DIFUSI INOVASI KEWIRAUSAHAAN BUDIDAYA MAGGOT DALAM ADAPTASI EKONOMI PADA MASA PANDEMI DI KABUPATEN KARAWANG
Abstrak
Tahun 2020 adalah tahun ketika seluruh masyarakat dunia mengalami tantangan alam yang disebabkan pandemi Covid-19. Keberadaan virus itu tidak hanya berdampak pada kesehatan namun juga memberikan dampak pada berbagai sektor kehidupan masyarakat, terutama di bidang ekonomi. Berbagai sektor usaha terkena dampak pembatasan sosial yang dilakukan sebagai usaha untuk meminimalkan tingkat penularan virus. Kondisi tersebut mendorong sebuah upaya untuk dapat menjadi solusi bagaimana sebuah usaha di bidang ekonomi dapat tetap bertahan. Difusi inovasi di bidang kewirausahaan menjadi sebuah alternatif mengenai bagaimana sebuah UMKM dapat beradaptasi di tengah kondisi pandemi Covid-19. Pengabdian ini dilakukan di Kabupaten Karawang, yang sejak bulan Mei 2020 mulai menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai penanganan pengurangan tingkat penularan Covid-19. Kelompok usaha Bank Sampah dan BSF Maggot Greenday menjadi sasaran dalam kegiatan ini, sebagai pelaku usaha yang terkena dampak akibat diberlakukannya PSBB di Kabupaten Karawang.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Chambers, R. (2014). PRA, PLA and Pluralism: Practice and Theory. In The SAGE Handbook of Action Research (No. 286, p-297). https://doi.org/10.4135/9781848607934.n28
Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(2), 167–185. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i2.10626
Fatonah, S. & S. A. (2008). Difusi Inovasi Teknologi Cepat Guna di Kalangan Wanita Di Desa Kasongan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 42–59. https://doi.org/10.31315/jik.v6i1.39
Hilmiana, H., & Kirana, D. H. (2021). Peningkatan Kesejahteraan Umkm Melalui Strategi Digital Marketing. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124.______________ https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388
Kusuma, D. A. (2020). Peningkatan Penjualan Dandang Menggunakan Metode Viral Marketing di Desa Cileunyi Kulon. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197._____________ https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.26267
Martin, F. D. et al. (2019). Research Challenges in Digital Marketing : Sustainability. Sustainability, Vol. 11.______________ https://doi.org/10.3390/su11102839
Navarone, O. (2003). Analisis Pengaruh Tingkat Kesuksesan Produk Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 2(1), 111-122–122. https://doi.org/10.14710/jspi.v2i1.111-122
Nurhidayat, D. (2020). Marketplace Digital Dongkrak UMKM._________________ https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/343322/marketplace-digital-dongkrak-umkm
Olavia, L. (2020). Kemkop dan UKM: 90% Pengusaha UMKM Terdampak Pandemi. https://www.beritasatu.com/ekonomi/693114/kemkop-dan-ukm-90-pengusaha-umkm-terdampak-pandemi
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Putri, V. M. (2020). 45% UMKM Beralih ke E-commerce Selama Pandemi COVID-19. https://inet.detik.com/business/d-5077118/45-umkm-beralih-ke-e-commerce-selama-pandemi-Covid-19
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021)._______ Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Rivani, R. & A. M. & H. N. (2021)._________ Implementasi Program Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 353–358. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32819
Rogers, E. M. (1995). Diffusion of Innovations: Modifications of a Model for Telecommunications. Die Diffusion von Innovationen in Der Telekommunikation, 17, 25–38. https://doi.org/10.1007/978-3-642-79868-9_2
Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36–48. https://e-journal.unair.ac.id/JIET
Servanda, I. R. et al. (2019). Peran Ulasan Produk Dan Foto Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria Dan Wanita. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa, Vol. 2(2), 69–79. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i2.526
Sudiyanto, T. & R. (2017). Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan PT. HTI BUMI PERSADA BANYUASIN. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 13(4), 83–91.
Zulkha Ermayda, R., Ikrima Nanda, H., & Dwi Narullia. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Pkk. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 80–84. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1506
Zuraya, N. (2020). Tiga Dampak Besar Pandemi Covid-19 bagi Ekonomi RI. https://republika.co.id/berita/qdgt5p383/tiga-dampak-besar-pandemi-covid19-bagi-ekonomi-ri
DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.33856
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Terindeks Di: