PELATIHAN TATA KELOLA PARIWISATA DENGAN PENDEKATAN CHSE BAGI PELAKU PERHOTELAN DI KOTA MEDAN

Agustinus Denny, Liyushiana Liyushiana, Joy Feri Ando Sinaga, Jekson Jekson, Ika Wulandani

Abstrak


Pelatihan tata kelola pariwisata dengan pendekatan CHSE (cleanliness, health, safety and environment sustainability) diharapkan mampu memberikan solusi bagi pelaku perhotelan agar dapat mengimplementasikan standar kesehatan dan keamanan yang direkomendasikan pemerintah pada sektor akomodasi dan perhotelan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat berupa pelatihan ini adalah classroom method dan field study. Classroom method digunakan untuk memperkenalkan teori dasar terkait perkembangan pariwisata dan prinsip dasar CHSE pada industri perhotelan, sedangkan teknik field study dilakukan dengan mengajak peserta pelatihan berkunjung ke Roemah 28 yang merupakan salah satu fasilitas akomodasi ternama di Kota Medan. Tujuan pelaksanaan field study ini adalah sebagai ajang praktik implementasi CHSE secara langsung di lapangan. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan antusiasme peserta pelatihan untuk mengimplementasikan CHSE di lapangan. Kedepannya, diperlukan juga adanya kegiatan follow up, berupa monitoring sejauh mana peserta pelatihan sudah menerapkan CHSE dan apa saja kendala yang ditemui.

Kata Kunci


Pelatihan; Hotel; CHSE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggarini, D. T. (2021). Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19. Jurnal Pariwisata, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.31294/par.v8i1.9809

Azizah, N. (2020). Wellness Tourism Bakal Jadi Tren Baru Usai Pandemi.

Bascha, U. F., Witaningrum, A. M., Sumardiko, D. S., & Reindrawati, D. Y. (2021). People’s Intention to Visit Tourist Destinations during the Covid-19 Pandemic in Surabaya. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 5(1), 60. https://doi.org/10.20473/tijab.v5.i1.2021.60-70

Dalimunthe, F. I., Masatip, A., Liyushiana, & Rosari, D. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Keramik Belawan sebagai Daya Tarik Wisata Belanja di Kota Medan. Tourism Scientific Journal, 5(2), 172–182.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Hotel (Juli 2020). Jakarta.

Lawrenche, F., Wulandari, N., Ramadhan, N., Rahayu, F., Bakhtiar, M. A., & Nurrachmawati, A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Ikatan Remaja Masjid RT.04 Loa Kulu. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 429–434. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28007

Liyushiana, Anggreni, C., Yanti, D., Nainggolan, H. C., Dalimunthe, F. I., Wulan, R. D., … Sumardi. (2020). Pengantar Pariwisata dan Perhotelan (Ngatemin, Ed.). Medan: Madenatera.

Liyushiana, & Denny, A. (2020). Penentuan Satuan Kawasan Wisata Wellness Tourism di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. In P. Rizkiya (Ed.), Seminar Nasional ASPI (Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia) 2020 (pp. 268–275). Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Liyushiana, & Sianipar, C. (2017). Pengelolaan Koridor Jalan Ahmad Yani Sebagai Daya Tarik Wisata Pusaka. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(2), 45–59.

Soehardi, S., Permatasari, D. A., & Sihite, J. (2020). Pengaruh Pandemik Covid-19 Terhadap Pendapatan Tempat Wisata dan Kinerja Karyawan Pariwisata di Jakarta. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.216

Yunita, D., & Sekarningrum, B. (2020). INTEGRASI POTENSI WIRAUSAHA DALAM MEWUJUDKAN CITAMAN SEBAGAI DESA WISATA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 389–397. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.27149




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32624

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)