Pelaksanaan Assertiveness Training Pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Bandung

Mutiara Ayu Lestari, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


Jumlah Kasus Anak berhadapan dengan Hukum (ABH) setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Pada Tahun 2018, tercatat ada sebanyak 1434 kasus pengaduan Anak Berhadapan dengan Hukum yang diterima oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Terdapat berbagai faktor yang berkontribusi sebagai penyebab terjadinya kasus Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH). Faktor yang paling mendominasi peningkatan anak berhadapan dengan hukum adalah pengaruh dari teman dan pergaulan. Teknik Assertiveness Training diterapkan sebagai upaya pencegahan peningkatan kasus Anak Berhadapan dengan Hukum melalui pemberian pemahaman kepada para anak didik (ANDIK) di LPKA Bandung mengenai penerapan perilaku asertif dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para ANDIK dapat memahami dampak dari 3 sikap dalam assertiveness training yaitu aggressive, non assertive dan assertive. Hal ini dilakukan karena sangat penting bagi seorang individu untuk menerapkan perilaku asertif dalam aktivitas sehari-hari terutama ketika seorang individu berada di dalam lingkungan masyarakat. Assertiveness Training dilakukan sebagai salah satu rangkaian praktikum Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran dan juga bentuk pengabdian mahasiswa kepada para generasi penerus bangsa. Teknik Assertiveness Training dilakukan melalui metode Social Group Work bersama para ANDIK LPKA Bandung.

 

The cases of children dealing with the law (ABH) continues to increase every year. In 2018, there were 1434 cases of Children dealing with the Law that were received by the Indonesian Child Protection Commission (KPAI). Various factors contributed as a cause of Children dealing with the Law (ABH), the most dominant factor that increased the case of children dealing with the law is the influence of friends and relationships. Assertiveness Training Technique is applied as an effort to prevent the increase of cases of Children dealing with the Law through providing understanding in LPKA Bandung regarding the application of assertive behavior in their daily lives. The purpose of this activity is that the Children can understand the impacts of 3 attitudes in assertiveness training, namely aggressive, non-assertive and assertive. This is done because an individual needs to implement assertive behavior in daily activities, especially when an individual is in a community. The Assertiveness Training is conducted as a series of social welfare programs by Padjadjaran University Social Welfare Students and also a form of devotion to the next generation of the nation. The Assertiveness Training technique is carried out through the Social Group Work method alongside the ANDIK LPKA Bandung.


Kata Kunci


Anak Berhadapan dengan hukum, LPKA, Assertiveness Training

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assertiveness Tarining. (n.d.). Retrieved from http://www.abct.org/docs/factsheets/ASSERTIVENESS.pdf

Halim, D. (2019, January 8). Kasus Anak Berhadapan dengan Hukum Tertinggi, didominasi Kejahatan Seksual. Kompas.com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2019/01/08/19381211/kasus-anak-berhadapan-dengan-hukum-tertinggi-didominasi-kejahatan-seksual

Herlina. (2013). Bibliotheraphy: Mengatasi Masalah Anak dan Remaja melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Hurlock, E.B. (1990). Developmental Psychology: A Lifespan Approach (Terjemah oleh Istiwidayanti). Jakarta : Erlangga Gunarsa.

Krori, Smita Deb. (2011). Developmental Psychology, dalam Homeopathic Journal Volume: 4, Issue: 3, Jan, 2011. Retrieved: http://www.homeorizon.com/homeopathic-articles/psychology/developmental-psychology

Ramadhani, W. S. (n.d.). Social Group Work. Retrieved from https://www.academia.edu/26053150/SOCIAL_GROUP_WORK

Robbani, D. (n.d.). 8-METODE SOCIAL GROUP WORK. Retrieved from https://www.academia.edu/33342899/8-METODE_SOCIAL_GROUP_WORK.ppt

S, L. M. (2017). Penerapan Metode Pekerja Sosial Dalam Penanganan Anak Berhadapan Hukum Oleh Upt Pelayanan Anak Dan Remaja Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/66710

Sarwono, S. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Taftazani, B. M. (2019). Assertiveness Training. Presentasi Perkuliahan (tidak dipublikasikan).

Wibowo, H. (2017). Praktik Bekerja Bersama Kelompok Untuk Penguatan Program Pelatihan Dan Pengembangan. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/share/article/view/13823/6631

Y., & Ernis, Y. (2016). Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Retrieved from http://sipkumham.balitbangham.go.id/assets/img/dokumenpenelitian/PTL20171109015102016_A20.pdf

Yusuf, S. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.23655

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)