GESING, KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG SKRIPSI.

Sulistyadi, K., & Kurniasari, I. R. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE ICE CREAM Abstrak. VII(1), 90–101.

Sulistyo. (2010). PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DENGAN BASIS EKONOMI KERAKYATAN DI KABUPATEN MALANG. Ekonomi Modernisasi Fakultas Ekonomi – Universitas Kanjuruhan Malang, 6(1), 58–73.

Supardi, Julian. (2009). Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2.

Sripo. (2010). 38.044 UKM Serap 163.830 Tenaga Kerja. Harian Umum Sriwijaya Post Tanggal 15 April 2010

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172

Winarto, H. (2011). Strategi pemasaran. MAJALAH ILMIAH EKONOMIKA, 14(3), 124–128.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i1.23533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)