PERANCANGAN MUTU BIOBRIKET MENGGUNAKAN TOOLS VALUE PROPOSITION CANVAS

Wibawa Pradana, Dwi Purnomo, Anas Bunyamin

Abstrak


Biobriket menjadi salah satu produk yang dapat dihasilkan dari pemanfaatan kayu kaliandra dan limbah teh. Biobriket berbahan dasar kayu dan limbah teh ini merupakan hal baru, karena umumnya biobriket dibuat dari tempurung kelapa. Market testing diperlukan untuk mengetahui respon konsumen terhadap mutu dari biobriket yang dihasilkan. Respon konsumen nantinya digunakan untuk melakukan perancangan mutu biobriket agar dapat diterima konsumen dan memperluas pasar biobriket. Penelitian ini dilakukan menggunakan tools value proposition canvas dalam melakukan analisis respon konsumen untuk selanjutnya  menjadi acuan dalam pembuatan biobriket.


Kata Kunci


Biobriket, Value Proposition, Market Testing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fifield, P. (2007). Marketing Strategy Masterclass :Making Marketing Strategy Happen. Butterwort Heinemann.

Goetsch, L., D., & Davis, S. B. (2000). The Total Quality Approach to Quality Management (3rd ed). Prentice Hall.

Gray, D. (2017). Gamestorming.

Russel, R. S., & Taylor, B. W. (1996). Production and Operatons Management: Focusing on Quality and Competitiveness . (III (ed.)). Prentice Hall Inc.

Stucki, K. (2017). The Ultimate Guide to Customer Journey Mapping. www.clarabridge.com

Zulu, F. B. I., & Rachmawati, A. (2011). PEMBUATAN BIOBRIKET DARI BLOTONG SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF. D3 Teknik Kimia FTI-ITS, 2923698.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)