REBRANDING PRODUK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI JAMU DI DESA MOJOKAMBANG JOMBANG
Abstrak
Kegiatan sosialisasi rebranding produk sebagai upaya peningkatan kualitas produk jamu di desa adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada masyarakat di Desa Mojokambang agar mereka memperoleh ilmu tentang kewirausahaan sehingga para penggusaha yang ada di Desa Mojokambang mendapatkan ilmu lebih tentang materi rebranding produk. Metode pelaksanaan meliputi observasi, meminta izin ke mitra, tahap pelaksanaan, pelatihan dan terakhir tahap evaluasi. Sosialisasi ini berisikan tentang penyampaian materi akan pentingnya keahlian dalam berwirausaha dengan memanfaatkan usaha yang saat ini dimiliki. Adapun hasil monitoring dan evaluasi berupa respon peserta terkait dengan materi yang telah disampaikan dalam kegiatan sosialisasi rebranding produk sebagai upaya peningkatan kualitas produk jamu di desa. Hasil pelatihan seminar ini diperoleh bahwa respon peserta terhadap materi yang telah disampaikan berkategori baik dengan persentase rata-rata 89%. Secara keseluruhan peserta yang diambil yaitu dari para pengusaha yang ada di Desa Mojokambang dan remaja karang taruna Desa Mojokambang yang mampu memberikan respon positif terhadap kegiatan sosialisasi rebranding produk sebagai upaya peningkatan kualitas produk jamu di desa
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Basri, B., & Qashlim, A. (2018). Pemberdayaan UMKM Desa Kunyi Melalui Potensi Umbi Gadung dengan Pendekatan Promosi berbasis Teknologi. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 44–49
Bora, M. A., & Bayu, A. (2018). Pengembangan Kemasan Produk Khansa Pizza Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD).
Dewi, Sri S., Maya R & Diny Fitriawati. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 125-136
Hidayah, R. (2016). Pengaruh Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Produk Sabun Cair LUX di Purworejo. Manajemen-Fakultas Ekonomi
Kheyene Molekandela ,B ., Sarwo Eddy , W., &Anissa Wahyuni Arsyad. (2019). Edukasi Pemasaran Dan Branding Dalam Meningkatkan Skill Kewirausahaan. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(8)
Muchtar, H. N., Chandrawulan, A. A., Budhijanto, D., Ikhwansyah, I., Sugiharti, D. K., Amalia, P., … Faisal, P. (2020). Potensi Umkm Di Pangandaran Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 367. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.24861
Nastain, Muhamad. (2017). Branding Dan Ekstitensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Ekstitensi Produk). 1 (4), 14-26
Pramudita, S. (2013). PENGARUH SIKAP KONSUMEN PADA KOMPONEN IKON VISUAL MEREK TERHADAP MINAT BELI (Studi Eksplanatif Kuantitatif Mengenai Pengaruh Sikap Konsumen pada Komponen Ikon Visual Merek J. CO Donuts & Coffee terhadap Minat Beli Produk pada Pengunjung Gerai J. CO Donuts. UAJY.
Prihatiningtyas, S., Sholihah, F. N., & Nugroho, M. W. (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH CAIR TAHU SEBAGAI BIOGAS DI DUSUN BAPANG KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 102-108.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309. https://doi.org/https://doi.org/10/24198/kumawula.v3i2.28181
Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. EQUILIBIRIA, 1(1).
Zakaria, Z. (2018). MODIFIKASI KONSEP PARTICIPATORY RURAL APRAISAL UNTUK PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA DI JAWA BARAT, INDONESIA. Dharmakarya, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.33535
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di:
















