PELATIHAN KONSEP DIRI REMAJA PUTRI UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN TENTANG STANDAR KECANTIKAN
Abstrak
Standar kecantikan merupakan fenomena yang dikonstruksikan secara sosial di masyarakat. Dari masa kemasa standarisasi tentang kecantikan ini terus berevolusi dan semakin sulit untuk orang mendefinisikan standar cantik itu sendiri, Berdasarkan hal tersebut, masih banyak masyarakat yang masih bingung atau ragu maupun rancu dengan standar ini. Kebingungan ini, khususnya terjadi pada remaja putri yang masih membangun konsep dirinya. Ketidaksiapan konsep diri indivdu atas sebuah standar kecantikan dapat berakibat pada ketidakpercayaan diri, sehingga diperlukan kiranya sebuah program yang dapat membantu remaja putri agar dapat membangun kepercayaan dirinya atas standar kecantikan yang dimiliki setiap masing-masing orang. Salah satu programnya yaitu mengikuti suatu pelatihan, pelatihan konsep diri remaja putri tentang standar kecantikan ini menggunakan metode penelitian action research yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang beauty standard serta pentingnya konsep diri yang baik atas insecurity di setiap individu. Metode action research ini diaktualisasikan melalui webinar di platform Whatsapp group dengan 80an orang peserta yang mayoritas remaja perempuan. Pelaksanaan webinar ini, menghasilkan sejumlah manfaat bagi peserta, hal ini terlihat dari tanggapan peserta yang menyatakan bahwa dirinya menjadi lebih paham dan percaya diri dengan tampilannya sendiri karena peserta telah memahami bahwa tidak ada standar kecantikan yang baku, dan definisi dari sebuah kecantikan bersifat subjektif. Kecantikan tidak serta merta penampilan fisik saja namun ada hal lain yang menjadikan seorang individu menjadi menarik bagi orang lain baik itu karena kepribadian, kebiasaan, maupun perilaku.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dzulkarnain, D. R. (2016). KONSTRUKSI KECANTIKAN DI KALANGAN WANITA KARIER (DI KECAMATAN LAMONGAN, KABUPATEN LAMONGAN). Jurnal Universitas Trunojoyo Madura, 1-16.
Kasali, R. (2018). The Great Shifting. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Lall, M., & Sharma, S. (2009). Personal Growth and Traning Development. New Delhi: Excel Book.
Raditya, O. N. (2013). KONSTRUKSI “PEREMPUAN CANTIK” DI KALANGAN SISWI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1-7.
Raharjo, R. S. (2019). Pola Asuh Orangtua dan Konsep Diri Anak Didik LPKA Bandung. Jurnal Pekerjaan Sosial Unpad, 1-13.
Santoso, M. A. (2019). Pelaksanaan Assertiveness Training Pada Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) di LPKA Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kumawula, 1-13.
Anggraini, R. (2017). Konsep Diri Pada Konsumen Klinik Kecantikan. Jurnal UMS, 1-19.
Casmini. (2015). Implikasi Pemaknaan "Cantik" Terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Mahasiswa. Jurnal UIN Sunan Kalijaga, 1-19.
Puput Tripeni. J. (2019, Februari 22). Dilema Beaty 4.0, saat Standar Cantik Ada di Tangan Netizen. Retrieved from CNN Indonesia: m.cnnindonesia.com
Megenal Beauty 4.0: Tren kecantikan Yang Ikuti Revolusi Industri 4.0. Retrieved from IDN TIMES: www.idntimes.com
Handoyo, F. M. (2015). Konstruksi Sosial Masyarakat Terhadap Penderita Kusta. Jurnal Mahasiswa UNESA, 1-7.
Meisianti, D. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi Bidang Kecantikan Industri 4.0. EJournal, 69-72.
Mu’awwanah, U. (2017). Perilaku Insecure Pada Anak Usia Dini. Jurnal UIN Banten, 1-12.
Murdjito, G. (2012). Metode Penelitian Pengabdian pada Masyarakat. Slideshare, 1-5.
Nasution, Z., Jati, A. K. N., & Setia, S. (2019). PELATIHAN ETIKA BERBAHASA BAGI SISWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Sukardani, A. B. (2018). Representasi Konsep Kecantikan Perempuan di Era Millenials Melalui Beauty Influencer pada Media Sosial Instagram. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1-4.
Sumartini, T. S. (2015). Mengembangkan Self Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. Jurnal Pendidikan Matematika, 48-57.
Wolf, N. (1990). The Beauty Myth: How Images of Beauty Are Used Against Women. New York: HarperCollins Publishers.
Worotitjan, H. G. (2014). Konstruksi Kecantikan Dalam Iklan Kosmetik Wardah. Jurnal E-Komunikasi, 1-10.
Yan Yan, K. B. (2014). The Globalization of Beauty: How is Ideal Beauty Influenced by Globally Published Fashion and Beauty Magazines?. Journal of Intercultural Communication Research, 194–214.
Yaumi, Muhammad & Damopoli, Muljono. 2014. Action Research: Teori, Model dan Aplikasi Penerbit Kencana Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28134
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: