PENGEMBANGAN PEMASARAN BORDIR DAN KELOM GEULIS TASIKMALAYA MELALUI MEDIA SOSIAL

Santi Susanti, Wahyu Gunawan, Sukaesih Sukaesih

Abstrak


Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini berjudul “Pelatihan Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom geulis Tasikmalaya”. Kegiatan ini merupakan terintegrasi dengan Riset Fundamental Unpad (RFU) lanjutan tahun 2019. Pemilihan judul PPM kali ini dilatarbelakangi oleh meluasnya pangsa pasar bagi para pelaku ekonomi kreatif seiring berkembangnya penggunaan media sosial dari semula sebagai media komunikasi menjadi media pemasaran produk barang dan jasa. Ini merupakan peluang bagi pelaku usaha bordir dan kelom geulis di Kota Tasikmalaya untuk meluaskan pemasarannya ke skala nasional hingga internasional. Bahkan, bukan tidak mungkin, melebarkan pasarnya hingga skala ekspor. Adanya kegiatan PPM ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat pelaku usaha bordir maupun kelom geulis di Kota Tasikmalaya untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai media pemasaran dalam memperluas pasar dan meningkatkan omset yang diperoleh. Kegiatan PPM ini diselenggarakan pada 30 Juli 2019 di Rumah Kreatif BRI di Jalan Siliwangi 51, Kota Tasikmalaya, dengan peserta pelaku usaha bordir dan kelom geulis di Kota Tasikmalaya. Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tasikmalaya dan Dosen STMIK DCI, Kota Tasikmalaya. Hasil evaluasi terhadap para peserta pelatihan menunjukkan adanya manfaat yang diperoleh peserta dari materi yang disampaikan narasumber, baik  yang  berkaitan  langsung  maupun tidak berkaitan langsung dengan  media sosial. Walaupun setelah mengikuti pelatihan tersebut, peserta belum mempraktikkan materi yang diberikan, setidaknya pelatihan membuka wawasan peserta mengenai metode pemasaran yang bisa dilakukan selain pemasaran offline yang biasa dilakukan. Para peserta berharap, ke depannya, pelatihan lebih banyak menghadirkan para praktisi, agar materi pelatihan bisa diarahkan pada materi praktis, lebih kekinian, dan waktunya diperpanjang.

 

The title of our Community Service (PPM) activity is "Training on Marketing Development of Embroidery and Kelom geulis Tasikmalaya". This activity is integrated with Riset Fundamental Unpad (RFU) in 2019. The title is motivated by the expanding market share for a creative economic entrepreneur in line with the development of social media usage as a media marketing products and services. This is an opportunity for embroidery and kelom geulis entrepreneurs IN Tasikmalaya City to expand their marketing to a national and international scale. The existence of PPM activities is expected to foster the enthusiasm of embroidery and kelom geulis entrepreneurs in Tasikmalaya City to optimize the use of social media as a marketing medium in expanding markets and increasing turnover obtained. The PPM activity was held on July 30, 2019, at BRI's Creative House on Jalan Siliwangi 51, Tasikmalaya City. The participants are embroidery and kelom geulis entrepreneurs in Tasikmalaya City. We present the speakers from Tasikmalaya City Chamber of Commerce and Industry (Kadin) and STMIK DCI Lecturer, Tasikmalaya City. We use the lecture method and sharing experiences in marketing products through online media to motivate and strengthen SMEs in the City of Tasikmalaya to use available social media to expand the product marketing. The results showed that the presentation material brings benefits for the participants, the benefits are directly or indirectly are related to social media. Even after participating in the training, the participants did not practice the material provided, at least the training opened the participants' insights into marketing methods that could be carried out other than the usual offline marketing. The participants hoped, in the future, the training would bring more practitioners, so that the training materials could be directed to practical, more contemporary, and extended time.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53. (1). p. 61.

Ardianto, E. (2011). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Darusman, Yus. 2016. Kearifan Lokal Kerajinan Bordir Tasikmalaya Sebagai Ekonomi Kreatif Terbuka Untuk Modern. Journal of Nonformal Education 2 (2) (2016)

Davis, J.R. and Adelaide, B. (1998). Effective Training Strategies. San Fransisco Barret-Kochler Publishing, inc.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008

Kamil, M. (2007). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi) Bandung: Alfabeta.

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. 2019. "Separuh Penduduk Indonesia Sudah ‘Melek’" Media Sosial", https://tekno.kompas.com/read/2019/02/04/19140037/separuh-penduduk-indonesia-sudah-melek-media-sosial. 4 Februari 2019. Diakses 10/12/2019.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.25256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)