IMPLEMENTASI PROGRAM DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

Rivani Rivani, Anang Muftiadi, Healthy Nirmalasari

Abstrak


Tantangan terberat pelaku UMKM di masa pandemi adalah adanya perubahan mengakses pasar karena terbatasnya tatap muka secara langsung. Dengan demikian diperlukan program digital marketing untuk menguatkan UMKM di masa pandemi. Metode pelaksanaan program ini dengan cara virtual, menggunakan aplikasi pendukung seperti Zoom Meeting, whatsapp, dan trello. Tahapan pelaksanaan program ada tiga: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dan tindak lanjut. Kesimpulannya program ini dapat meningkatkan kemampuan pemasaran digital para pelaku UMKM terutama pada digitalisasi produk dan promosi. Sedangkan, tindak lanjutnya pelaku UMKM dapat terus memperbaiki strategi pemasaran digitalnya serta mendapat fasilitasi akses lanjutan pembinaan kepada Oorange – Pusat Inkubator Bisnis Universitas Padjadjaran.


Kata Kunci


Pemasaran Digital, UMKM, Pandemi Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020, November). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 2, pp. 139-146).

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik, 7(6), 19-24.

Damuri, Y. R., Aswicahyono, H., Hirawan, F., Setiati, I., & Simanjuntak, I. (2020). Langkah Pemberdayaan UMKM dalam Menghadapi Covid-19. CSIS Policy Paper. Jakarta: CSIS

Indonesia.

Hardilawati, W. L., (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal

Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.

Kusuma, D. A. (2020). Peningkatan Penjualan Dandang Menggunakan Metode Viral Marketing di Desa Cileunyi Kulon. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.26267

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan usaha mikro, kecil dan menengah dari dampak pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 19(1), 76-86.

Teten, Masduki, 2020, Materi Webinar Strategi Survival UMK di Masa Covid-19, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Jakarta.

Undang-Undang No.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah




DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)