DINAMIKA LEMBAGA PELAYANAN SOSIAL DALAM MEMBERIKAN LAYANAN DI TENGAH PANDEMI

Gina Sonia, Rudi Saprudin Darwis

Abstrak


AbstrakPandemi menyebabkan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah dalam cara berinteraksi dengan orang lain. Kebijakan mengenai social distancing mengharuskan adanya berbagai perubahan dan penyesuaian agar kehidupan dapat terus berjalan termasuk organisasi pelayanan sosial. Meskipun dalam situasi pandemi, pelayanan harus tetap dilakukan mengingat situasi pandemi menyebabkan adanya kelompok-kelompok rentan seperti andik-andik di LPKA dan remaja-remaja marjinal yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dan tidak dapat mengakses sistem sumber selama pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan atau Action Research yang dilakukan melalui pengkajian suatu permasalahan atau fenomena dalam ruang lingkup yang terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat dengan subjek penelitian Mitra Citra Remaja (MCR) yang merupakan Youth Center yang menjadi bagian dalam pelayanan sosial di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). Pengkajian ini dilakukan dalam konteks pengorganisasian (organizing) berbagai elemen yang ada di dalam satu struktur kerelawanan dalam rangka penggalangan dana dan kampanye sosial. 

Kata Kunci


pandemi, pelayanan sosial, pengorganisasian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiansah, W., Mulyana, N., & Fedryansyah, M. (2016). Potensi Crowdfunding Di Indonesia Dalam Praktik Pekerjaan Sosial. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13655

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Lestari, M. A., & Santoso, M. B. (2019). Pelaksanaan Assertiveness Training Pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Bandung. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 104–116. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.23566

Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). How China sees America. Foreign Affairs, 91(5), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Raharjo, S. T. (2002). Manajemen Relawan Pada Organisasi Pelayanan Sosial. Sosiohumaniora, 4(3), 150–173.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Tangdilintin, P. (2015). Mengenal Masalah Sosial. 1–49.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28348

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)