PELATIHAN BERIKLAN DI FACEBOOK (FB ADS) DI PONDOK MODERN AZ ZAHRA AL GONTORY SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Argiyan Dwi Pritama, Irfan Rifai Aziz

Abstrak


Pada era digital saat ini banyak sekali kegitan promosi yang beralih menggunakan internet, salah satunya adalah promosi beralih menggunakan media sosial. Meskipun media sosial awalnya diciptakan untuk membantu berkomunikasi dan bertemu dengan banyak orang, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa kepada semua pengguna media sosial lain yang tersebar di seluruh dunia. Promosi menggunakan platform media sosial ini selain banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis, baik yang personal maupun perusahaan, lembaga-lembaga atau instansi-instansi juga banyak yang menggunakan sebagai media promosinya. Pondok Modern Az Zahra Al Gontory yang terletak di Gunung Tugel, Purwokerto awalnya merupakan sebuah pondok modern salaf atau tradisional, kemudian pada tahun ini, pengurus Pondok Modern Az Zahra Al Gontory telah sepakat untuk mengubah pondok modern salaf atau tradisional ke lembaga pendidikan dengan menerapkan pola dan sistem pembelajaran yang ada di pondok menjadi KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah) dengan menerapkan sistem dan pola pembelajaran Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Oleh karena itu dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan program pondok yang baru ini perlunya memperluas penyebaran informasi dengan beriklan, salah satu media beriklan yang ekonomis namun tetap efisien adalah dengan media sosial Facebook (FB Ads) melalui pelatihan yang disampaikan menggunakan metode demonstrasi dan presentasi. Diharapkan ke depannya dengan pelatihan ini dapat lebih mengenalkan program-program dan mempromosikan pendaftaran santri dan santriwati di Pondok Modern Az Zahra Al Gontory ke masyarakat luas pada tahun ajaran baru sehingga dapat meningkatkan jumlah santri dan santriwati untuk belajar lebih dalam mengenai agama islam melalui pendidikan di Pondok Modern Az Zahra Al Gontory.


Kata Kunci


Ads; Facebook; Pondok Modern Az Zahra Al Gontory; Promosi; Media sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Araújo, M., Mejova, Y., Weber, I., & Benevenuto, F. (2017). Using Facebook Ads audiences for global lifestyle disease surveillance: Promises and limitations. WebSci 2017 - Proceedings of the 2017 ACM Web Science Conference, 253–257. https://doi.org/10.1145/3091478.3091513

Arbi, F., & Dewi, S. I. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Kamera Indonesia Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 69–74.

Digital 2020 - We Are Social. (n.d.).

Herliani, L. (2015). ANALISIS PEMANFAATAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI ANGGOTA BUSAM ( BUBUHAN SAMARINDA ) Perumusan Masalah. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(4), 212–224.

Kusuma, D. A. (2020). Peningkatan Penjualan Dandang Menggunakan Metode Viral Marketing di Desa Cileunyi Kulon. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.26267

Silva, M., Santos De Oliveira, L., Andreou, A., Vaz De Melo, P. O., Goga, O., & Benevenuto, F. (2020). Facebook Ads Monitor: An Independent Auditing System for Political Ads on Facebook. The Web Conference 2020 - Proceedings of the World Wide Web Conference, WWW 2020, 224–234. https://doi.org/10.1145/3366423.3380109

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.30980

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)