Meningkatkan Literasi Siswa Desa Sukodono Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Melalui Revitalisasi Perpustakaan Desa

Bramantyo Tri Asmoro, Devy Kumala Sari

Abstrak


ABSTRACT

The rapid development in information technology have a postivie and negative impact. One of the negative impact is resulting in student’s low literacy. The Indonesian Government through the Ministry of Education and Culture issued Permendikbud Regulation No. 23 of 2015, which requires students to read books for 15 minutes before lessons begin with the aim of increasing student literacy. The effort to increase student literacy was also carried out by the Sukodono Village Government by creating a Village Library. The Village Library is managed by Youth Organization, but onits journey, Youth Organization is not optimal in managing it, so that the Village Library has not functioned properly. Community service activities were carried out in Sukodono Village, Dampit District, Malang Regency to increase students's interest in reading by revitalizing village libraries, namely adding library collections, involving stakeholders in library activities and promotion through singing and literary contest. Community service activities involve Youth Organization as the administrator of Village Library and schools at Sukodono Village, with the aim of creating sustainability towards efforts to increase student literacy.

 

ABSTRAK

Salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi yang pesat adalah rendahnya minat baca siswa. Pemerintah melalui Kemendibud mengeluarkan aturan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015, yang mewajibkan siswa membaca buku selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai dengan tujuan untuk meningkatkan literasi siswa. Upaya peningkatan literasi siswa juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukodono dengan membuat Perpustakaan Desa. Perpustakaan Desa dikelola oleh Karang Taruna, namun dalam perjalanannya Karang Taruna tidak maksimal dalam mengelola sehingga perpustakaan desa belum berfungsi sebagaimana mestinya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang untuk meningkatkan minat baca siswa dengan melakukan revitalisasi perpustakaan desa, yaitu penambahan koleksi pustaka, melibatkan stakeholder dalam kegiatan dan promosi perpustakaan melalui lomba. Kegiatan pengabdian melibatkan Karang Taruna sebagai pengelola perpustakaan desa dan sekolah dengan tujuan untuk menciptakan keberlanjutan terhadap upaya peningkatan literasi siswa.                


Kata Kunci


literasi, perpustakaan desa, karang taruna, literacy, village library, youth organization

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Echols, J.M., & Shadily, H. (1992). Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media. diakses pada 19 September 2019

Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2 (2), 70-81.

Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi pada Materi Bilangan bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (2), 228–240.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015

Peraturan Menteri Sosial Nomor 77/HUK/2010

Puspita, G.A., & Irwansyah. (2018). Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2 (1), 13-20.

Soeatminah. (1992). Perpustakaan, Kepustakaan dan Pustakawan. Yogyakarta: Karnisius

Solihah, R. 2020. Perencanaan Partisipatif Dalam Program Citarum Harum Di Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3, No.1, April 2020, Hal 29-47. DOI:http://10.24198/kumawula.31i1.24860

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007

Widianingsih, I. 2020. Strategi Peningkatan Penyadaran Isu Lingkungan Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Ular Tangga: Kontribusi Unpad Untuk Program Citarum Harum. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3, No.1, April 2020, Hal 116-128. DOI:http://10.24198/kumawula.v3i1.24598

Widuri, N.R. (2016). Revitalisasi Peran Perpustakaan Umum bagi Masyarakat. Jurnal Pustaka Ilmiah. 2 (1), 109-115.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.27560

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)