OPTIMALISASI PERAN HUMAS PEMERINTAH DALAM MENCIPTAKAN HUBUNGAN DIALOGIS ANTARA PEMERINTAH DENGAN MASYARAKAT PADA KABUPATEN LEBAK

Rizkiya Ayu Maulida

Abstrak


Reformasi pemerintahan di Indonesia membawa tuntutan bagi lembaga pemerintah untuk bersikap lebih transparan dan responsif terhadap aspirasi masyarakat. Humas pemerintahan memiliki peran yang besar sebagai fasilitator hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. Terlebih pada pemerintah daerah, di mana setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga publik yang dihadapi pun berbeda. Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan peran humas dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik dan pemerintahan yang demokratis. Dengan menghadirkan perwakilan dari 34 OPD (Organisasi Perangkat Daerah), maka diharapkan dapat mengoptimalkan peran humas, tidak hanya sebagai teknisi, tetapi juga sebagai perancang dan pengelola kegiatan komunikasi. Pelatihan lanjutan dibutuhkan untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan.


Kata Kunci


Humas Pemerintah Daerah; Keterbukaan Informasi Publik; Media Digital; Organisasi Pemerintah Daerah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia & Polling Indonesia. (2019). Laporan Survey Penetrasi dan Profil Pelaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta.

Bappeda Lebak. (2017). Potensi dan Pengembangan Wilayah Kabupaten Lebak, Banten.

Bonsón, E., Torres, L., Royo, S., & Flores, F. (2012). Local e-government 2.0: Social media and corporate transparency in municipalities. Government Information Quarterly, 29(2), 123–132. https://doi.org/10.1016/j.giq.2011.10.001

Dozier, D. M., & Broom, G. M. (1995). Evolution of the Manager Role in Public Relations Practice. Journal of Public Relations Research, 7(1), 3–26. https://doi.org/10.1207/s1532754xjprr0701_02

Graham, M., & Avery, E. (2013). Government Public Relations and Social Media: An Analysis of the Perceptions and Trends of Social Media Use at the Local Government Level. Public Relations Journal, 7(4), 1–21.

Grunig, J. E., Grunig, L. A., Sriramesh, K., Huang, Y. H., & Lyra, A. (1995). Models of Public Relations in an International Setting. Journal of Public Relations Research, 7(3), 163–186. https://doi.org/10.1207/s1532754xjprr0703_01

Humas. (2018). Paradigma Baru Komunikasi Pemerintah di Era Digital.

Idris, I. K. (2014). Peran Humas Pemerintah Di Era Keterbukaan Informasi (Analisis Isi Permenpan-RB No. 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Angka Kreditnya). Jurnal Universitas Paramadina, 11(3), 1146–1163.

Kemkominfo. (2020). Survei Literasi Digital Indonesia 2020.

Kopfman, Jenifer E & Ruth-McSwain, A. (2012). Public Information Campaign. In K. Lee, Mordecai. Neeley, Grant. Steward (Ed.), The Practice of Government Public Relations (pp. 75–100). Florida: Taylor & Francis Group.

Lachlan, K. A., Spence, P. R., Lin, X., Najarian, K., & Del Greco, M. (2016). Social media and crisis management: CERC, search strategies, and Twitter content. Computers in Human Behavior, 54, 647–652. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.05.027

Maulida, R. A. (2020a). At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam At-Tabsyir IAIN Kudus, 7(1), 1–20. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v7i1.7455.

Maulida, R. A. (2020b). Peran Humas Pemerintah pada Keterbukaan Informasi Publik di Era Digital.

Menteri Hukum dan HAM. Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 Tahun 2008. , (2008).

Review. (n.d.).

Setu, F. (2020). Hasil Survei Indeks Literasi Digital Nasional 2020, Akses Internet Makin Terjangkau.

Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/http://10.24198/kumawula.vli3.25256

Yudarwati, G. A. (n.d.). Personal Influence Model of Public Relations : 129–152.

Yuliawati, S., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2020). PENYULUHAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU-GURU SMP DI KOTA SUKABUMI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 477 – 483. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.29604

Zuhdi, S., & Ferizko, A. (2020). BIMBINGAN TEKNIS TATA NASKAH DINAS SURAT DI KANTOR DESA TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. 3(2), 246–256.




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.32816

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)