KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI - KWT DESA CINUNUK KABUPATEN BANDUNG

Teguh Husodo, Keukeu Kaniawati Rosada, Mia Miranti, Nining Ratningsih, Suryana Suryana

Abstrak


Usaha Mikro dan Kecil Menengah merupakan usaha masyarakat untuk memberdayakan dirinya dengan tujuan menciptakan peluang usaha mandiri yang mengandalkan kemampuan dan kreativitas dalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Namun demikian, upaya yang dilakukan membutuhkan dukungan berbagai aspek kewirausahaan agar menambah wawasan mengenai proses pembuatan dan manfaat dari produk-produk yang digunakan dan dihasilkan. Sebanyak tujuh dari tiga puluh usaha mikro dan kecil menengah Desa Cinunuk yang terbagi kedalam enam katagori telah dianalisis menggunakan sembilan indikator dari metode business model canvas. Selain itu, menetapkan satu usaha mikro dan kecil menengah yang dikembangkan sebagai usaha yang potensial tidak hanya dari aspek ekonomi namun juga pemberdayaan masyarakat. Pemanfaatan lahan sempit milik warga, kemudahaan dalam produksi dengan konsep urban farming dianggap mampu menjadi ikon usaha dari Desa Cinunuk. Potensi kelompok wanita tani Desa Cinunuk akan mampu menjadi usaha mikro dan kecil menengah yang maju melalui dukungan peningkatan kewirausahaan seperti kelengkapan perizinan, uji farmakologi dan sertifikasi.

Kata Kunci


Cinunuk Village; Entrepreneurship; Urban Farming

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, D. 2019. 9 Elemen yang Harus Ada dalam Bisnis Model Kanvas. Retrieved from https://www.jurnal.id/id/blog/2018-memahami-tentang-bisnis-model-kanvas/., Ddiakses 30 Juni 2020.

Imayanti, R. A., Rochmah, Z., Aisyah, S. N., Alfaris, M. R. 2019. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengolahan Bunga Telang di Desa Panggreh Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2019) Universitas Widyagama Malam. ISSN: 2622-1284.

Malik, A. and dan Mulyono, S. E. 2017. Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 1(1) 87–101.

Osterwalder, A. and Pigneur, Y. 2012. Business Model Generation. Elex Media Komputindo. Jakarta. A. (2012)

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181

Sukidjo. 2012. Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Indonesia. Jurnal Economia. 8(1) 33–41.

Supriyanto. (2006). PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3(1). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/download/627/490

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Widiawati, K. 2019. Penerapan Digital Marketing sebagai Pendukung Sociopreneur Teh Bunga Telang (Butterfly Pea Tea). Jurnal Administrasi Kantor, Vol. 7, No. 2: 215-224. P-ISSN: 2337-6694 E-ISSN: 2527-9769.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.30856

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)