PENGGUNAAN APLIKASI PEMBUKUAN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM BANGUNJIWO BANTUL

Firman Mansir, Siti Fatimah

Abstrak


Perkembangan teknologi sudah jauh berkembang pesat sehingga perlu direspon dengan cepat agar tidak tertinggal jauh. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan sosialisasi kepada UMKM tentang pentingnya penggunaan teknologi digital elektronik di zaman ini, hal itu mendominasi untuk membantu hampir semua kegiatan masyarakat sehari-hari, begitu pula untuk para pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat meningkatkan usahanya dengan memanfaatkan penggunaan teknologi melalui platform yang disebut sebagai media sosial. Adapun metode yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, ceramah dan diskusi, serta demonstrasi dan praktek. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa di era pandemi yang membatasi interaksi dan ruang gerak manusia, digital marketing dan media sosial dapat dimanfaatkan para pemilik usaha untuk memasarkan dan mengiklankan produk, mendapatkan informasi, juga berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus bertemu langsung. Implikasinya adalah kemajuan teknologi juga menjadi faktor utama kehadiran aplikasi-aplikasi yang sangat membantu untuk digunakan sehari-hari termasuk aplikasi pembukuan atau pencatatan keuangan.


Kata Kunci


UMKM, Media Sosial, Digital Marketing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeni, I. N., Thomas, P., & Nuryana, I. (2020). PENGUATAN MINDSET EKONOMI MELALUI PENGELOLAAN POTENSI ALAM PRODUK KOLANG KALING DESA PAKIS, KENDAL, JAWA TENGAH. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 515-524.

Endyana, C. (2019). Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup Dengan Pengembangan Ekonomi Kreatif Warga Desa Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 201-210.

Fedryansyah, M., Pancasilawan, R., & Zaenudin, M. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI WILAYAH DALAM PERSPEKTIF KEWIRAUSAHAAN DI DESA KADAKAJAYA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 533-538.

Herdiansah, A. G. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DENGAN PRINSIP PENTA HELIX DI DESA MARGAMEKAR KABUPATEN SUMEDANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 539-547.

Lawrenche, F., Wulandari, N., Ramadhan, N., Rahayu, F., Bakhtiar, M. A., & Nurrachmawati, A. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA IKATAN REMAJA MASJID RT. 04 LOA KULU. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 429-434.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., ... & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8-14.

Purnamasari, H., & Ramdani, R. (2020). SOSIALISASI MANAJEMEN KINERJA TENAGA KESEJAHTERAAN KECAMATAN DALAM PENANGGULANGAN MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KECAMATAN KARAWANG BARAT. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 500-506.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jibeka ,11(2), 46 – 53.

Kaplan, A,M., & Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, Vol. 53 No. 1, pp. 59-68

Pick, T. (2013). 101 vital social media and digital marketing statistics for the rest of 2013. Retrieved Februari 25 , 2021, from www.business2community.com/socialmedia/101-vital-social-media-anddigitalmarketing-statistics-for-the-rest-of-201305738

Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi . Jakarta: Rajawali Pers.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.

Sakir, S., Astuti, L., & Ishak, A. (2021). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU PROFIL DESA SINGOYUDAN, MIRIT, KEBUMEN BERBASIS SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI ONLINE (SISKON). Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Smith, N. W. (2011). The power and business risks of social media. The social media management handbook: everything you need to know to get social media working in your business. New Jersey: John Wiley & Sons, Hoboken.

Srirejeki, K. (2016). ANALYSIS OF THE USE OF SOCIAL MEDIA TO EMPOWER SMALL MICRO MEDIUM ENTERPRISE (SMEs). Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi , 7, 59.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Sukoco, I., & Fordian, D. (2019). PELATIHAN DASAR DAN WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN DI DESA CINTARATU KABUPATEN PANGANDARAN. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 281-287.

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81-92.

Yunita, D., & Sekarningrum, B. (2020). INTEGRASI POTENSI WIRAUSAHA DALAM MEWUJUDKAN CITAMAN SEBAGAI DESA WISATA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 387-397.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)