EDUKASI ANAK BINAAN SANGGAR WARINGIN TENTANG BULLYING MELALUI PENYULUHAN DENGAN METODE SOSIODRAMA

Achmad Faidz Mufidi, Tiara Salsabilla, Muthia Fadhila Khairunnisa, Galuh Hanesty Gunawan, Hery Wibowo

Abstrak


Sanggar Waringin merupakan rumah singgah bagi anak jalanan di lingkungan rentan dekat Stasiun Bandung. Penelitian research and development ini bertujuan untuk melakukan uji coba metode sosiodrama yang dapat digunakan dalam mengedukasi anak yang membutuhkan perlindungan khusus tentang bullying. Metode sosiodrama digunakan berdasarkan Social Learning Theory yang menyatakan bahwa perkembangan perilaku manusia terbentuk berdasarkan apa yang mereka alami di kehidupan. Sampel yang digunakan adalah 15 anak binaan Sanggar Waringin dengan rentang umur 5-13 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosiodrama dapat menjadi salah satu metode yang digunakan untuk memberikan penyuluhan kepada anak-anak, dengan catatan perlu ada visualisasi terlebih dahulu agar anak dapat lebih paham tentang materi yang diberikan.



Sanggar Waringin is a place for street children that are in a vulnerable environment near Bandung Station. This research aims to test the sociodrama method that can be used for educating children in need of special protection about bullying. Sociodrama is used based on the Social Learning Theory which states that the development of human behavior is formed based on their life experiences. 15 children in Sanggar Waringin around the ages of 5-13 years old were used as the sample. The results of this study indicates that sociodrama can be used as one of the methods that provide counseling to children, but there is a visualization needed in advance so the children can understand the material well.

 


Kata Kunci


Social Learning Theory; Bullying

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almaliah, N. (2016). Studi Deskriptif Children Well Being Pada Anak Jalanan Di Rumah Sanggar Waringin Bandung.

Kartono, K. (1979). Psikhologi Anak. Bandung: Alumni Bandung.

Kellerman, P. F. (2007). Sociodrama and Collective Trauma. London: Jessica Kingsley Publishers.

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1).

Miller, P. H. (1993). Theories of Developmental Psychology. New York: W. H. Freeman and Company.

Novalia, R. (2016, September 23). Dampak Bullying terhadap Kondisi Psikososial Anak di Perkampungan Sosial Pingit. Diperoleh dari Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: http://digilib.uin-suka.ac.id/22057/

Pemerintah Indonesia. 2002. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Lembaran RI Tahun 2002 Nomor 109. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulfianti, D. (2013). Proses bimbingan belajar anak terlantar dalam merubah perilaku: Penelitian di lembaga rumah perlindungan anak Wahana Karya Bakti Pertiwi Jl. Stasiun Selatan No. 29 Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.24565

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)